5 Pencetak Gol Termuda di Liga Europa 2022/2023, Termasuk Garnacho

Deretan pemain muda potensial

Liga Europa menjadi kompetisi antarklub Eropa pertama yang menyelesaikan musim 2022/2023. Sevilla keluar sebagai sang juara setelah menaklukkan AS Roma yang digelar pada Kamis (1/6/2023) dini hari WIB. Sevilla makin memantapkan diri sebagai yang tersukses di Liga Europa dengan raihan tujuh trofi.

Pada musim ini, Liga Europa tak kalah seru dari Liga Champions Eropa. Beberapa klub elite sempat bersaing memperebutkan gelar juara ajang ini. Di tengah para pemain bintang, ada beberapa pemain muda yang memberikan warna tersendiri. Mereka cukup beruntung bisa main di ajang Liga Europa saat usianya masih belasan tahun. 

Kesempatan berharga tersebut tak disia-siakan para pemain muda ini untuk menunjukkan aksi terbaiknya. Bahkan, tak sedikit dari mereka yang mampu mencatatkan namanya di papan skor. Berikut daftar pencetak gol termuda di Liga Europa 2022/2023.

1. Desire Doue (Stade Rennais) 

5 Pencetak Gol Termuda di Liga Europa 2022/2023, Termasuk GarnachoDesire Doue (twitter.com/staderennais)

Pencetak gol termuda di Liga Europa 2022/2023 adalah Desire Doue. Ia merupakan pemain muda asal Prancis yang menjadi andalan Stade Rennais pada musim ini. Meski baru dikontrak tim utama pada awal musim ini, Doue langsung mendapat banyak kesempatan tampil termasuk di Liga Europa.

Pemain yang berposisi gelandang serang ini tampil dalam tujuh pertandingan di Liga Europa musim ini. Ia tercatat sebagai pencetak gol termuda saat membela Rennais melawan Dynamo Kyev. Dalam laga yang digelar pada 6 Oktober 2022 itu, Doue masih berusia 17 tahun 4 bulan 3 hari.

2. Arda Guler (Fenerbahce) 

5 Pencetak Gol Termuda di Liga Europa 2022/2023, Termasuk GarnachoArda Guler (uefa.com)

Arda Guler juga menjadi salah satu pemain muda yang mendapat banyak menit bermain di Liga Europa 2022/2023. Pemain yang membela Fenerbahce itu tampil di Liga Europa musim ini dalam enam pertandingan. Gelandang muda ini berhasil mencetak 1 gol dan 1 assist dari penampilannya tersebut.

Satu golnya itu membuat Guler menjadi salah satu pencetak gol termuda di Liga Europa musim ini. Guler berhasil mencetak gol saat membela Fenerbahce menghadapi Dynamo Kyev. Pemain asal Turki itu masih berusia 17 tahun 8 bulan 9 hari saat bermain dalam laga yang digelar pada 3 November 2023 itu.

Baca Juga: 5 Pemain Termuda yang Mentas di Liga Europa 2022/2023, Berbakat!

3. Alejandro Garnacho (Manchester United) 

5 Pencetak Gol Termuda di Liga Europa 2022/2023, Termasuk GarnachoAlejandro Garnacho (premierleague.com)

Alejandro Garnacho menjadi salah satu pemain muda yang mendapat banyak sorotan pada musim 2022/2023 ini. Pemain asal Argentina itu sudah sering tampil membela Manchester United saat usianya masih cukup muda. Di Liga Europa musim ini, Garnacho sendiri tampil dalam 6 pertandingan dan berhasil mengoleksi 1 gol.

Garnacho mencetak satu-satunya gol tersebut saat Manchester United bersua Real Sociedad. Laga tersebut digelar pada 3 November 2023 dan Garnacho masih berusia 18 tahun 4 bulan 3 hari. Patut kita nantikan kiprah Garnacho bersama Setan Merah pada musim-musim berikutnya. 

4. Kevin Kelsy (Shakhtar Donetsk) 

5 Pencetak Gol Termuda di Liga Europa 2022/2023, Termasuk GarnachoKevin Kelsy (uefa.com)

Kevin Kelsy merupakan pemain yang membela Shakhtar Donetsk di Liga Europa 2022/2023. Pemain asal Venezuela tersebut baru diboyong Shakhtar Donetsk pada bursa transfer musim dingin 2023. Namun, Kelsy langsung mendapat kepercayaan tampil dalam beberapa laga penting termasuk di Liga Europa.

Kelsy yang dimainkan dalam 3 pertandingan Liga Europa berhasil menorehkan 1 gol. Penyerang muda ini mencetak golnya tersebut saat Shakhtar Donetsk melawan Feyenoord. Dalam laga yang digelar pada 16 Maret 2023 itu, Kelsy masih berusia 18 tahun 7 bulan 17 hari.

5. Marquinhos (Arsenal) 

5 Pencetak Gol Termuda di Liga Europa 2022/2023, Termasuk GarnachoMarquinhos (arsenal.com)

Arsenal menjadi salah satu klub top Inggris yang juga bertarung di Liga Europa 2022/2023. Arsenal yang kini ditangani Mikel Arteta tak ragu memainkan pemain muda termasuk di Liga Europa. Salah satu pemain muda yang diberi kesempatan tampil adalah Marquinhos.

Pemain muda asal Brasil ini baru direkrut Arsenal pada awal musim ini. Di Liga Europa, Marquinhos tampil dalam 3 pertandingan dengan torehan 1 gol dan 1 assist. Satu golnya tersebut dicetak sang pemain saat Arsenal melawan FC Zurich pada 8 September 2022. Dalam laga tersebut, ia masih berusia 19 tahun 5 bulan 1 hari.

Para pemain muda tersebut menjadi calon pemain bintang pada masa mendatang. Namun, perjalanan karier mereka masih cukup panjang dan perlu meningkatkan kemampuannya.

Baca Juga: Sevilla Andalkan Koneksi Spesial dengan Liga Europa

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya