Comscore Tracker

Menengok Wakil Asia di Matchday 2 Fase Grup Piala Dunia 2022

Tuan rumah Qatar dipastikan tersingkir

Sejak resmi dibuka pada 20 November 2022, tak terasa Piala Dunia 2022 telah menyelesaikan total 32 pertandingan. Masing-masing peserta telah memainkan dua pertandingan di fase grup.

Banyak hal menarik, mengejutkan, dan terjadi di luar dugaan dalam dua pertandingan tersebut. Setelah sukses mengejutkan di putaran pertama fase grup, wakil Asia mulai melempem saat menjalani laga kedua.

Dari kelima wakil Asia, hanya satu tim yang sukses meraih kemenangan. Sementara itu, sisanya harus mengakui keunggulan lawan-lawannya masing-masing. Bahkan, tim tuan rumah, Qatar, jadi tim pertama yang dipastikan tersingkir. Mari kita tengok hasil lengkap wakil Asia di putaran kedua fase grup Piala Dunia 2022 Qatar.

1. Qatar yang berstatus sebagai tuan rumah jadi tim pertama yang masuk 'kotak'

Menengok Wakil Asia di Matchday 2 Fase Grup Piala Dunia 2022Qatar melawan Senegal (twitter.com/QFA_EN)

Setelah mengalami kekalahan di laga pembukaan, tuan rumah Qatar tentunya berhasrat meraih kemenangan di laga kedua. Senegal yang juga kalah di laga perdana menjadi lawan Qatar di laga kedua.

Harapan Qatar meraih kemenangan mulai sirna setelah kebobolan dua gol lebih dulu dari sang lawan. Mohammed Muntari sempat membuka asa bagi tuan rumah setelah mencetak gol pertama Qatar pada menit ke-78.

Sayangnya, enam menit berselang lini pertahanan Qatar kembali lengah dan harus kebobolan gol ke-3. Pertandingan yang digelar pada Jum'at (25/11/2022) tersebut pun berakhir dengan skor 1-3 untuk keunggulan Senegal.

Hasil tersebut memastikan Qatar sebagai tim pertama yang tersingkir dari Piala Dunia 2022. Di laga terakhir Grup A, Qatar akan menghadapi Belanda.

2. Iran mulai bangkit setelah taklukkan Wales

Menengok Wakil Asia di Matchday 2 Fase Grup Piala Dunia 2022Timnas Iran (twitter.com/FIFAWorldCup)

Dibabat habis Timnas Inggris pada laga perdana Grup B, Iran menunjukkan mental bajanya pada laga kedua. Menghadapi Wales pada Jumat (25/11/2022), Iran berhasil bangkit dengan meraih kemenangan.

Iran sejatinya kalah penguasaan bola dari Wales. Namun, mereka berhasil beberapa kali merepotkan pertahanan Wales. Puncaknya, serangan Iran membawa petaka bagi kiper Wales, Wayne Hennessey, yang terkena kartu merah pada menit ke-86.

Momen tersebut pun menjadi titik balik Iran dalam laga ini. Tim Melli akhirnya mampu menjebol gawang Wales pada menit ke-90+8 dan 90+11. Kemenangan 2-0 tersebut membuat Iran menjaga asa lolos dengan raih tiga poin perdana. Di laga penentuan, Iran akan menghadapi Amerika Serikat.

Baca Juga: Melihat Performa Iran di Ajang Piala Dunia, Siap Buat Sejarah

3. Arab Saudi tumbang di tangan Polandia

Menengok Wakil Asia di Matchday 2 Fase Grup Piala Dunia 2022Arab Saudi menghadapi Polandia (twitter.com/SaudiNT)

Harapan besar ada di pundak Arab Saudi saat menghadapi Polandia di laga kedua Grup C, Sabtu (26/11/2022). Meskipun menghadapi wakil Eropa, Arab Saudi diunggulkan banyak pihak. Hal itu tak terlepas dari kesuksesan The Green Eagles mengalahkan Argentina di laga perdana.

Nyatanya, magis Tim Timur Tengah ini tak terlihat kembali di laga kedua melawan Polandia. Bermain dengan penuh determinasi, Arab Saudi tak kunjung mencetak gol. Mereka justru harus kebobolan pada menit ke-39 melalui aksi Zielinski.

Di pengujung babak pertama, Arab Saudi sebenarnya memiliki peluang besar untuk mengembalikan kedudukan. Sayangnya, Salem Aldawsari gagal mengeksekusi penalti dengan baik. Di babak kedua, Arab Saudi yang keasyikan menyerang kembali kebobolan oleh Lewandowski pada menit ke-82.

Laga pun berakhir dengan skor 0-2 untuk keunggulan Polandia. Hasil ini membuat Arab Saudi wajib menang di laga terakhir menghadapi Meksiko.

4. Jepang secara mengejutkan kalah dari Kosta Rika

Menengok Wakil Asia di Matchday 2 Fase Grup Piala Dunia 2022Timnas Jepang (twitter.com/FIFAWorldCup)

Hal serupa juga terjadi saat Jepang menjamu Kosta Rika, Minggu (27/11/2022). Setelah menang mengejutkan melawan Jerman, Tim Samurai Biru pun diprediksi akan kembali menang saat bersua Kosta Rika di laga kedua.

Apalagi, Kosta Rika baru saja kalah dengan skor mencolok 7-0 dari Spanyol. Berbagai serangan yang dibangun Jepang masih bisa digagalkan kiper veteran, Keylor Navas. Keasyikan menyerang, Jepang dikejutkan oleh gol Kosta Rika pada menit ke-81.

Setelahnya, serangkaian serangan Jepang kembali gagal menemui sasaran. Mereka pun harus mengakui keunggulan 0-1 Kosta Rika dalam laga ini. Jika ingin lolos dari fase grup, Jepang harus menaklukkan Spanyol di laga pamungkas.

5. Korea Selatan belum juga meraih tiga poin

Menengok Wakil Asia di Matchday 2 Fase Grup Piala Dunia 2022Timnas Korea Selatan (twitter.com/kleague)

Korea Selatan tampaknya menjadi wakil Asia yang tak mampu berbicara banyak di ajang Piala Dunia 2022 Qatar. Setelah imbang 0-0 di laga perdana, Korea Selatan kembali meraih hasil kurang memuaskan di laga kedua.

Menghadapi Ghana pada Senin (28/11/2022), Korea Selatan kembali gagal raih tiga poin. Pada pertandingan ini, The Taegeuk Warriors kebobolan dua gol di babak pertama. Di babak kedua, mereka sempat menghela nafas setelah berhasil menyamakan kedudukan 2-2.

Namun, kedudukan imbang tersebut tak bertahan lama, Ghana kembali sukses menjebol gawang wakil Asia ini. Hingga wasit meniup peluit panjang, skor tetap 2-3 untuk kemenangan Ghana.

Korea Selatan memang belum tersingkir, namun peluang mereka untuk lolos ke babak gugur cukup berat. Di laga penentuan, The Taegeuk Warriors harus mengalahkan Portugal.

Baca Juga: 3 Fakta Menarik Usai Korea Selatan Dipermalukan Ghana

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya