5 Pemain Termuda yang Mentas di Liga Champions 2022/2023

Ada dua pemain Bayern Munich

Liga Champions Eropa 2022/2023 telah menyelesaikan semua pertandingan. Duel Manchester City menghadapi Inter Milan menjadi laga pamungkas yang tersaji. Manchester City akhirnya keluar sebagai yang terbaik setelah menang dengan skor 1-0.

Sama seperti musim-musim sebelumnya, Liga Champions musim ini juga menjadi arena pertarungan pemain-pemain terbaik. Namun, di tengah hingar bingar pemain bintang, ada secercah harapan untuk para pemain muda yang diberi kesempatan tampil. Sepanjang gelaran musim ini, ada beberapa pemain muda potensial yang mendapat kesempatan menit bermain.

Para pemain yang masih belasan tahun itu patut berbangga karena bisa merasakan megahnya panggung Liga Champions. Tentu saja, momen-momen itu menjadi awal dari perjalanan karier sederet pemain termuda yang mentas di Liga Champions 2022/2023 ini!

1. Warren Zaire-Emery (Paris Saint-Germain) 

5 Pemain Termuda yang Mentas di Liga Champions 2022/2023Warren Zaire-Emery (psg.fr)

Pemain termuda yang mentas di Liga Champions 2022/2023 adalah Warren Zaire-Emery. Pemain muda yang satu ini diberi kesempatan tampil oleh klubnya, Paris Saint-Germain. Momen tersebut terjadi kala PSG bersua Maccabi Haifa pada babak penyisihan grup.

Dalam laga yang berlangsung pada 25 Oktober 2022 itu, Zaire-Emery masih berusia 16 tahun, 7 bulan, dan 17 hari. Kala itu, ia masuk sebagai pemain pengganti dan main selama 11 menit. Secara total, gelandang muda ini tampil dalam tiga pertandingan bersama PSG di Liga Champions musim ini.

Baca Juga: 5 Final Liga Champions Terakhir yang Melibatkan Klub Inggris, Juara?

2. Paul Wanner (Bayern Munich)

5 Pemain Termuda yang Mentas di Liga Champions 2022/2023Paul Wanner (twitter.com/FCBayernEN)

Bayern Munich hanya mampu melaju hingga babak perempat final di Liga Champions 2022/2023. Meski memiliki banyak pemain bintang, The Bavarians tak ragu memainkan beberapa pemain muda di ajang ini. Salah satunya adalah Paul Wanner yang tampil perdana pada 12 Oktober 2022.

Kala itu, Bayern Munich menghadapi Viktoria Plzen pada babak penyisihan grup. Dalam laga tersebut, Wanner masih berusia 16 tahun, 9 bulan, dan 16 hari. Gelandang muda tersebut mencatatkan dua pertandingan di Liga Champions musim ini.

3. Roony Bardghji (FC Copenhagen) 

5 Pemain Termuda yang Mentas di Liga Champions 2022/2023Roony Bardghji (twitter.com/FCKobenhavn)

Berikutnya ada nama Roony Bardghji yang mentas di Liga Champions 2022/2023 bersama FC Copenhagen. Pemain yang berposisi sebagai penyerang sayap ini tampil pertama kali saat Copenhagen berhadapan dengan Sevilla. Kala itu, keduanya memainkan pertandingan pada babak penyisihan grup.

Dalam laga yang digelar pada 25 Oktober 2022 itu, Bardghji masih berusia 16 tahun, 11 bulan, dan 10 hari. Momen tersebut bukan satu-satunya kesempatan yang didapatnya. Pada laga terakhir fase grup melawan Borussia Dortmund, ia juga diberi kesempatan tampil.

4. Mathys Tel (Bayern Munich)

5 Pemain Termuda yang Mentas di Liga Champions 2022/2023Mathys Tel (fcbayern.com)

Tak hanya Paul Wanner, pemain muda lainnya yang diberi kesempatan tampil oleh Bayern Munich ada Mathys Tel. Pemain yang berposisi sebagai penyerang ini justru mendapat lebih banyak menit bermain. Secara total, Tel tampil di Liga Champions 2022/2023 dalam lima pertandingan.

Penampilan perdananya terjadi saat The Bavarians menghadapi Barcelona pada babak penyisihan grup. Digelar pada 13 September 2022, Tel masih berusia 17 tahun, 4 bulan, dan 17 hari. Jika terus konsisten, bukan tidak mungkin penyerang muda asal Prancis itu akan menjadi bintang pada masa mendatang. 

5. Antonio Nusa (Club Brugge) 

5 Pemain Termuda yang Mentas di Liga Champions 2022/2023Antonio Nusa (uefa.com)

Pemain termuda kelima yang mentas di Liga Champions 2022/2023 ada Antonio Nusa. Ia merupakan pemain asal Norwegia yang membela Club Brugge pada musim ini. Nusa menjalani laga pertama di Liga Champions musim ini saat klubnya melawan FC Porto pada babak penyisihan grup.

Ia masih berusia 17 tahun, 4 bulan, dan 27 hari dalam laga yang digelar pada 13 September 2022 itu. Sepanjang gelaran Liga Champions musim ini, Nusa pribadi tampil dalam empat pertandingan. Hebatnya, ia sukses mengoleksi satu gol dari kesempatan tersebut.

Kesempatan yang didapat pemain-pemain muda tersebut tentu saja sangat berharga. Meski masih belia, mereka layak mendapat kesempatan tersebut dengan potensi yang dimilikinya. Menurut kamu, siapa pemain muda terbaik yang tampil di Liga Champions 2022/2023? 

Baca Juga: 4 Keputusan Guardiola Antar Manchester City Juara Liga Champions

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya