Comscore Tracker

8 Pemain Eropa dengan Caps Terbanyak Hingga Kini, Ramos Pecahkan Rekor

Legenda timnas!

Benua Eropa bisa dibilang sebagai kiblat sepak bola dunia. Banyak pesepak bola hebat yang terlahir di benua biru tersebut. Berkat penampilan apiknya bersama klub, pemain-pemain ini juga menjadi andalan tim nasional negaranya. Beberapa pemain ternama seperti Buffon hingga Ronaldo menjadi pilar utama timnas negaranya masing-masing.

Mereka pun mencatatkan penampilan yang cukup banyak bersama timnas atau biasa disebut caps. Baru-baru ini Sergio Ramos berhasil mengukir rekor baru, yakni menjadi pemain Eropa dengan caps terbanyak melewati Buffon. Tak hanya nama-nama tersebut, berikut daftar pemain Eropa dengan caps terbanyak hingga kini.

1. Sergio Ramos (Spanyol) - 178 pertandingan

8 Pemain Eropa dengan Caps Terbanyak Hingga Kini, Ramos Pecahkan Rekorgoal.com

Pemain Eropa dengan caps terbanyak hingga saat ini adalah Sergio Ramos. Pemain yang kini membela Real Madrid tersebut pertama kali debut bersama timnas Spanyol pada 26 Maret 2005. Hingga saat ini, pemain 34 tahun itu telah memiliki caps sebanyak 178 laga. Dari penampilannya tersebut, Ramos menorehkan 23 gol serta sukses meraih gelar Euro dan Piala Dunia.

2. Gianluigi Buffon (Italia) - 176 pertandingan

8 Pemain Eropa dengan Caps Terbanyak Hingga Kini, Ramos Pecahkan Rekoruefa.com

Di urutan kedua ada Gianluigi Buffon yang saat ini masih aktif bermain meskipun sudah berusia 42 tahun. Sebelum dipecahkan Ramos, kiper Italia ini menjadi pemain Eropa dengan caps terbanyak. Buffon pertama kali tampil bersama timnas pada 29 Oktober 1997. Bersama Gli Azzurri, Buffon telah tampil dalam 176 pertandingan. 

3. Cristiano Ronaldo (Portugal) - 170 pertandingan

8 Pemain Eropa dengan Caps Terbanyak Hingga Kini, Ramos Pecahkan Rekortwitter.com/ManUtd

Tak hanya sukses bersama klub, mega bintang Cristiano Ronaldo juga cukup sukses saat berseragam timnas Portugal. Salah satunya dengan mengantarkan tim berjuluk Selecao das Quinas itu meraih trofi Euro dan Nation League. Menjalani debut pada 20 Agustus 2003, CR7 mencatatkan 170 caps dengan menggelontorkan 102 gol.

4. Vitalijs Astafjevs (Latvia) - 167 pertandingan

8 Pemain Eropa dengan Caps Terbanyak Hingga Kini, Ramos Pecahkan Rekordailystar.co.uk

Pemain berikutnya mungkin kurang familier bagi penggemar sepak bola. Pemain tersebut yaitu Vitalijs Astafjevs yang menjadi andalan timnas Latvia. Pemain berposisi gelandang bertahan ini telah mengakhiri kariernya pada tahun 2010. Bersama timnas Latvia, Astafjevs menjalani debut pada 26 Agustus 1992 dan telah tampil dalam 167 laga dengan mencetak 16 gol.

Baca Juga: 10 Klub dengan Pertandingan Terbanyak di Liga Champions, Ada Jagoanmu?

5. Iker Casillas (Spanyol) - 167 pertandingan

8 Pemain Eropa dengan Caps Terbanyak Hingga Kini, Ramos Pecahkan Rekorgoal.com

Selain Sergio Ramos, Iker Casillas juga menjadi salah satu pemain yang sukses bersama timnas Spanyol. Penjaga gawang fenomenal tersebut telah memutuskan pensiun pada tahun 2020. Kiper yang dipercaya menjadi kapten semasa kariernya ini telah mencatatkan 167 caps. Casillas sendiri menjalani debut bersama El Matador pada 3 Juni 2000.

6. Martin Reim (Estonia) - 157 pertandingan

8 Pemain Eropa dengan Caps Terbanyak Hingga Kini, Ramos Pecahkan Rekoralchetron.com

Estonia mungkin tidak memiliki timnas yang mumpuni jika dibanding negara lainnya. Namun mereka memiliki pemain yang cukup sering diandalkan dan memiliki caps cukup banyak. Pemain tersebut yaitu Martin Reim yang telah pensiun pada awal tahun ini. Pemain berposisi gelandang ini debut membela timnas Estonia pada 3 Juni 1992. Ia mencatatkan 157 caps dengan torehan 14 gol.

7. Lothar Matthaus (Jerman) - 150 pertandingan

8 Pemain Eropa dengan Caps Terbanyak Hingga Kini, Ramos Pecahkan Rekorfifa.com

Lothar Matthaus menjadi salah satu legenda yang dimiliki Jerman atau dulu dikenal sebagai Jerman Barat. Pemain berposisi gelandang ini telah mengakhiri kariernya pada tahun 2001. Menjalani debut bersama Der Panser pada 14 Juni 1980, ia mencatatkan 150 caps dengan mencetak 23 gol. Matthaus juga berhasil membawa Jerman menjuarai Euro dan Piala Dunia.

8. Anders Svensson (Swedia) - 148 pertandingan

8 Pemain Eropa dengan Caps Terbanyak Hingga Kini, Ramos Pecahkan Rekorfifa.com

Pemain Eropa kedelapan dengan caps terbanyak adalah Anders Svensson. Pemain yang dipercaya sebagai kapten timnas Swedia ini telah gantung sepatu pada tahun 2016. Berposisi sebagai gelandang bertahan, Svensson mencetak 21 gol dari 148 penampilan bersama timnas Swedia. Ia menjalani debut bersama timnas pada 27 November 1999.

Bagi pesepak bola, membela tim nasional adalah kebanggaan tersendiri. Apalagi jika mereka mencatatkan caps cukup banyak seperti pemain-pemain tersebut. Menurut kamu, siapa pemain paling sukses saat di klub maupun timnas?

Baca Juga: Termasuk Sergio Ramos, Inilah 10 Bek Tersubur Sepanjang Masa  

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya