5 Pemain Top asal Portugal yang Pernah Berseragam Chelsea dan FC Porto

Chelsea melawan FC Porto di perempat final Liga Champions!

Liga Champions musim ini telah memasuki babak perempat final. Delapan tim terbaik siap saling bertarung di babak ini. Penyelenggara pun sudah melakukan drawing. Salah satu pertandingannya mempertemukan Chelsea dan FC Porto. Pertandingan ini bisa dibilang kalah pamor dengan ketiga laga lainnya.

Meskipun demikian, pertemuan wakil Inggris dan wakil Portugal ini tak boleh dilewatkan begitu saja. Apalagi, kedua klub ini memiliki sejarah tersendiri. Ada beberapa pemain, khususnya dari Portugal, yang pernah membela kedua klub ini. Berikut daftar pemain top asal Portugal yang pernah berseragam Chelsea dan FC Porto.

1. Ricardo Carvalho

5 Pemain Top asal Portugal yang Pernah Berseragam Chelsea dan FC Portoeurosport.com

Salah satu pemain top asal Portugal yang pernah berseragam Chelsea dan FC Porto ada Ricardo Carvalho. Pemain yang berposisi sebagai bek tengah ini tentu saja cukup dikenal saat membela Chelsea. Ia membela The Blues sejak musim 2004/2005 hingga 2009/2010. Sebelum bergabung dengan klub London tersebut, Carvalho merupakan pemain yang cukup lama membela Porto sejak musim 1997/1998.

Namun, ia lebih banyak dipinjamkan Porto ke klub lain sebelum akhirnya hengkang ke Chelsea. Bersama Chelsea, ia tampil dalam 210 pertandingan dengan torehan 11 gol dan 6 assist. Sementara bersama Porto, ia tampil dalam 113 pertandingan dengan catatan 4 gol.

2. Jose Bosingwa

5 Pemain Top asal Portugal yang Pernah Berseragam Chelsea dan FC Portoskysports.com

Berikutnya ada Jose Bosingwa yang juga beroperasi di lini belakang. Pemain yang berposisi sebagai bek kanan ini menjadi andalan Chelsea selama empat musim, yakni sejak musim 2008/2009 hingga 2011/2012. Sama seperti Carvalho, Bosingwa juga menjadi pemain top Portugal yang diboyong The Blues dari FC Porto.

Pemain yang gantung sepatu pada tahun 2016 itu membela Porto sejak musim 2003/2004. Ia mencatatkan 143 pertandingan dengan torehan 4 gol dan 6 assist bersama klub Portugal tersebut. Sementara itu, bersama Chelsea, ia tampil dalam 126 pertandingan dengan catatan 3 gol dan 11 assist.

Baca Juga: 10 Pemain FC Porto dengan Penghasilan Tertinggi Musim 2020/2021

3. Paolo Ferreira

5 Pemain Top asal Portugal yang Pernah Berseragam Chelsea dan FC Portotransfermarkt.com/Imago Images

Berikutnya ini juga merupakan pemain yang hengkang dari FC Porto ke Chelsea. Paulo Ferreira memang lebih banyak menghabiskan kariernya bersama Chelsea. Bahkan, pemain yang berposisi sebagai bek kanan ini mengakhiri karier bersama The Blues. Ferreira sendiri bergabung dengan Chelsea pada musim 2004/2005.

Sebelumnya, ia membela Porto selama dua musim, yakni sejak musim 2002/2003. Meraih banyak kesukaan bersama The Blues, ia tampil dalam 217 pertandingan dengan torehan 2 gol dan 8 assist. Sementara bersama Porto, ia mencatatkan 98 pertandingan dengan catatan 4 assist.

4. Deco

5 Pemain Top asal Portugal yang Pernah Berseragam Chelsea dan FC Portoexpress.co.uk

Deco merupakan salah satu nama yang paling populer dalam daftar ini. Ia hanya membela Chelsea selama dua musim, tepatnya sejak musim 2008/2009 hingga 2009/2010. Deco memang tidak langsung pindah dari Porto ke Chelsea. Ia lebih dulu membela Barcelona setelah hengkang dari Porto sebelum akhirnya bergabung dengan The Blues.

Pemain yang berposisi sebagai gelandang ini menjadi bagian Porto sejak musim 1999/2000 hingga 2003/2004. Deco membela Chelsea dalam 58 pertandingan dan hanya mencetak 8 gol serta 5 assist. Sementara saat berseragam Porto, ia tampil dalam 193 pertandingan dengan torehan 44 gol dan 82 assist.

5. Ricardo Quaresma

5 Pemain Top asal Portugal yang Pernah Berseragam Chelsea dan FC Portouefa.com

Pemain terakhir dalam daftar ini adalah Ricardo Quaresma yang saat ini masih aktif bermain membela Guimaraes. Sebagai salah satu pemain top Portugal, Quaresma juga tak melepas kesempatan bergabung dengan FC Porto. Ia berseragam Porto selama empat musim, tepatnya sejak musim 2004/2005 hingga 2007/2008.

Ia bergabung dengan Inter Milan sebelum akhirnya membela Chelsea. Quaresma bergabung dengan Chelsea dengan status pinjaman dari Inter selama setengah musim 2008/2009. Ia pun hanya membela The Blues dalam 5 pertandingan. Sementara bersama Porto ia tampil dalam 216 pertandingan dengan 49 gol serta 57 assist.

 

Itulah lima pemain top Portugal yang pernah berseragam FC Porto dan Chelsea. Klub mana yang akan memenangkan babak perempat final Liga Champions musim ini?

Baca Juga: 5 Pemain Top Brasil yang Ternyata Pernah Berseragam FC Porto

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya