6 Pemain Italia Terbaik yang Pernah Bermain di Premier League, Moncer!

Deretan pemain legenda

Sudah tak perlu diragukan lagi jika Italia menjadi salah satu negara yang cukup sukses dalam bidang sepak bola. Hingga saat ini, sudah sangat banyak pemain ternama yang pernah dilahirkan Italia. Nama-nama seperti Alessandro Del Piero, Andrea Pirlo, hingga saat ini yang masih bermain ada Gianluigi Buffon.

Kebanyakan pemain dari Italia memang membela klub lokal yang berlaga di Serie A. Meskipun demikian, tak sedikit juga pemain Italia yang bermain di liga negara lain termasuk Premier League.

Bahkan, beberapa di antaranya telah meraih kesuksesan di kasta teratas liga Inggris tersebut. Lantas, siapa saja pemain Italia terbaik yang pernah bermain di Premier League? Berikut ulasannya.

1. Gianfranco Zola

6 Pemain Italia Terbaik yang Pernah Bermain di Premier League, Moncer!goal.com/Getty Images

Salah satu pemain Italia terbaik yang pernah bermain di Premier League adalah Gianfranco Zola. Selama bermain di Premier League, pemain yang berposisi sebagai penyerang ini hanya membela satu klub yaitu Chelsea. Ia bergabung dengan The Blues sejak musim 1996/1997, dan bertahan hingga musim 2002/2003.

Selama tujuh musim berkarier di kasta teratas liga Inggris, Zola mencatatkan 229 pertandingan. Torehan itu membuatnya menjadi pemain Italia dengan penampilan terbanyak di Premier League.

Dari penampilannya tersebut, ia menorehkan 59 gol dan 42 assist serta dua kali Player of the Month. Sayangnya, Zola belum mampu menjuarai Premier League bersama Chelsea.

2. Paulo Di Canio

6 Pemain Italia Terbaik yang Pernah Bermain di Premier League, Moncer!90min.com

Berikutnya ada Paulo Di Canio, yang membela tiga klub berbeda selama berkarier di Premier League. Ketiga klub tersebut yaitu Sheffield Wednesday, West Ham United, dan Charlton Athletic. Ia bermain selama delapan musim di Premier League, tepatnya sejak 1997/1998 hingga 2003/2004.

Berposisi sebagai penyerang, ia pun menjadi pemain Italia dengan kontribusi gol terbanyak di Premier League hingga saat ini. Di Canio berhasil mencetak 66 gol dan 49 assist selama bermain di Premier League.

Torehan tersebut ia raih dari 190 penampilan bersama ketiga klub yang dibelanya. Sama seperti Zola, sayangnya Di Canio juga tak mampu menjuarai Premier League.

3. Roberto Di Matteo

6 Pemain Italia Terbaik yang Pernah Bermain di Premier League, Moncer!premierleague.com

Nama Roberto Di Matteo mungkin sudah tidak asing karena pernah membawa Chelsea menjuarai Liga Champions sebagai pelatih. Saat aktif bermain, Di Matteo juga pernah berseragam Chelsea. The Blues menjadi satu-satunya klub Premier League yang pernah dibela pemain gelandang ini.

Berbarengan dengan Zola, Di Matteo juga membela Chelsea sejak musim 1996/1997. Ia bertahan lima musim dan mencatatkan 119 pertandingan di Premier League.

Dari penampilannya tersebut, ia menorehkan 15 gol dan 13 assist. Ia juga gagal menjuarai Premier League saat masih menjadi pemain.

Baca Juga: 5 Pemain dengan Torehan Assist Terbanyak dalam Sejarah Premier League

4. Fabrizio Ravanelli

6 Pemain Italia Terbaik yang Pernah Bermain di Premier League, Moncer!derbytelegraph.co.uk

Di urutan keempat ada Fabrizio Ravanelli, yang sebenarnya hanya bermain di Premier League selama dua musim. Meskipun terbilang singkat, penampilannya sangat mengesankan.

Middlesbrough menjadi klub Premier League pertama yang ia bela pada musim 1996/1997. Sempat bermain di Prancis dan Italia, ia akhirnya kembali ke Premier League bersama Derby County pada musim 2001/2002.

Dari dua musim berlaga di Premier League, Ravanelli mencatatkan 64 penampilan. Berposisi sebagai striker, pemain yang pensiun pada tahun 2005 itu terbilang cukup produktif. Karena ia mampu mengoleksi 25 gol serta memberikan 7 assist.

5. Gianluca Vialli

6 Pemain Italia Terbaik yang Pernah Bermain di Premier League, Moncer!goal.com

Pemain Italia lainnya yang juga pernah berseragam Italia adalah Gianluca Vialli. Sama seperti Di Matteo mungkin dan Zola, ia bergabung dengan The Blues pada musim 1996/1997.

Namun, karier Vialli di Inggris lebih singkat dibanding kedua rekannya tersebut. Ia hanya bertahan hingga 1998/1999 setelah mencatatkan 58 pertandingan di Premier League.

Karier singkatnya tersebut bukan karena penampilannya yang buruk. Vialli justru mendapat tugas ganda, yakni sebagai pemain dan pelatih. Ia lebih memilih fokus sebagai pelatih dan jarang bermain.

Selama membela The Blues, ia menorehkan 21 gol dan 11 assist. Vialli bertahan sebagai pelatih Chelsea hingga tahun 2000.

6. Benito Carbone

6 Pemain Italia Terbaik yang Pernah Bermain di Premier League, Moncer!thesun.co.uk/PA

Pemain keenam dalam daftar ini adalah Benito Carbone yang malang melintang bersama klub Premier League. Total ada lima klub Premier League yang pernah ia bela sejak 1996/1997 hingga 2001/2002. Kelima klub tersebut yaitu Sheffield Wednesday, Aston Villa, Bardford, Derby County, dan Middlesbrough.

Selama enam musim berkarier di Premier League, Carbone mencatatkan 177 pertandingan bersama kelima klub tersebut. Sebagai seorang penyerang, ia menorehkan 35 gol serta memberikan 35 assist. Sayangnya tak ada satu pun klub yang ia bela berhasil juara Premier League.

 

Itulah enam pemain Italia terbaik yang pernah bermain di Premier League. Meskipun tak ada satu pun pemain Italia yang sukses menjuarai Premier League dalam daftar ini, penampilan mereka cukup mengesankan.

Baca Juga: 7 Legenda Prancis yang Sukses Berkarier di Premier League, Siapa Saja?

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya