7 Pemain Asia yang Menyabet Gelar MOTM di Piala Dunia 2022 Qatar

Menjadi pahlawan negaranya

Piala Dunia 2022 Qatar telah banyak menghadirkan kejutan. Tim-tim yang tak diunggulkan, seperti perwakilan Asia, menunjukkan performa luar biasa. Main di tanah Asia, mereka tak mau kalah dengan negara dari benua lain.

Tiga dari enam wakil Asia di ajang ini berhasil melaju ke babak gugur. Ketiga negara tersebut adalah Jepang, Australia, dan Korea Selatan. Meski akhirnya langsung tersingkir di 16 besar, mereka membuktikan jika wakil Asia mampu bersaing.

Hal itu tak terlepas dari peran para pemainnya yang tampil mengesankan. Beberapa dari mereka bahkan sukses dinobatkan sebagai Man of the Match (MOTM) Piala Dunia 2022. Lantas, siapa saja pemain Asia yang raih penghargaan MOTM di Piala Dunia 2022?

1. Mohammed Al-Owais (Arab Saudi) 

7 Pemain Asia yang Menyabet Gelar MOTM di Piala Dunia 2022 QatarMohammed Al-Owais (fifa.com)

Salah satu pemain Asia yang menyabet penghargaan MOTM di Piala Dunia 2022 adalah Mohammed Al-Owais. Kiper Arab Saudi ini tampil luar biasa saat negaranya menaklukkan Argentina. Dalam laga tersebut, Owais hanya kebobolan satu gol melalui penalti Lionel Messi.

Selebihnya, ia menepis semua serangan Argentina hingga akhirnya Arab Saudi menang 2-1. Selama gelaran Piala Dunia edisi ini, kiper 31 tahun itu tampil dalam tiga laga dengan catatan kebobolan lima gol.

2. Shuichi Gonda (Jepang) 

7 Pemain Asia yang Menyabet Gelar MOTM di Piala Dunia 2022 QatarShuichi Gonda (twitter.com/fifaworldcup_es)

Tak hanya Mohammed Al-Owais, kiper Asia lainnya, Shuichi Gonda dari Jepang juga tampil memukau. Ia menjadi salah satu kunci kesuksesan Jepang hingga lolos ke babak gugur. Pada fase grup, Gonda sempat menyabet penghargaan MOTM.

Momen tersebut saat dirinya membantu Samurai Biru menaklukkan Jerman 2-1. Dalam laga tersebut, Gonda memang tampil luar biasa hingga membuat lini depan Der Panser frustasi. Kiper 33 tahun ini tampil dalam empat laga di ajang ini.

3. Roozbeh Cheshmi (Iran) 

7 Pemain Asia yang Menyabet Gelar MOTM di Piala Dunia 2022 QatarRoozbeh Cheshmi (fifa.com)

Iran sejatinya sempat memiliki harapan lolos ke babak gugur setelah mampu menaklukkan Wales. Saat itu, Iran berhasil mengalahkan Wales dengan skor 2-0. Salah satu pencetak gol dalam kemenangan tersebut yaitu Roozbeh Cheshmi.

Di akhir laga, Cheshmi pun dinobatkan sebagai peraih MOTM. Selama gelaran Piala Dunia 2022, pemain yang berposisi sebagai gelandang bertahan ini tampil dalam dua pertandingan.

Baca Juga: Peraih Gelar MOTM Lebih dari Sekali di Piala Dunia 2022

4. Mitch Duke (Australia)

7 Pemain Asia yang Menyabet Gelar MOTM di Piala Dunia 2022 QatarMitchell Duke (twitter.com/mitchduke8)

Menjadi wakil Asia, Australia tampil memukau di Piala Dunia 2022. Mereka tampil apik hingga lolos ke babak gugur. Tak heran jika beberapa pemainnya sempat meraih gelar MOTM. Salah satunya Mitch Duke.

Penyerang Australia ini menjadi pahlawan kemenangan saat menaklukkan Tunisia. Ia mencetak gol semata wayang dalam laga kedua fase grup tersebut. Gol itu pun menjadi satu-satunya gol yang ia cetak dari empat laga yang dilakoni.

5. Mathew Leckie (Australia)

7 Pemain Asia yang Menyabet Gelar MOTM di Piala Dunia 2022 QatarMathew Leckie (twitter.com/Socceroos)

Selain Mitch Duke, pemain Australia lain yang juga sempat menyabet penghargaan MOTM adalah Mathew Leckie. Sama seperti Duke, Leckie juga jadi pencetak gol semata wayang Australia saat melawan Denmark.

Saat itu, Australia membutuhkan kemenangan untuk lolos ke babak gugur. Leckie akhirnya hadir sebagai pahlawan dengan menjebol gawang Denmark. Selama berlaga di Piala Dunia 2022, ia catatkan 1 gol dan 1 assist dari 4 laga.

6. Ao Tanaka (Jepang)

7 Pemain Asia yang Menyabet Gelar MOTM di Piala Dunia 2022 QatarAo Tanaka (twitter.com/FIFAWorldCup)

Jepang juga memiliki pemain lain yang menyabet gelar MOTM selain Shuichi Gonda. Pemain yang dimaksud adalah Ao Tanaka. Ia merupakan pahlawan Samurai Biru hingga lolos ke babak gugur.

Momen tersebut terjadi saat Tanaka menjadi pencetak gol kemenangan Jepang atas Spanyol. Dengan golnya tersebut, Jepang akhirnya lolos ke babak gugur. Tanaka pribadi main dalam tiga laga di Piala Dunia 2022. Golnya ke gawang Spanyol menjadi satu-satunya gol yang ia cetak di ajang ini.

7. Hwang Hee Chan (Korea Selatan)

7 Pemain Asia yang Menyabet Gelar MOTM di Piala Dunia 2022 QatarHwang Hee Chan (fifa.com)

Pemain Asia terakhir yang dinobatkan sebagai peraih MOTM di Piala Dunia 2022 adalah Hwang Hee Chan. Sama seperti pemain lain dalam daftar ini, ia juga menjadi pahlawan lolosnya negara yang ia bela, Korea Selatan, ke babak gugur.

Ia dinobatkan sebagai pemain terbaik saat mencetak gol kemenangan Korea Selatan atas Portugal. Meski main di Premier League, ia tak banyak mendapat kesempatan dengan hanya main dalam dua laga di Piala Dunia 2022.

Para pemain tersebut turut mengangkat harkat dan martabat pesepak bola Asia. Meski belum bisa melangkah jauh, paling tidak para wakil Asia tampil mengesankan di Piala Dunia 2022.

Baca Juga: 5 Pemain yang Pernah Menjadi Man of the Match Final Piala Dunia

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya