Comscore Tracker

5 Pemain Termuda yang Jalani Debut Bersama Arsenal di Premier League

Wilshere, Gnabry hingga Fabregas!

Arsenal menjadi salah satu tim top Premier League yang bersahat dengan pemain muda. Tak hanya musim ini, The Gunners telah banyak melahirkan beberapa pemain top. Hal tersebut tak lepas dari kesempatan yang diberikan kepada para pemain muda.

Bahkan pelatih-pelatih Arsenal kerap memainkan pemain muda di ajang bergengsi Premier League. Di antaranya ada Wilshere hingga Cesc Fabregas yang hingga kini sudah cukup dikenal. Lalu siapa saja pemain termuda yang jalani debut bersama Arsenal di Premier League? Berikut ulasannya.

1. Jack Wilshere

5 Pemain Termuda yang Jalani Debut Bersama Arsenal di Premier Leaguetheshortfuse.sbnation.com

Pemain termuda yang jalani debut bersama Arsenal di Premier League adalah Jack Wilshere. Pemain berkebangsaan Inggris ini tampil perdana membela The Gunners pada 13 September 2008. Saat itu Wilshere membela Arsenal saat menghadapi Blackburn Rovers.

Dalam laga tersebut, pemain gelandang ini masih berusia 16 tahun, 8 bulan dan 12 hari. Selama menjadi bagian The Gunners, Wilshere tampil dalam 198 pertandingan di semua kompetisi. Dari penampilannya tersebut ia menorehkan 14 gol dan 30 assist. Saat ini pemain 28 tahun ini membela West Ham United.

2. Serge Gnabry

5 Pemain Termuda yang Jalani Debut Bersama Arsenal di Premier Leaguestandard.co.uk

Diurutan kedua ada Serge Gnabry yang kini cukup bersinar bersama klub Bundesliga, Bayern Munchen. Sebelum hijrah ke Jerman, Gnabry merupakan pemain yang pernah berseragam Arsenal. Pemain Jerman ini tampil perdana di Premier League bersama The Gunners saat menghadapi Norwich City.

Pada pertandingan yang digelar 20 Oktober 2012 tersebut, penyerang sayap ini masih berusia 17 tahun, 3 bulan dan 6 hari. Bersama klub London tersebut, Gnabry hanya tampil dalam 18 pertandingan dengan catatan 1 gol dan 2 assist.

3. Cesc Fabregas 

5 Pemain Termuda yang Jalani Debut Bersama Arsenal di Premier Leaguepremierleague.com

Nama berikutnya juga tak kalah populer dalam sepak bola Eropa. Pemain tersebut yaitu Cesc Fabregas yang sempat menjadi pemain termuda yang debut bersama Arsenal di Premier League. Pemain berkebangsaan Spanyol ini menjalani debut di Premier League pada 15 Agustus 2004.

Saat itu The Gunners menghadapi Everton dan Fabregas masih berusia 17 tahun, 3 bulan dan 11 hari. Meskipun cukup lama berseragam Arsenal, Fabregas lebih sukses saat membela Barcelona dan Chelsea. Pemain gelandang ini mencatatkan 304 penampilan bersama The Gunners dengan torehan 57 gol dan 92 assist.

4. Ainsley Maitland-Niles

5 Pemain Termuda yang Jalani Debut Bersama Arsenal di Premier Leagueskysports.com

Pemain berikutnya ini menjadi satu-satunya pemain dalam daftar ini yang masih berseragam Arsenal. Ainsley Maitland-Niles menjalani laga perdana di Premier League saat membela Arsenal menghadapi Newcastle United.

Pada pertandingan yang digelar 13 Desember 2014 tersebut, pemain berkebangsaan Inggris ini masih berusia 17 tahun, 3 bulan dan 14 hari. Hingga kini pemain berposisi bek kanan ini dalam 102 pertandingan dengan catatan 3 gol dan 5 assist. 

Baca Juga: Tampil Sempurna, Debut Gemilang Gabriel dan Willian di Arsenal

5. Gavin McGowan

5 Pemain Termuda yang Jalani Debut Bersama Arsenal di Premier Leaguemirror.co.uk

Sebelum pemain-pemain tersebut, Gavin McGowan lebih dulu tercatat sebagai pemain termuda yang debut bersama Arsenal di Premier League. Tepatnya pada 6 Mei 1993 pemain berkebangsaan Inggris ini membela Arsenal saat menghadapi Sheffield Wednesday.

Dalam laga tersebut, McGowan masih berusia 17 tahun, 3 bulan dan 20 hari. Sepanjang kariernya, ia hanya membela The Gunners dalam 6 pertandingan. Pemain bek kanan ini harus mengakhiri karier pada tahun 2001.

Itulah lima pemain termuda yang jalani debut bersama Arsenal di Premier League. Siapa pemain berikutnya yang akan jalani debut bersama Arsenal?

Baca Juga: Bungkam Fulham 3-0, Debut Keren Willian dan Gabriel di Arsenal

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya