5 Pemain Termahal yang Dijual Juventus Era Andrea Agnelli

Andrea Agnelli mundur sebagai presiden klub

Andrea Agnelli bukan lagi presiden Juventus. Kepergiannya menjadi bencana bagi klub berjuluk Si Nyonya Tua itu.

Pada Januari 2023, Juventus mendapat hukuman pengurangan poin di Serie A Italia. Itu terjadi akibat laporan keuangan mereka ganjil, termasuk aktivitas transfer selama di bawah kepemimpinan Agnelli.

Juventus sebagai klub elite Eropa sendiri kerap mencatatkan nilai transfer yang cukup tinggi. Tak hanya saat membeli, tetapi juga saat menjual pemain.

Lantas, siapa saja pemain termahal yang dijual Juventus era Andrea Agnelli?

1. Paul Pogba (105 juta euro)

5 Pemain Termahal yang Dijual Juventus Era Andrea AgnelliPaul Pogba (premierleague.com)

Paul Pogba menjadi pemain termahal yang dijual Juventus pada era Andrea Agnelli. Ia bahkan menjadi pemain termahal yang dijual Juventus sepanjang sejarah mereka.

Pemain berposisi gelandang tersebut dijual Si Nyonya Tua ke tim elite English Premier League (EPL), Manchester United, pada 2016/2017.  Saat itu, Pogba masih berusia 23 tahun. Ia ditebus Setan Merah dengan harga 105 juta euro atau setara dengan Rp1,7 triliun.

Pemain berkebangsaan Prancis itu bergabung dengan Juventus pada 2012/2013. Uniknya, klub asal Turin tersebut mendapatkan Pogba dari MU secara gratis.

Uniknya lagi, pada awal 2022/2023 ini, Pogba lagi-lagi bergabung dengan Juventus dari MU secara gratis. Selama membela Juventus, ia telah tampil dalam 178 laga dengan catatan 34 gol dan 40 assist.

2. Matthijs de Ligt (67 juta euro)

5 Pemain Termahal yang Dijual Juventus Era Andrea AgnelliMatthijs de Ligt (twitter.com/mdeligt_04)

Pemain berikutnya datang dari posisi bek tengah. Ia adalah Matthijs de Ligt.

Pemain asal Belanda tersebut dijual Juventus pada musim panas 2022 ke Bayern Munich. Pemain berusia 23 tahun tersebut dibeli Die Bayern dengan harga 67 juta euro atau setara dengan Rp1 triliun.

De Ligt sendiri direkrut Juventus pada 2019/2020 dengan harga 85,5 juta euro (Rp1,3 triliun). Si Nyonya Tua mendapatkannya dari klub Eredivisie, Ajax Amsterdam.

Sekitar 3 musim berseragam Juventus, ia tampil dalam 117 pertandingan. Beroperasi di lini belakang, De Ligt mencatatkan 8 gol dan 3 assist.

Baca Juga: 5 Klub yang Dapat Menampung Paul Pogba jika Dibuang Juventus

3. Joao Cancelo (65 juta euro)

5 Pemain Termahal yang Dijual Juventus Era Andrea AgnelliJoao Cancelo (premierleague.com)

Joao Cancelo juga berposisi sebagai bek. Pemain asal Portugal ini dilepas Juventus pada 2019/2020 ke salah satu tim terkaya di Inggris, Manchester City. Pemain berusia 28 tahun tersebut direkrut The Citizens dengan harga 65 juta (Rp1 triliun).

Cancelo baru semusim membela Juventus setelah direkrut dari Valencia. Si Nyonya Tua merekrutnya dengan harga 40,4 juta euro atau setara dengan Rp655 miliar.

Dengan tawaran tinggi dari Manchester City, Juventus tak ragu melepas Cancelo. Semusim berseragam Juventus, sang pemain pun hanya tampil dalam 34 pertandingan dengan catatan 1 gol dan 5 assist.

4. Miralem Pjanic (60 juta euro)

5 Pemain Termahal yang Dijual Juventus Era Andrea AgnelliMiralem Pjanic (fcbarcelona.com)

Miralem Pjanic jadi pemain keempat yang dijual Juventus pada era Andrea Agnelli dengan harga tinggi. Gelandang satu ini dijual ke Barcelona pada 2020/2021. Meskipun sudah berusia 30 tahun, Barca menebus Pjanic dengan harga 60 juta euro atau setara dengan Rp973 miliar saat itu.

Sebelum hengkang, Pjanic sendiri sudah membela Juventus selama 4 musim, tepatnya sejak 2016/2017. Saat itu, Juventus merekrut pemain asal Bosnia-Herzegovina tersebut dari AS Roma dengan harga 32 juta euro (Rp518 miliar). Selama berseragam Juventus, Pjanic mencatatkan 172 penampilan dengan catatan 22 gol dan 37 assist.

5. Leonardo Bonucci (42 juta euro)

5 Pemain Termahal yang Dijual Juventus Era Andrea AgnelliLeonardo Bonucci (twitter.com/acmilan)

Leonardo Bonucci bolak-balik di dua klub besar Italia, yaitu Juventus dan AC Milan. Pemain yang kini membela Juventus itu sempat membela AC Milan pada 2017/2018. Meskipun saat itu berusia 30 tahun, Bonucci ditebus Rossoneri dengan harga 42 juta euro (Rp681 miliar).

Bek tangguh Italia tersebut sebelumnya membela Juventus mulai pada 2010/2011. Juventus mendapatkan Bonucci setelah membayar 15,5 juta euro atau setara dengan Rp521 miliar dari Bari.

Selama membela Juventus, pemain yang kini berusia 35 tahun tersebut tampil dalam 491 pertandingan. Sebagai seorang bek tengah, Bonucci juga mencetak 37 gol dan 10 assist.

Juventus sebenarnya cukup berprestasi selama dipimpin Andrea Agnelli. Sayangnya, catatan prestasinya harus tercoreng akibat kecerobohan mereka.

Baca Juga: Legenda Juventus Merasa Terikat dengan Indonesia

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya