5 Pemain Belanda Termahal yang Diboyong Klub Premier League, Ada Gakpo

Gakpo telah resmi diboyong Liverpool

Geliat transfer pemain sepak bola Eropa kembali memanas pada musim dingin 2023. Apalagi setelah gelaran Piala Dunia 2022, banyak pemain yang kemudian jadi incaran klub-klub elite.

Beberapa di antaranya adalah para pemain Belanda. Meskipun gagal juara, Belanda menunjukkan performa apik pada Piala Dunia 2022. Tak heran para pemain De Oranje yang menonjol mulai jadi buruan.

Salah satunya Cody Gakpo yang jadi andalan Timnas Belanda pada gelaran 4 tahunan tersebut. Pada bursa transfer musim dingin kali ini, ia pun langsung diboyong klub Premier League, Liverpool.

Nilai transfernya pun cukup tinggi hingga masuk catatan tersendiri. Berikut daftar pemain Belanda termahal yang diboyong klub Premier League.

1. Virgil van Dijk diboyong Liverpool (84,65 Juta Euro)

5 Pemain Belanda Termahal yang Diboyong Klub Premier League, Ada GakpoVirgil van Dijk (premierleague.com)

Pemain Belanda termahal yang pernah diboyong klub Premier League adalah Virgil van Dijk. Pemain De Oranje yang satu ini menjadi salah satu bek tengah terbaik saat ini. Ia diboyong Liverpool pada 2017/2018 dari Southampton.

Untuk merekrutnya ke Anfield, The Reds mengeluarkan dana sebesar 84,65 juta euro atau setara dengan Rp1,4 triliun. Harga tersebut terbilang cukup sepadan dengan apa yang telah ditunjukkan bek 30 tahun itu. Ia sukses mengantarkan Liverpool menjuarai Premier League hingga Liga Champions.

2. Nathan Ake diboyong Manchester City (45,30 Juta Euro)

5 Pemain Belanda Termahal yang Diboyong Klub Premier League, Ada GakpoNathan Ake (premierleague.com)

Berikutnya juga berposisi sebagai bek tengah, yakni Nathan Ake. Sama seperti van Dijk, Ake juga menjadi andalan Belanda di Piala Dunia 2022 Qatar. Bek berusia 27 tahun itu catatkan nilai transfer yang cukup tinggi saat diboyong Manchester City pada 2020/2021.

Saat itu, The Cityzens merekrutnya dari Bournemouth dengan harga 45,30 juta euro atau setara dengan Rp752 miliar. Performanya juga makin meningkat setelah berseragam City. Musim ini saja ia telah main dalam 20 pertandingan bersama City di semua ajang.

Baca Juga: 5 Pemain yang Berhasil Dijual Mahal Bournemouth, Ada Nathan Ake

3. Cody Gakpo diboyong Liverpool (42 Juta Euro)

5 Pemain Belanda Termahal yang Diboyong Klub Premier League, Ada GakpoCody Gakpo diboyong Liverpool (liverpoolfc.com)

Cody Gakpo menjadi pemain Belanda terbaru yang diboyong klub Premier League. Performa apiknya di Piala Dunia 2022 membuat Gakpo menjadi buruan klub elite. Akhirnya, Liverpool menjadi klub yang beruntung mendapatkan tanda tangannya.

Demi datangkan pemain 23 tahun ini, The Reds mengeluarkan kocek sebesar 42 juta euro atau setara dengan Rp698 miliar. Gakpo sendiri merupakan pemain yang berposisi sebagai sayap kiri. Pemain PSV Eindhoven tersebut musim ini telah mengoleksi 29 pertandingan dengan torehan 15 gol dan 18 assist.

4. Donny van de Beek diboyong Manchester United (39 Juta Euro)

5 Pemain Belanda Termahal yang Diboyong Klub Premier League, Ada GakpoDonny van de Beek diboyong Manchester United (manutd.com)

Berikutnya ada Donny van de Beek, pemain Belanda yang cukup potensial. Tampil apik bersama Ajax Amsterdam, Manchester United memboyongnya pada 2020/2021. Di mana The Red Devils merekrutnya dengan mahar senilai 39 juta euro atau setara dengan Rp648 miliar.

Sayangnya, potensi van de Beek tak maksimal saat berseragam MU. Ia lebih banyak duduk di bangku cadangan hingga sempat dipinjamkan ke Everton. Pada musim ini, ia baru membela Setan Merah dalam sembilan pertandingan di semua ajang.

5. Sven Botman diboyong Newcastle United (37 Juta Euro)

5 Pemain Belanda Termahal yang Diboyong Klub Premier League, Ada GakpoSven Botman diboyong Newcastle United (premierleague.com)

Pemain Belanda termahal berikutnya yang juga diboyong klub Premier League adalah Sven Botman. Pemain yang berposisi sebagai bek tengah ini direkrut klub kaya baru, Newcastle United. Pada awal musim ini, Botman diboyong Newcastle dari Lille.

The Magpies menebusnya dengan harga 37 juta euro atau setara dengan Rp614 miliar. Di usianya yang masih 22 tahun, Botman diharapkan bisa masuk dalam proyek jangka panjang Newcastle. Musim ini, ia telah mencatatkan 18 pertandingan bersama Newcastle di semua ajang.

 

Gakpo diharapkan bisa meneruskan kesuksesan beberapa pemain Belanda di Premier League. Patut kita nantikan kiprahnya bersama Liverpool.

Baca Juga: 10 Fakta Sven Botman, Bek Baru Newcastle United

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya