10 Pemain Termahal yang Dijual Klub Championship Inggris Hingga Kini

Nathan Ake hingga Jude Bellingham!

Divisi Championship merupakan kasta kedua dalam kompetisi liga Inggris. Meskipun demikian, tak sedikit pemain yang memiliki kualitas untuk bermain di kasta teratas seperti Premier League dan liga top Eropa lain. Hingga saat ini ada beberapa pemain yang berasal dari Divisi Championship mampu bersaing di bersama tim kasta teratas.

Bahkan dengan kualitas yang dimiliki, klub peminat tersebut tak ragu merekrut pemain dari Divisi Championship dengan harga yang lumayan tinggi. Lalu siapa saja pemain termahal yang pernah dijual klub Divisi Championship hingga saat ini? Berikut ulasannya. 

1. Nathan Ake ke Manchester City - 45,3 juta euro 

10 Pemain Termahal yang Dijual Klub Championship Inggris Hingga Kinitwitter.com/ManCity

Pemain termahal yang pernah dijual klub Divisi Championship adalah Nathan Ake. Pemain berkebangsaan Belanda ini dijual Bournemouth yang baru saja terdegradasi dari Premier League. Memiliki kualitas mumpuni sebagai bek tengah, Manchester City tak ragu memboyongnya dari Bournemouth.

Ake yang kini berusia 25 tahun direkrut The Cityzens dengan mahar senilai 45,3 juta euro. Dengan kualitas yang dimiliki Ake, City tentu berharap lini belakang mereka semakin kokoh. 

2. Moussa Sissoko ke Tottenham Hotspur - 35 juta euro 

10 Pemain Termahal yang Dijual Klub Championship Inggris Hingga Kinistandard.co.uk

Pemain termahal kedua yang dijual klub Divisi Championship adalah Moussa Sissoko. Gelandang asal Prancis ini bergabung Tottenham Hotspur pada musim 2016/2017. Saat itu Sissoko masih berusia 27 tahun dan dilepas  Newcastle United ke Spurs dengan mahar sebesar 35 juta euro.

Harga tersebut cukup sepadan dengan kualitas Sissoko meskipun berasal dari kasta kedua. Hingga saat ini Sissoko masih menjadi andalan di lini tengah Spurs. 

3. Ollie Watkins ke Aston Villa - 30,8 juta euro 

10 Pemain Termahal yang Dijual Klub Championship Inggris Hingga Kinitwitter.com/AVFCOfficial

Ollie Watkins menjadi pemain teranyar yang hijrah dari Divisi Championship ke tim Premier League. Pemain berusia 24 tahun ini dilepas Brentford ke Aston Villa. Striker berkebangsaan Inggris ini ditebus Villa dengan harga sebesar 30,8 juta euro.

Harga tersebut tentu saja cukup tinggi bagi pemain yang belum terlalu populer. Meskipun demikian, Aston Villa tentu berharap Watkins bisa tampil moncer di Premier League. 

Baca Juga: 10 Bintang Championship yang Layak Main di Premier League Musim Depan

4. Jordan Pickford ke Everton - 28,5 juta euro 

10 Pemain Termahal yang Dijual Klub Championship Inggris Hingga Kinipremierleague.com

Jordan Pickford merupakan kiper yang saat ini menjadi andalan Everton. Bahkan dalam beberapa tahun terakhir, Pickford menjadi andalan juga di bawah mistar gawang timnas Inggris. Siapa sangka jika Pickford merupakan pemain yang berasal dari Divisi Championship.

Pada musim 2017/2018, Sunderlandmmenjual Pickford ke Everton Sunderland. Dengan usianya yang saat itu baru 23 tahun, Pickford dibeli Everton dengan harga 28,5 juta euro. 

5. Georginio Wijnaldum ke Liverpool - 27,5 juta euro 

10 Pemain Termahal yang Dijual Klub Championship Inggris Hingga Kiniliverpool.com

Georginio Wijnaldum menjadi salah satu pemain yang mengantarkan Liverpool juara Premier League musim 2019/2020. Namun tak banyak orang tahu jika pemain Belanda ini direkrut Liverpool dari Divisi Championship.

Pada musim 2016/2017, Wijnaldum dijual Newcastle United dengan mahar senilai 27,5 juta euro. Sempat kesulitan menembus skuat utama Liverpool, pemain gelandang ini akhirnya mampu menunjukkan performa terbaiknya. 

6. Ryan Sessegnon ke Tottenham Hotspur - 27 juta euro 

10 Pemain Termahal yang Dijual Klub Championship Inggris Hingga Kinitottenhamhotspur.com

Pada awal musim 2019/2020, Fulham menjual salah satu pemain muda potensial yakni Ryan Sessegnon. Dengan usianya yang baru 20 tahun, Sessegnon direkrut klub Premier League, Tottenham Hotspur. Dengan usianya yang masih cukup muda, pemain Inggris ini diharapkan bisa menjadi pemain masa depan Spurs. 

Meskipun masih cukup muda, Tottenham berani menebusnya dengan dana sebesar 27 juta euro. Saat ini Sessegnon masih butuh waktu untuk menembus skuat utama Spurs di bawah asuhan Jose Mourinho.

7. Jude Bellingham ke Borussia Dortmund - 26,5 juta euro 

10 Pemain Termahal yang Dijual Klub Championship Inggris Hingga Kinitwitter.com/BellinghamJude

Jude Bellingham menjadi satu-satunya pemain dalam daftar ini yang dijual klub Divisi Championship ke tim luar Inggris. Pemain berusia 17 tahun ini resmi bergabung dengan tim elite Bundesliga, Borussia Dortmund. Penampilan apiknya bersama Birmingham membuat Bellingham diincar banyak tim.

Dortmund menjadi tim yang beruntung setelah berani membayar biaya transfer sebesar 26,5 juta euro. Kepindahannya ke Die Borussen dinilai tepat karena klub Bundesliga tersebut menjadi tempat pemain muda berkembang.

8. James Maddison ke Leicester City - 25 juta euro 

10 Pemain Termahal yang Dijual Klub Championship Inggris Hingga Kinimetro.co.uk

Nama James Maddison tentu saja sudah tak asing bagi penggemar Premier League. Penampilan apiknya bersama Leicester City membuat Maddison menjadi incaran banyak tim elite awal pada musim dingin lalu.

Leicester sendiri mendatangkan pemain gelandang ini dari Norwich City pada musim 2018/2019. Saat itu Maddison masih berusia 21 tahun dan ditebus dengan mahar sebesar 25 juta euro. Siapa sangka pemain Inggris ini akan menjadi pemain yang bersinar di Premier League. 

9. Darren Bent ke Tottenham Hotspur - 24,75 juta euro 

10 Pemain Termahal yang Dijual Klub Championship Inggris Hingga Kinipinterest/Brian Cooper

Sebelum pemain-pemain tersebut, Darren Bent lebih dulu menjadi pemain termahal dalam daftar ini. Striker asal Inggris ini dijual Charlton Athletic ke Tottenham Hotspur pada musim 2007/2008. Spurs mengeluarkan dana hingga 24,5 juta euro untuk dapatkan pemain yang saat itu berusia 23 tahun tersebut.

Bent hanya bertahan dua musim bersama Spurs di Premier League. Saat ini ia telah gantung sepatu pada tahun 2018 setelah menghabiskan kariernya di Divisi Championship. 

10. Callum Wilson ke Newcastle United - 22,25 juta euro 

10 Pemain Termahal yang Dijual Klub Championship Inggris Hingga Kininufc.co.uk

Pemain terakhir dalam daftar ini adalah Callum Wilson yang baru bergabung dengan Newcastle United. Sebelumnya pemain berkebangsaan Inggris ini membela Bournemouth yang baru saja terdegradasi dari Premier League.

Untuk mendapatkan striker 28 tahun tersebut, Newcastle rela menggelontorkan dana hingga 22,25 juta euro. Pengalamannya saat bermain di Premier League bersama Bournemouth tentu diharapkan bisa mempertajam lini serang Newcastle. 

Siapa pemain berikutnya yang bakal hijrah dari klub Divisi Championship?

Baca Juga: 10 Bintang Championship yang Layak Diangkut Klub Premier League

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya