5 Pemain Termahal yang Pernah Direkrut AC Milan, Inzaghi Salah Satunya

Bagaimana kontribusinya? 

Saat ini AC Milan menjadi buah bibir berkat performa impresif musim ini. Tak hanya menduduki puncak klasemen Serie A, Milan juga menjadi satu-satunya klub liga top Eropa yang belum terkalahkan. Klub berjuluk Rossoneri ini tentu saja bukanlah klub yang baru muncul di permukaan. Klub Italia yang satu ini telah memiliki sejarah panjang dan pernah meraih kejayaan.

Namun dalam beberapa tahun terakhir, performa mereka memang sedang tidak stabil. Milan sendiri bukanlah tim yang terlalu royal dalam perekrutan pemain. Jika dibandingkan dengan klub elite lain, rekor transfer Milan kalah jauh. Lantas siapa saja pemain termahal yang pernah direkrut AC Milan dan apa saja kontribusinya? Berikut ulasannya.

1. Leonardo Bonucci direkrut dari Juventus dengan harga 42 juta euro

5 Pemain Termahal yang Pernah Direkrut AC Milan, Inzaghi Salah Satunyagoal.com

Pemain termahal yang pernah direkrut AC Milan adalah Leonardo Bonucci. Pemain berkebangsaan Italia ini diboyong Rossoneri dari klub rival, Juventus pada musim 2017/2018. Bek tengah ini bergabung dengan Milan setelah ditebus dengan harga 42 juta euro atau setara dengan Rp722 miliar.

Namun pemain yang kini berusia 33 tahun tersebut hanya bertahan satu musim di San Siro. Setelah itu ia kembali ke Juventus setelah dilepas Milan dengan harga 35 juta euro. Selama berseragam klub merah hitam itu, Bonucci mencatatkan 51 pertandingan di semua kompetisi. Sebagai bek tengah, ia hanya mampu mencetak 2 gol dan 1 assist tanpa meraih satu pun trofi.

2. Rui Costa direkrut dari Fiorentina dengan harga 41,32 juta euro

5 Pemain Termahal yang Pernah Direkrut AC Milan, Inzaghi Salah Satunyagoal.com

Jauh sebelum Leonardo Bonucci, Rui Costa menjadi pemain termahal yang pernah direkrut AC Milan. Tepatnya pada musim 2001/2002, Rossoneri memboyongnya dari Fiorentina. Saat itu nilai transfer Costa mencapai 41,32 juta euro atau setara dengan Rp710 miliar. Angka yang cukup tinggi untuk ukuran transfer pada masa itu.

Namun investasi Milan tak sia-sia, pemain Portugal ini turut mengantarkan timnya itu meraih berbagai trofi. Selama lima musim di San Siro, Costa mencatatkan 192 pertandingan di semua kompetisi. Pemain berposisi gelandang ini menorehkan 11 gol dan 46 assist. Pada musim 2006/2007 ia pindah ke Benfica secara gratis.

3. Lucas Paqueta direkrut dari Flamengo dengan harga 38,40 juta euro

5 Pemain Termahal yang Pernah Direkrut AC Milan, Inzaghi Salah Satunyagoal.com

Pembelian mahal AC Milan tak semuanya berhasil, salah satunya yaitu Lucas Paqueta. Pemain berkebangsaan Brasil ini bergabung dengan Milan pada Januari 2019. Saat itu ia diboyong dari Flamengo dengan harga 38,40 juta euro atau setara dengan Rp660 miliar. Namun dana yang dikeluarkan tersebut terbilang sia-sia karena sang pemain tampil kurang memuaskan.

Pada awal musim 2020/2021 ini, Paqueta pun terdepak dari San Siro dan bergabung dengan Olympique Lyon dengan harga 20 juta euro. Satu setengah musim membela Rossoneri, pemain yang kini berusia 23 tahun tersebut tampil dalam 44 pertandingan di semua kompetisi. Berposisi sebagai gelandang, ia hanya mampu mengoleksi 1 gol dan 3 assist.

Baca Juga: 5 Pemain Paling Berharga di Skuad AC Milan Musim Ini, Ada Bennacer

4. Andre Silva direkrut dari FC Porto dengan harga 38 juta euro

5 Pemain Termahal yang Pernah Direkrut AC Milan, Inzaghi Salah Satunyagoal.com/Emilio Andreoli/Getty Images

Andre Silva juga bernasib kurang lebih sama dengan Lucas Paqueta. Tampil sangat impresif bersama FC Porto membuat AC Milan sangat tergiur merekrut striker asal Portugal ini. Pada musim 2017/2018, Milan memboyong Silva dengan harga 38 juta euro atau setara dengan Rp653 miliar.

Namun sayangnya, taji Andre Silva tak berlanjut di San Siro. Pada musim-musim berikutnya ia dipinjamkan ke Sevilla dan Eintracht Frankfurt. Hingga akhirnya pada awal musim 2020/2021 ini ia dipermanenkan Frankfurt dengan harga 3 juta euro. Selama membela Milan, pemain 25 tahun ini tampil dalam 41 pertandingan dengan catatan 10 gol dan 2 assist.

5. Filippo Inzaghi direkrut dari Juventus dengan harga 36,15 juta euro

5 Pemain Termahal yang Pernah Direkrut AC Milan, Inzaghi Salah Satunyauefa.com

Pemain kelima dalam daftar ini adalah Filippo Inzaghi yang menjadi salah satu legenda AC Milan. Striker asal Italia ini berlabuh di San Siro pada musim 2001/2002. Saat itu ia ditebus dari Juventus dengan harga 36,15 juta euro atau setara dengan Rp621 miliar. Inzaghi menjadi salah satu rekrutan terbaik dalam sejarah Milan.

Bersama Rossoneri, Inzaghi mencatatkan 300 pertandingan di semua kompetisi. Dari penampilannya tersebut, ia menorehkan 126 gol dan 24 assist. Kompetisi Serie A hingga Liga Champions pernah ia raih bersama Milan. Rossoneri menjadi klub terakhirnya sebelum memutuskan gantung sepatu pada tahun 2012.

Itulah lima pemain termahal yang pernah direkrut AC Milan. Meskipun nilai transfernya tak terlalu tinggi, beberapa pemain tersebut tampil meyakinkan. Meskipun ada juga yang gagal bersinar. Siapa pembelian tersukses Milan?

Baca Juga: 10 Top Skor AC Milan Sepanjang Masa, Deretan Legenda di Era Kejayaan!

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya