Comscore Tracker

Deretan Pemain Peraih MOTM di Grup A Piala Dunia 2022, Gemilang

Ada tiga pemain Belanda

Piala Dunia 2022 Qatar telah memasuki laga-laga penentuan di fase grup. Grup A menjadi yang pertama menyelesaikan semua pertandingan di fase ini. Tuan rumah Qatar, Belanda, Senegal, dan Ekuador bersaing ketat memperebutkan dua tiket babak gugur.

Setelah masing-masing memainkan tiga pertandingan, Belanda dan Senegal akhirnya keluar sebagai wakil Grup A di babak gugur. Dari enam pertandingan yang telah digelar, kita disuguhi aksi-aksi luar biasa dari para pemain di grup ini.

Mereka yang paling mencolok berhasil didapuk sebagai peraih Man of the Match (MOTM) di tiap laga. Lantas, siapa saja pemain yang raih MOTM di Grup A Piala Dunia 2022?

1. Enner Valencia (Qatar vs. Ekuador)

Deretan Pemain Peraih MOTM di Grup A Piala Dunia 2022, GemilangEnner Valencia (fifa.com)

Enner Valencia menjadi pemain pertama yang meraih penghargaan Man of the Match di Piala Dunia 2022 Qatar. Hal tersebut ia dapatkan setelah tampil gemilang di laga pembukaan melawan Qatar.

Dalam laga yang digelar pada 20 November 2022, kapten Ekuador ini mengantar negaranya meraih tiga poin perdana. Saat itu, pemain 33 tahun ini menjadi pemain yang mencetak gol dalam laga yang digelar di Al Bayt Stadium tersebut.

Tak puas dengan satu gol, Valencia langsung memborong dua gol kemenangan Ekuador atas Qatar. Tak pelak, ia pun dianugerahi penghargaan MOTM di akhir laga.

2. Cody Gakpo (Senegal vs. Belanda)

Deretan Pemain Peraih MOTM di Grup A Piala Dunia 2022, GemilangCody Gakpo (fifa.com)

Cody Gakpo benar-benar menjadi pemain yang bersinar di Piala Dunia 2022 Qatar. Pemain muda Belanda ini sudah menunjukkan aksi terbaiknya saat melakoni laga perdana melawan Senegal.

Dalam laga yang digelar pada 21 November 2022 tersebut, pemain 23 tahun ini mengemas satu gol. Ia menjadi pemecah kebuntuan De Oranje setelah menjebol gawang Senegal pada menit ke-84.

Belanda akhirnya menang 2-0 dalam laga tersebut. Atas aksinya, pemain PSV Eindhoven tersebut didaulat sebagai pemain terbaik dalam laga ini dengan meraih trofi MOTM. 

3. Boulaye Dia (Qatar vs. Senegal)

Deretan Pemain Peraih MOTM di Grup A Piala Dunia 2022, GemilangBoulaye Dia (fifa.com)

Senegal yang mengalami kekalahan di laga perdana melawan Belanda mencoba bangkit saat menghadapi Qatar. Bermain di hadapan pendukung lawan, Senegal tampil gemilang. Salah satu pemain Senegal yang menonjol dalam laga ini adalah Boulaye Dia.

Pemain 26 tahun ini membuka keunggulan Senegal atas tim tuan rumah pada menit ke-41. Gol tersebut menjadi awal kemenangan Senegal dalam laga yang berakhir 1-3 untuk kemenangan Senegal. Dia pun dianugerahi penghargaan MOTM. 

Baca Juga: 9 Gaya Stylish ala Penggawa Timnas Belanda di Piala Dunia 2022

4. Frenkie de Jong (Belanda vs. Ekuador)

Deretan Pemain Peraih MOTM di Grup A Piala Dunia 2022, GemilangFrenkie de Jong (twitter.com/OnsOranje)

Pemain keempat yang meraih MOTM di Grup A Piala Dunia 2022 adalah Frenkie de Jong. Pemain 26 tahun ini dinilai yang paling menonjol dalam laga Belanda melawan Ekuador. De Jong memang tak menciptakan gol dalam laga yang digelar pada 25 November 2022 tersebut.

Namun, pemain Barcelona ini berkontribusi atas gol yang dicetak Cody Gakpo dalam laga ini dengan catatan assist. Laga kedua fase grup ini berakhir dengan skor imbang 1-1. Frenkie de Jong dianggap sebagai pemain yang paling menonjol hingga dinilai layak meraih penghargaan MOTM.

5. Davy Klaassen (Belanda vs. Senegal)

Deretan Pemain Peraih MOTM di Grup A Piala Dunia 2022, GemilangDavy Klaassen (twitter.com/OnsOranje)

Davy Klaassen menjadi pemain kelima yang dinobatkan sebagai Man of the Match di Grup A Piala Dunia 2022. Hal tersebut setelah Klaassen tampil gemilang dalam laga Belanda menghadapi Qatar di partai pamungkas grup.

Klaassen berkontribusi atas gol pertama Belanda yang dicetak Cody Gakpo. Pemain Ajax Amsterdam ini memberikan assist kepada Gakpo. Klaassen sendiri sudah catatkan 1 gol dan 2 assist selama tiga kali main di Piala Dunia 2022. Ia bisa jadi kunci Belanda di Piala Dunia 2022 ini.

6. Kalidou Koulibaly (Ekuador vs. Senegal)

Deretan Pemain Peraih MOTM di Grup A Piala Dunia 2022, Gemilanggoal.com

Kalidou Koulibaly keluar sebagai pahlawan saat Senegal menghadapi laga penentuan melawan Ekuador. Sempat berkedudukan 1-1, Koulibaly yang membantu penyerangan sukses menjebol gawang Ekuador.

Satu golnya tersebut memastikan Senegal lolos ke babak gugur Piala Dunia 2022. Tak pelak pemain Chelsea ini pun didapuk sebagai MOTM dalam laga ketiga fase grup tersebut. Koulibaly sendiri dipercaya sebagai kapten tim wakil Afrika itu di Piala Dunia Qatar 2022 ini. 

Para pemain tersebut sukses mencuri perhatian selama fase Grup A Piala Dunia 2022 Qatar. Para pemain Belanda memang cukup mendominasi dengan raihan MOTM dari tiga pemain.

Baca Juga: Prospek Belanda Bersama Louis van Gaal di Piala Dunia 2022 Qatar

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya