5 Pemain Top yang Hengkang dari Juventus saat Ditangani Andrea Pirlo

Pirlo didepak dari kursi kepelatihan Juventus

Juventus telah mengumumkan tidak melanjutkan masa kerja Andrea Pirlo sebagai pelatih. Padahal, juru taktik asal Italia itu baru menangani Juventus sejak awal musim ini. Penampilan tak konsisten Juve musim ini menjadi salah satu alasan utama.

Mereka gagal mempertahankan gelar juara Serie A yang sudah diraih dalam 9 musim terakhir. Di awal kepemimpinannya di Juve, Pirlo menyiapkan tim dengan melakukan perombakan skuad. Beberapa di antaranya adalah dengan melepas beberapa pemain top yang dianggap tidak masuk skema permainannya.

1. Gonzalo Higuain

5 Pemain Top yang Hengkang dari Juventus saat Ditangani Andrea PirloGonzalo Higuain (goal.com)

Salah satu pemain yang hengkang dari Juventus setelah ditangani Andrea Pirlo adalah Gonzalo Higuain. Pemain berkebangsaan Argentina itu memang sudah menurun kualitasnya. Ia sempat merasakan masa jayanya saat membela Real Madrid. Higuain sendiri bergabung dengan Juve pada musim 2016/2017 setelah hengkang dari Napoli.

Sebelum Juve ditangani Pirlo, Higuain memang sudah sempat dipinjamkan ke beberapa klub lain. Namun, sebelumnya ia juga sempat diandalkan Bianconeri dengan catatan 149 pertandingan dan berhasil mencetak 66 gol dan 16 assist. Ia yang tak masuk skema Pirlo kemudian hengkang ke MLS bersama Inter Miami.

2. Blaise Matuidi

5 Pemain Top yang Hengkang dari Juventus saat Ditangani Andrea PirloBlaise Matuidi (juventus.com)

Selain Gonzalo Higuain, pemain Juventus lainnya yang bergabung dengan Inter Miami setelah ditangani Andrea Pirlo adalah Blaise Matuidi. Pemain yang berposisi sebagai gelandang ini sudah cukup lama berseragam Bianconeri. Ia bergabung dengan Juve pada musim 2017/2018 setelah tampil mengesankan bersama Paris Saint-Germain.

Matuidi yang juga menjadi andalan Timnas Prancis menjadi andalan di lini tengah Juve. Ia pun mencatatkan 133 pertandingan selama menjadi bagian Juve. Sebagai gelandang, ia menorehkan 8 gol dan 7 assist. Pemain 34 tahun tersebut hengkang ke Inter Miami secara gratis.

Baca Juga: 10 Pemain MLS dengan Market Value Tertinggi Saat Ini, Matuidi Termasuk

3. Sami Khedira

5 Pemain Top yang Hengkang dari Juventus saat Ditangani Andrea PirloSami Khedira (bundesliga.com)

Berikutnya ada nama Sami Khedira yang tentunya sudah tidak asing lagi. Pemain berkebangsaan Jerman ini dikenal saat berseragam Real Madrid. Juventus memboyong Khedira dari El Real pada musim 2015/2016. Setelah kontraknya berakhir, ia tak diperpanjang oleh Juve karena tak masuk skema Pirlo.

Khedira pun hengkang ke Hertha BSC pada musim dingin 2021 lalu secara gratis. Sebelum hengkang, pemain yang kini berusia 34 tahun itu membela Juve dalam 145 pertandingan. Khedira mencetak 21 gol dan 13 assist dari penampilannya tersebut.

4. Emre Can

5 Pemain Top yang Hengkang dari Juventus saat Ditangani Andrea PirloEmre Can (bundesliga.com)

Pemain asal Jerman lainnya yang hengkang dari Juventus setelah ditangani Andrea Pirlo ada Emre Can. Sama seperti Khedira, Can juga berposisi sebagai gelandang, khususnya gelandang bertahan. Can sudah menjadi bagian Bianconeri sejak musim 2018/2019.

Sebenarnya ia sudah dipinjamkan ke Borussia Dortmund sejak Januari 2020. Namun, baru pada awal musim ini ia dipermanenkan klub Jerman itu dengan harga 25 juta euro. Selama menjadi bagian Juve, pemain 27 tahun tersebut hanya tampil dalam 45 pertandingan. Can pun hanya menorehkan 4 gol dan 1 assist.

5. Miralem Pjanic

5 Pemain Top yang Hengkang dari Juventus saat Ditangani Andrea PirloMiralem Pjanic (goal.com)

Pemain terakhir dalam daftar ini adalah Miralem Pjanic yang juga berposisi sebagai gelandang. Pemain berkebangsaan Bosnia-Herzegovina itu hengkang ke Barcelona dengan harga yang cukup mahal, yakni 60 juta euro. Padahal, saat ini Pjanic sudah menginjak usia 31 tahun.

Harga tersebut mungkin sepadan dengan performa Pjanic selama berseragam Juve. Ia sudah bergabung dengan Juve pada musim 2016/2017 setelah hengkang dari AS Roma. Sebelum akhirnya dijual Pirlo, Pjanic tampil dalam 178 pertandingan dengan torehan 22 gol dan 41 assist.

 

Andrea Pirlo tampaknya harus mencari pengalaman lebih sebelum menangani klub sebesar Juventus. Setelah memecat Pirlo, Juve kemudian menunjuk mantan pelatih mereka, Massimiliano Allegri.

Baca Juga: Sebelum Pjanic, 5 Pemain Juventus yang Hijrah ke Barcelona

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya