Comscore Tracker

5 Pemain Termuda yang Debut Bersama Barcelona di Abad 21, Bertalenta!

Ansu Fati hingga Lionel Messi!

Barcelona menjadi salah satu klub elite Eropa yang telah meraih berbagai gelar bergengsi. Kesuksesan tersebut tak lepas dari para pemainnya yang memiliki kualitas hingga berlabel bintang. Namun dibalik hingar bingar skuatnya, El Barca juga dikenal sebagai klub penghasil pemain muda berbakat.

Akademi mereka yang bernama La Masia telah mengorbitkan beberapa pemain berkualitas. Hal tersebut membuat Blaugrana kerap memainkan pemain muda di tim utama. Lantas siapa saja pemain termuda yang debut bersama Barcelona di Abad 21? Termasuk Lionel Messi, berikut ulasannya.

1. Ansu Fati

5 Pemain Termuda yang Debut Bersama Barcelona di Abad 21, Bertalenta!fcbarcelona.es

Ansu Fati menjadi pemain termuda yang debut bersama Barcelona di Abad 21. Pemain Spanyol ini mendapat kesempatan berharga karena debut bersama tim raksasa La Liga ini. Tepatnya pada saat Barca menghadapi Real Betis.

Pada laga yang digelar 25 Agustus 2019 tersebut, Fati masih berusia 16 tahun, 9 bulan dan 25 hari. Sejauh ini, Fati cukup bersinar dengan tim utama Barca. Ia telah tampil dalam 38 laga di semua kompetisi dengan catatan 11 gol dan 2 assist.

2. Bojan Krkic

5 Pemain Termuda yang Debut Bersama Barcelona di Abad 21, Bertalenta!barcablaugranes.com

Diurutan kedua ada Bojan Krkic yang sempat menjadi salah satu pemain muda bertalenta yang dimiliki Barcelona. Pada 16 September 2007, pemain Spanyol ini menjalani debut di tim utama El Barca. Saat itu ia membela Blaugrana saat menghadapi Ossasuna dalam ajang LaLiga.

Dalam laga tersebut, Krkic masih berusia 17 tahun dan 19 hari. Selama berseragam Barca, ia mencatatkan 163 pertandingan di semua kompetisi. Dari penampilannya tersebut Krkic mencetak 41 gol dan 19 assist. Pemain yang kini berusia 30 tahun tersebut bermain di MLS bersama Montreal Impact.

3. Marc Muniesa

5 Pemain Termuda yang Debut Bersama Barcelona di Abad 21, Bertalenta!bleacherreport.com

Setelah Bojan Krkic, pemain muda lainnya yang mendapat kesempatan tampil bersama tim utama Barcelona ada Marc Muniesa. Sama seperti Ansu Fati dan Bojan Krkic, Muniesa merupakan lulusan La Masia yang berkebangsaan Spanyol. Bek tengah ini menjalani debut pada 23 Mei 2009 saat Barca menghadapi Ossasuna.

Dalam laga lanjutan LaLiga tersebut, Muniesa masih berusia 17 tahun, 1 bulan dan 26 hari. Namun ia hanya tampil dalam 4 laga bersama Blaugrana di semua kompetisi. Sebagai lulusan La Masia, karier Muniesa tak terlalu cemerlang dan kini ia bermain di Liga Qatar.

Baca Juga: 5 Alumnus Akademi Barcelona yang Bersinar di Klub Lain

4. Lionel Messi

5 Pemain Termuda yang Debut Bersama Barcelona di Abad 21, Bertalenta!fcbarcelona.es

Pemain berikutnya pasti sudah sangat familier, siapa lagi kalau bukan Lionel Messi. Pemain yang kini menjadi mega bintang tersebut juga menjadi salah satu pemain yang debut bersama El Barca saat berusia muda. Pertandingan perdana Messi bersama Barca terjadi pada saat menghadapi Espanyol.

Pada pertandingan yang digelar 16 Oktober 2004 tersebut, penyerang sayap ini masih berusia 17 tahun, 3 bulan dan 22 hari. Legenda hidup Blaugrana ini telah mencatatkan 735 pertandingan di semua kompetisi. Messi sukses menorehkan 635 gol dan 279 assist dari penampilannya tersebut.

5. Oriol Riera

5 Pemain Termuda yang Debut Bersama Barcelona di Abad 21, Bertalenta!90min.com

Pemain terakhir dalam daftar ini adalah Oriol Romeu yang menjadi salah satu rekan satu angkatan Lionel Messi. Pemain Spanyol ini lebih dulu menjalani debut bersama Barcelona, yakni pada 17 Desember 2003. Saat itu El Barca menghadapi Ciudad Murcia di ajang Copa del Rey.

Dalam laga tersebut, penyerang ini masih berusia 17 tahun, 5 bulan dan 14 hari. Laga tersebut menjadi satu-satunya pertandingan yang dimainkan Riera bersama tim utama Barcelona. Sosok 34 tahun tersebut telah gantung sepatu pada akhir musim lalu.

Meskipun mendapat kesempatan tampil bersama tim utama Barcelona di usia muda, tak semuanya memiliki karier gemilang. Nama-nama yang dianggap menjanjikan pun redup dalam beberapa musim sejak dirinya debut. Ansu Fati yang jadi debutan teranyar pun mendapat spot perhatian oleh media dan pecinta sepak bola. Bisakah Ansu Fati mencapai level Messi?

Baca Juga:  5 Alumnus Akademi Barcelona yang Justru Bersinar di Klub Lain

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya