6 Pemain yang Pernah Berseragam Arsenal dan Chelsea Sedekade Terakhir

Derby London tersaji di Boxing Day!

Arsenal dan Chelsea adalah klub yang sama-sama berbasis di London. Rivalitas keduanya pun tak terelakkan dan kerap bertemu di berbagai kompetisi. Salah satunya yaitu Premier League, pada 27 Desember, kedua tim akan saling sikut. Spesialnya lagi, derby London tahun ini bertajuk laga Boxing Day.

Meskipun memiliki rivalitas panas, beberapa pemain justru pernah membela keduanya. Setidaknya ada enam pemain yang berseragam Arsenal dan Chelsea dalam sedekade terakhir.

Bahkan di antaranya masih membela salah satu kedua tim tersebut. Lantas, siapa saja pemain yang pernah berseragam Arsenal dan Chelsea sedekade terakhir? Berikut ulasannya.

1. Petr Cech

6 Pemain yang Pernah Berseragam Arsenal dan Chelsea Sedekade Terakhireurosport.com

Salah satu pemain yang pernah membela Arsenal dan Chelsea adalah Petr Cech. Menjadi legenda di Stamford Bridge tak menghalangi kiper asal Ceko ini menyebrang ke klub rival. Cech membela The Blues selama sebelas musim, yakni sejak 2004/2005 hingga 2014/2015. Setelah bergabung dengan The Gunners, Cech memutuskan gantung sepatu pada tahun 2019.

Sosok 38 tahun ini meraih kesuksesan bersama Chelsea setelah menjalani 494 pertandingan dengan catatan 393 kebobolan dan 228 clean sheet. Sementara lima musim berbaju Arsenal, Cech tampil dalam 139 pertandingan dengan 158 kebobolan dan 54 clean sheet.

2. David Luiz

6 Pemain yang Pernah Berseragam Arsenal dan Chelsea Sedekade Terakhirgoal.com

David Luiz menjadi salah satu pemain yang saat ini membela Arsenal. Sebelum menyebrang ke klub merah London, bek asal Brasil ini juga lebih dulu membela Chelsea. Luiz menjadi bagian The Blues dalam dua periode, yakni 2011/2012 hingga 2013/2014 serta 2016/2017 hingga 2018/2019.

Hingga akhirnya, ia hengkang ke Arsenal dan bertahan hingga saat ini. Sejauh ini pemain 33 tahun itu telah membela The Gunners dalam 56 pertandingan dengan catatan 3 gol dan 1 assist. Sementara saat menjadi bagian The Blues, Luiz tampil dalam 248 pertandingan dengan torehan 18 gol dan 12 assist.

3. Cesc Fabregas

6 Pemain yang Pernah Berseragam Arsenal dan Chelsea Sedekade Terakhirstandard.co.uk

Berbeda dengan kedua pemain sebelumnya, Cesc Fabregas lebih dulu berseragam Arsenal sebelum membela Chelsea. The Gunners menjadi klub pertama yang ia bela, yakni sejak 2003/2004 hingga 2010/2011. Namun setelah hengkang dari Meriam London, pemain Spanyol ini tidak langsung menyebrang ke klub rival.

Fabregas lebih dulu kembali ke Barcelona sebelum akhirnya bergabung dengan Chelsea pada musim 2014/2015. Pemain yang berposisi gelandang tersebut bertahan 4,5 musim di Stamford Bridge hingga akhir hijrah ke AS Monaco.

Fabregas tampil dalam 198 laga dengan catatan 22 gol dan 57 assist bersama The Blues. Sementara bersama Arsenal ia torehkan 57 gol dan 92 assist dari 304 pertandingan.

Baca Juga: 5 Pemain Lulusan Akademi Chelsea yang Berkembang Bersama Klub Lain

4. Yossi Benayoun

6 Pemain yang Pernah Berseragam Arsenal dan Chelsea Sedekade Terakhirskysports.com

Yossi Benayoun merupakan pemain berkebangsaan Israel yang berposisi sebagai penyerang kanan. Berbeda dengan pemain lainnya, Benayoun hijrah dari Chelsea ke Arsenal dengan status pinjaman.

Ia bergabung dengan Chelsea pada musim 2007/2008. Tampil kurang memuaskan membuat The Blues meminjamkannya ke Arsenal pada musim berikutnya selama satu musim.

Selama berseragam biru London, ia tampil dalam 24 pertandingan di semua kompetisi dengan catatan 1 gol dan 2 assist. Sementara saat membela Arsenal, Benayoun diturunkan dalam 25 pertandingan di semua kompetisi dengan mencetak 6 gol dan 3 assist.

5. Willian

6 Pemain yang Pernah Berseragam Arsenal dan Chelsea Sedekade Terakhirgoal.com

Selain David Luiz, pemain lainnya yang saat ini membela Arsenal ada Willian. Pemain berkebangsaan Brasil itu baru saja hengkang dari Chelsea ke Arsenal pada awal musim 2020/2021 ini.

Willian sendiri membela The Blues selama tujuh musim, yakni sejak musim 2013/2014. Willian juga telah meraih banyak gelar bersama klub biru London itu setelah menjalani 339 pertandingan di semua kompetisi.

Sebagai penyerang sayap, Willian menyarangkan 63 gol serta 62 assist. Sementara bersama Meriam London, sejauh ini pemain 33 tahun tersebut telah tampil dalam 16 pertandingan dengan hanya mencatatkan 3 assist.

6. Olivier Giroud

6 Pemain yang Pernah Berseragam Arsenal dan Chelsea Sedekade Terakhirstandard.co.uk

Pemain terakhir dalam daftar ini yaitu Olivier Giroud yang juga masih aktif bermain. Berbeda dengan Willian, pemain berkebangsaan Prancis itu saat ini menjadi bagian Chelsea. Ia telah bergabung dengan The Blues sejak Januari 2018. Sebelumnya, Giroud menjadi andalan di lini depan Arsenal sejak musim 2012/2013.

Selama 6,5 musim berseragam merah London, Giroud mencatatkan 253 pertandingan. Sebagai seorang striker, ia menggelontorkan 105 gol dan 41 assist.

Sementara bersama biru London, striker 34 tahun tersebut tampil dalam 102 pertandingan dengan mencetak 36 gol dan 14 assist. Meskipun tak lagi muda, Giroud kerap menjadi pilihan utama Lampard.

 

Pemain-pemain tersebut seperti tak peduli dengan sengitnya rivalitas kedua klub London itu. Siapa pemain paling sukses saat berseragam Arsenal maupun Chelsea?

Baca Juga: 8 Pemain Arsenal yang Paling Diandalkan Mikel Arteta, Belum Maksimal?

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya