5 Pemain Termuda Borussia Dortmund di Liga Champions, Muda Bertalenta!

Jude Bellingham hingga Christian Pulisic

Borussia Dortmund merupakan salah satu klub papan atas sepak bola Jerman. Selain berprestasi, klub berjuluk Die Borussen ini dikenal sebagai penghasil pemain muda berbakat.

Tak sedikit pemain muda yang tampil bersama Borussia Dortmund di berbagai kompetisi, termasuk Liga Champions. Di kompetisi antarklub Eropa tersebut, para pelatih Die Borussen tak ragu menampilkan pemain muda yang masih berusia belasan tahun.

Lantas, siapa saja pemain termuda yang membela Borussia Dortmund di Liga Champions? Berikut ulasannya!

1. Youssoufa Moukoko

5 Pemain Termuda Borussia Dortmund di Liga Champions, Muda Bertalenta!Youssoufa Moukoko (uefa.com)

Youssoufa Moukoko memegang rekor sebagai debutan termuda Borussia Dortmund di Liga Champions. Pemain berkebangsaan Jerman tersebut mendapat kesempatan tampil bersama skuad utama Die Borussen pada 8 Desember 2020, tepatnya saat laga fase grup di mana Borussia Dortmund bertandang ke markas Zenit Saint-Petersburg.

Dalam pertandingan itu, Moukoko baru berusia 16 tahun dan 18 hari. Tak hanya pecahkan rekor Dortmund, penyerang belia ini juga menjadi debutan termuda dalam sejarah Liga Champions. Sejauh ini, ia telah tampil di Liga Champions dalam delapan pertandingan.

2. Giovanni Reyna

5 Pemain Termuda Borussia Dortmund di Liga Champions, Muda Bertalenta!Giovanni Reyna (bvb.de)

Pemain kedua dalam daftar ini juga masih menjadi andalan Borussia Dortmund saat ini. Pemain tersebut adalah Giovanni Reyna yang juga menjadi salah satu pemain termuda Dortmund di Liga Champions. Reyna merupakan pemain kelahiran Amerika Serikat yang berposisi sebagai gelandang.

Reyna menjalani debut bersama Die Borussen di Liga Champions saat menghadapi Paris Saint-Germain. Pada laga yang digelar 18 Februari 2020 tersebut, Reyna masih berusia 17 tahun, 3 bulan, dan 5 hari. Sejauh ini, Reyna telah tampil dalam 15 laga di Liga Champions.

Baca Juga: 5 Remaja yang Pernah Didatangkan Borussia Dortmund, Muda dan Berbakat!

3. Jude Bellingham

5 Pemain Termuda Borussia Dortmund di Liga Champions, Muda Bertalenta!Jude Bellingham (uefa.com)

Borussia Dortmund memang banyak mengandalkan pemain muda. Salah satunya Jude Bellingham yang direkrut dari Birmingham pada musim panas 2020. Pemain berkebangsaan Inggris ini pun menjadi salah satu pemain termuda Dortmund di Liga Champions.

Bellingham tampil perdana di Liga Champions pada 20 Oktober 2020, tepatnya saat Die Borussen menghadapi Lazio di fase grup. Dalam laga tersebut, gelandang muda ini masih berusia 17 tahun, 3 bulan, dan 21 hari. Sejauh ini, ia telah tampil di Liga Champions dalam 22 pertandingan dengan catatan 5 gol dan 6 assist. 

4. Tom Rothe

5 Pemain Termuda Borussia Dortmund di Liga Champions, Muda Bertalenta!Tom Rothe (bvb.de)

Pada musim kompetisi 2022/2023 ini, Borussia Dortmund juga menampilkan beberapa pemain muda di Liga Champions. Salah satunya adalah Tom Rothe yang menjalani debut di Liga Champions pada 6 September 2022. Saat itu, Rothe membela Dortmund menghadapi dengan FC Copenhagen.

Dalam pertandingan tersebut, pemain berposisi bek kiri ini masih berusia 17 tahun, 10 bulan, dan 8 hari. Setelahnya, Rothe juga diberi kesempatan tampil dalam dua laga lain Borussia Dortmund di Liga Champions.

5. Christian Pulisic

5 Pemain Termuda Borussia Dortmund di Liga Champions, Muda Bertalenta!Christian Pulisic (uefa.com)

Pemain terakhir dalam daftar ini adalah Christian Pulisic. Penyerang sayap tersebut tampil perdana di Liga Champions bersama Borussia Dortmund saat berusia 17 tahun, 11 bulan, dan 27 hari. Kala itu, Die Borussen berlaga menghadapi Legia Warszawa pada tanggal 14 September 2016.

Pulisic menjadi salah satu pemain yang berkembang pesat saat berseragam Borussia Dortmund. Akhirnya, ia dipinang Chelsea pada 2019. Hingga saat ini, Pulisic telah mencatatkan 47 pertandingan di Liga Champions. Beroperasi di lini depan, ia menorehkan 7 gol dan 9 assist.

Talenta para pemain tersebut memang luar biasa. Tak salah jika mereka mendapat kesempatan tampil di Liga Champions bersama Borussia Dortmund saat masih berusia belasan tahun.

Baca Juga: Profil Julien Duranville, Winger 16 Tahun yang Baru Dibeli Dortmund

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya