Comscore Tracker

8 Fakta Peter Shilton, Kiper yang Dibobol Gol 'Tangan Tuhan' Maradona

Yakin kamu sudah tahu? #RIPMaradona

Meninggalnya Diego Maradona pada Rabu (25/11/2020) waktu setempat turut menghilangkan berbagai kenangan. Salah satu yang pasti diingat adalah tragedi "Gol Tangan Tuhan". Momen tersebut terjadi saat menghadapi timnas Inggris. Apakah kamu tahu, siapa kiper yang kebobolan gol tersebut? Sosok kiper yang harus rela kebobolan gol curang tersebut adalah Peter Shilton.

Kiper yang satu ini merupakan sosok legendaris dalam sejarah sepak bola Inggris. Selain momen gol "Tangan Tuhan" tersebut, ada beberapa fakta menarik tentang Shilton. Untuk mengenal lebih dalam Peter Shilton, berikut kami sajikan ulasan faktanya.

1. Kiper Divisi Championship yang debut bersama timnas Inggris

8 Fakta Peter Shilton, Kiper yang Dibobol Gol 'Tangan Tuhan' Maradonalcfc.com

Peter Shilton menjalani debut perdananya bersama timnas Inggris pada 25 November 1970. Saat itu Shilton yang berusia 21 tahun merupakan kiper yang membela Leicester City. Uniknya, Leicester saat itu bermain di Divisi Championship. Hal ini tentu saja jarang terjadi, di mana klub kasta kedua membela timnas, apalagi sebesar Inggris.

2. Kebobolan gol tangan Tuhan Diego Maradona

8 Fakta Peter Shilton, Kiper yang Dibobol Gol 'Tangan Tuhan' Maradonafifa.com

Sepanjang karier Peter Shilton, mungkin kejadian gol 'Tangan Tuhan' tak bisa dilupakan. Saat itu timnas Inggris menghadapi Argentina di babak 8 besar Piala Dunia 1986. Shilton kebobolan gol kontroversial tersebut yang dilakukan oleh Maradona. Inggris pun harus kalah 2-1 setelah Maradona mencetak brace dan Gary Lineker mencetak gol hiburan.

3. Pernah membela 11 klub

8 Fakta Peter Shilton, Kiper yang Dibobol Gol 'Tangan Tuhan' Maradonanottinghampost.com

Sepanjang karier sepak bolanya, Shilton pernah membela 11 klub berbeda. Uniknya, semua klub yang pernah ia bela berasal dari Inggris. Dengan jumlah minimal 100 penampilan saat membela Leicester City, Stoke City, Nottingham Forest, Southampton dan Derby County. Nottingham menjadi klub tersukses yang pernah ia bela.

4. Pemegang rekor caps terbanyak timnas Inggris

8 Fakta Peter Shilton, Kiper yang Dibobol Gol 'Tangan Tuhan' Maradonachristiantoday.com

Peter Shilton merupakan pemegang rekor caps terbanyak bersama timnas Inggris. Total, Shilton telah membela The Three Lions dalam 125 pertandingan di semua kompetisi. Rekor tersebut tercatat sejak 1990 dan belum terpecahkan hingga kini. Wayne Rooney, David Beckham dan Steven Gerrard menjadi pemain yang membuntutinya.

Baca Juga: Kisah Maradona Cetak Dua Gol dan Bantai Indonesia di Piala Dunia

5. Pemain dengan penampilan terbanyak dalam sejarah sepak bola

8 Fakta Peter Shilton, Kiper yang Dibobol Gol 'Tangan Tuhan' Maradonafifa.com

Tak hanya memegang rekor caps terbanyak timnas Inggris. Shilton juga tercatat sebagai pesepak bola dengan penampilan terbanyak di dunia sepanjang sejarah. Total Shilton telah bermain dalam 1.390 pertandingan baik bersama klub maupun timnas.

6. Pemain Inggris tertua yang tampil di Piala Dunia

8 Fakta Peter Shilton, Kiper yang Dibobol Gol 'Tangan Tuhan' Maradonafifa.com

Peter Shilton benar-benar menjadi legenda sepak bola Inggris. Meskipun bukan pemain tertua dalam sejarah timnas Inggris, namun kiper yang pensiun pada tahun 1997 ini tercatat sebagai pemain Inggris tertua yang tampil di Piala Dunia. Tepatnya pada tahun 1990 saat laga menghadapi Italia, saat itu ia sudah berusia 40 tahun 292 hari.

7. Melakukan blunder di laga terakhir bersama timnas

8 Fakta Peter Shilton, Kiper yang Dibobol Gol 'Tangan Tuhan' Maradonathesportsman.com

Peter Shilton adalah pemegang caps terbanyak timnas Inggris dengan 125 caps. Laga terakhirnya bersama timnas Inggris terjadi pada 7 Juli 1990. Tepatnya saat menghadapi Italia di laga perebutan tempat ketiga Piala Dunia. Saat itu Shilton melakukan blunder, di mana bola yang sudah ditangkap kemudian dilepas lagi. Namun ia tak sadar, dibelakangnya ada Roberto Baggio dan akhirnya berujung gol. Inggris kalah 2-1 dan pulang dengan tangan hampa.

8. Sekilas tentang Peter Shilton

8 Fakta Peter Shilton, Kiper yang Dibobol Gol 'Tangan Tuhan' Maradonagoal.com

Peter Shilton merupakan pesepak bola yang lahir di Leicester pada 18 September 1949. Menimba ilmu di akademi Leicester City, Shilton mengawali karier profesionalnya pada tahun 1966 bersama The Foxes. Shilton mengakhiri karier profesionalnya pada tahun 1997. Di usianya yang kini menginjak 71 tahun, dan sudah tak aktif di dunia sepak bola.

Tampil di kasta kedua tak menghalangi Shilton untuk menjalani debut bersama timnas Inggris. Sejak saat itu, ia mengukir berbagai rekor demi rekor, serta kenangan gol "Tangan Tuhan".

Baca Juga: Mengenang Diego Maradona, 8 Fakta Menarik Si 'Tangan Tuhan'

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ernia Karina
  • Septi Riyani

Berita Terkini Lainnya