Comscore Tracker

5 Pemain Termahal yang Pernah Dijual Schalke 04, Beri Keuntungan Besar

Ada nama terbaru, lho!

FC Schalke 04 merupakan salah satu klub Jerman yang memiliki sejarah panjang. Namun saat ini, mereka tengah berada dalam fase kelam karena terancam terdegradasi dari Bundesliga.

Dalam sejarah, Schalke telah banyak melahirkan pemain-pemain berkualitas. Tak sedikit dari mereka yang dijual The Royal Blues dengan harga mahal. Terbaru, ada Weston McKennie yang baru saja dipermanenkan oleh Juventus.

Sebelum McKennie, ada beberapa pemain dengan nilai transfer lebih mahal saat hengkang dari Schalke. Pemain-pemain tersebut juga beri keuntungan finansial yang cukup besar bagi Schalke. Siapa saja mereka? Berikut daftar pemain termahal yang pernah dijual Schalke 04.

1. Leroy Sane dijual ke Manchester City (52 Juta Euro)

5 Pemain Termahal yang Pernah Dijual Schalke 04, Beri Keuntungan Besarmancity.com

Pemain termahal yang pernah dijual Schalke 04 adalah Leroy Sane. Pemain berkebangsaan Jerman tersebut dijual Schalke ke Manchester City pada musim 2016/2017. S

ane diboyong City ke Etihad Stadium setelah membayar biaya transfer sebesar 52 juta euro atau setara dengan Rp892 miliar. Nilai tersebut menjadi keuntungan penuh bagi Schalke karena sang pemain adalah produk akademi sendiri.

Sane sempat menjadi andalan skuad The Royal Blues selama semusim sebelum ke City. Saat ini, pemain 24 tahun ini kembali ke Bundesliga dengan membela Bayern Munchen. Saat berseragam Schalke, ia telah tampil dalam 57 laga dengan catatan 13 gol dan 8 assist.

2. Julian Draxler dijual ke Wolfsburg (43 Juta Euro)

5 Pemain Termahal yang Pernah Dijual Schalke 04, Beri Keuntungan Besar90min.com

Pemain kedua dalam daftar ini juga merupakan lulusan akademi Schalke 04, yakni Julian Draxler. Ia dilepas Schalke ke klub sesama Bundesliga, Wolfsburg, pada musim 2015/2016. Saat itu, Draxler menjadi pemain potensial dan dibeli Wolfsburg dengan harga 43 juta euro atau setara dengan Rp737 miliar.

Sama seperti Sane, pemain yang kini membela Paris Saint-Germain itu juga sempat membela Schalke sejak Januari 2011. Bersama Schalke, pemain 27 tahun ini telah tampil dalam 170 pertandingan di semua kompetisi dengan torehan 30 gol serta 29 assist.  

3. Thilo Kehrer dijual ke Paris Saint-Germain (37 Juta Euro)

5 Pemain Termahal yang Pernah Dijual Schalke 04, Beri Keuntungan Besarpsg.fr

Pemain berikutnya berposisi sebagai bek tengah yaitu Thilo Kehrer. Bek tengah berkebangsaan Jerman ini diboyong hengkang dari FC Schalke dan bergabung dengan Paris Saint-Germain pada musim 2018/2019.

Kehrer bergabung dengan PSG setelah ditebus 37 juta euro atau setara Rp634 miliar. Kehrer yang juga lulusan akademi Schalke juga pernah membela tim utama.

Tepatnya sejak musim 2015/2016 sebelum akhirnya diboyong PSG. Pemain yang kini berusia 24 tahun tersebut mencatatkan 59 pertandingan dengan torehan 4 gol dan 4 assist bersama The Royal Blues.

4. Manuel Neuer dijual ke Bayern Munchen (30 Juta Euro)

5 Pemain Termahal yang Pernah Dijual Schalke 04, Beri Keuntungan Besarsepakbola.com

Pemain keempat dalam daftar ini adalah Manuel Neuer yang hingga kini menjadi andalan Bayern Munchen. Pemain yang berposisi sebagai penjaga gawang juga merupakan produk akademi ini Schalke 04. Ia hengkang dari Schalke pada musim 2011/2012 dan melibatkan dana sebesar 30 juta euro atau setara dengan Rp508 miliar.

Membela Schalke sejak musim 2005/2006, pemain 34 tahun ini telah menjalani 203 pertandingan bersama The Royal Blues. Dari penampilannya tersebut ia menorehkan 80 clean sheet dan harus 194 kebobolan. 

5. Weston McKennie dijual ke Juventus (18,5 Juta Euro)

5 Pemain Termahal yang Pernah Dijual Schalke 04, Beri Keuntungan Besarjuventus.com

Pemain terakhir dalam daftar ini tentu saja Weston McKennie yang baru saja dipermanenkan Juventus. Ia juga menjadi satu-satunya pemain non-Jerman dalam daftar ini.

Meskipun demikian, pemain berkebangsaan Amerika Serikat ini juga pernah menimba ilmu di akademi Schalke 04. Pemain 22 tahun itu sebenarnya dipinjamkan ke Juventus sejak awal musim ini.

Penampilan memukaunya membuat Si Nyonya Tua tak ragu mengontraknya setelah membayar 18,5 juta euro atau setara dengan Rp317 miliar. Membela The Royal Blues sejak musim 2017/2018, gelandang ini mencatatkan 91 pertandingan dengan torehan 5 gol dan 7 assist.

 

Semua pemain-pemain tersebut merupakan lulusan akademi Schalke 04. Hal itu membuat nilai transfer saat mereka hengkang, menjadi keuntungan penuh bagi Schalke. Patut dicontoh klub lain, nih!

Baca Juga: 5 Rekrutan Gratis Schalke 04 yang Dijual Mahal ke Klub Lain

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya