10 Pemain Paling Diandalkan Jurgen Klopp Sepanjang Kariernya, Sukses!

Jurgen Klopp jadi pelatih terbaik di dunia 2020!

Jurgen Klopp dinobatkan sebagai pelatih terbaik di dunia 2020. Pelatih asal Jerman itu mengalahkan dua nama Hans Flick dan Marcelo Bielsa yang juga masuk The Best FIFA Men's Coach 2020. Keberhasilan ini menjadi yang kedua bagi Klopp setelah tahun lalu juga memenangkan penghargaan ini.

Klopp merupakan pelatih yang mengawali karier kepelatihan pada tahun 2001. FC Mainz menjadi yang klub pertama yang ia latih sebelum ditunjuk menjadi pelatih Borussia Dortmund pada tahun 2008.

Klopp kemudian ditunjuk sebagai pelatih Liverpool pada tahun 2015 hingga kini. Prestasi demi prestasi telah diraih Klopp hingga kini. Lantas siapa saja pemain yang paling diandalkan Klopp sepanjang kariernya? Berikut ulasannya.

1. Neven Subotic

10 Pemain Paling Diandalkan Jurgen Klopp Sepanjang Kariernya, Sukses!bvbbuzz.com

Pemain paling diandalkan Jurgen Klopp sepanjang kariernya adalah Neven Subotic. Pemain yang berposisi sebagai bek tengah ini menjadi pilar utama Klopp saat menangani FC Mainz dan Borussia Dortmund selama sembilan musim. Subotic dimainkan Klopp dalam 281 pertandingan di delapan kompetisi berbeda. Pemain Jerman ini mencatatkan 22 gol dan 4 assist.

2. Roman Weidenfeller

10 Pemain Paling Diandalkan Jurgen Klopp Sepanjang Kariernya, Sukses!bvbbuzz.com/Getty Images

Sementara dari posisi penjaga gawang ada Roman Weidenfeller. Kiper berkebangsaan Jerman itu menjadi andalan Klopp saat menangani Borussia Dortmund selama tujuh musim. Weidenfeller yang sudah gantung sepatu pada tahun 2018 itu dimainkan Klopp dalam 279 pertandingan di tujuh kompetisi berbeda. 

3. Roberto Firmino

10 Pemain Paling Diandalkan Jurgen Klopp Sepanjang Kariernya, Sukses!premierleague.com

Sementara saat menangani Liverpool, pemain yang paling diandalkan Jurgen Klopp adalah Roberto Firmino. Hampir enam musim ditangani Klopp, Firmino telah bermain dalam 257 pertandingan di sembilan kompetisi berbeda. Di bawah asuhan Klopp, Firmino menjadi tumpuan di lini serang The Reds. Sebagai striker, Firmino berhasil mencatatkan 81 gol dan 62 assist. 

4. Mats Hummels

10 Pemain Paling Diandalkan Jurgen Klopp Sepanjang Kariernya, Sukses!bavarianfootballworks.com

Mats Hummels juga menjadi salah satu pemain yang paling sering dimainkan Jurgen Klopp. Bek tengah asal Jerman itu menjadi andalan Klopp saat menangani Borussia Dortmund selama tujuh musim. Pemain yang kini berusia 32 tahun tersebut dimainkan Klopp dalam 242 pertandingan di tujuh kompetisi berbeda. Sebagai seorang bek, Hummels mampu melesakan 22 gol dan 12 assist.

5. Kevin Groskreutz

10 Pemain Paling Diandalkan Jurgen Klopp Sepanjang Kariernya, Sukses!espn.com

Pemain kelima ini juga berasal dari Jerman dan menjadi andalan Jurgen Klopp saat membela Borussia Dortmund. Pemain yang dimaksud yaitu Kevin Groskreutz yang berposisi sebagai bek kanan. Selama enam musim diasuh Klopp, Groskreutz dimainkan dalam 235 pertandingan di enam kompetisi berbeda. Ia berhasil mencetak 27 gol serta 36 assist.

Baca Juga: 5 Rekrutan Terbaik Jurgen Klopp yang Sukses Membawa Liverpool Berjaya

6. Marcel Schmelzer

10 Pemain Paling Diandalkan Jurgen Klopp Sepanjang Kariernya, Sukses!goal.com/Getty Images

Sementara di posisi bek kiri Borussia Dortmund, Marcel Schmelzer menjadi andalan Jurgen Klopp. Pemain berkebangsaan Jerman itu dilatih Klopp dalam tujuh musim dan mencatatkan 232 pertandingan di tujuh kompetisi berbeda. Berbeda dengan Groskreutz, Schmelzer hanya mampu mencetak 4 gol dan 19 assist.

7. Jakub Blaszczykowski

10 Pemain Paling Diandalkan Jurgen Klopp Sepanjang Kariernya, Sukses!bleacherreport.com/Getty Images

Masih dari deretan pemain Borussia Dortmund, Jakub Blaszczykowski juga menjadi salah satu pemain yang diandalkan Klopp. Ia merupakan penyerang sayap yang berasal dari Polandia. Selama tujuh musim ditangani Klopp, Kuba tampil dalam 225 pertandingan di tujuh kompetisi berbeda. Sebagai penyerang, ia hanya mampu mengoleksi 31 gol dan 47 assist.

8. James Milner

10 Pemain Paling Diandalkan Jurgen Klopp Sepanjang Kariernya, Sukses!liverpoolfc.com

James Milner tetap menjadi pemain yang diandalkan Jurgen Klopp di Liverpool meskipun usianya sudah mulai menua. Saat ini, pemain gelandang tersebut berusia 34 tahun. Di bawah asuhan Klopp, Milner tampil dalam 219 pertandingan di sembilan kompetisi berbeda. Pemain asal Inggris ini sukses mencetak 25 gol dan 39 assist. 

9. Dimo Wache

10 Pemain Paling Diandalkan Jurgen Klopp Sepanjang Kariernya, Sukses!fr.de/Getty Images

Diurutan kesembilan ada penjaga gawang yang menjadi andalan Jurgen Klopp saat menangani FC Mainz. Kiper tersebut yaitu Dimo Wache yang merasakan kepelatihan Klopp dalam delapan musim. Pemain asal Jerman itu dimainkan Klopp dalam 213 pertandingan di lima kompetisi berbeda. 

10. Georginio Wijnaldum

10 Pemain Paling Diandalkan Jurgen Klopp Sepanjang Kariernya, Sukses!liverpoolfc.com

Pemain terakhir dalam daftar ini adalah Georginio Wijnaldum. Pemain asal Belanda ini menjadi salah satu pemain yang bergabung dengan Liverpool di era Jurgen Klopp. Baru lima musim di Liverpool, Wijnaldum telah tampil dalam 206 pertandingan di delapan kompetisi berbeda. Pemain berusia 29 tahun ini mencatatkan 20 gol dan 16 assist.

Itulah 10 pemain yang paling diandalkan Jurgen Klopp sepanjang kariernya. Klopp menjadi salah satu pelatih terbaik saat ini. Akankah tangam dingin Klopp terus berlanjut?

Baca Juga: 6 Kekalahan Terbesar Liverpool di Era Jurgen Klopp 

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya