Comscore Tracker

5 Wasit yang Paling Sering Memimpin Laga Liga Champions

Penuh pengalaman!

Liga Champions tentu menjadi kompetisi yang paling bergengsi dan juga berkualitas di Eropa bahkan dunia. Pertarungan antar tim terbaik di Eropa menjadi sajian utama dalam setiap pertandingannya. Sebagai tim-tim terbaik, para pemainnya pun tentu saja berkualitas. Namun hal tak kalah penting dalam sebuah pertandingan ada sosok wasit.

Hal tersebut tak lepas dari tugas wasit yang memimpin jalannya laga agar berjalan lancar. Tampaknya jarang sekali kita temukan pertandingan Liga Champions yang berakhir ricuh. Sang pengadil lapangan mampu mengondisikan pertandingan dengan sangat baik. Berikut kami sajikan daftar wasit yang paling sering memimpin laga Liga Champions.

1. Dr. Felix Brych (Jerman)

5 Wasit yang Paling Sering Memimpin Laga Liga Championsrealmadrid.com

Dr. Felix Brych menjadi wasit yang paling sering memimpin pertandingan Liga Champions hingga saat ini. Wasit berusia 45 tahun ini menjalani debut di Premier League pada 1 Oktober 2008. Saat itu ia memimpin laga antara Liverpool menghadapi PSV Eindhoven.

Di laga debutnya, Felix hanya mengeluarkan satu kartu kuning tanpa kartu merah. Hingga saat ini, wasit asal Jerman ini telah memimpin 58 pertandingan Liga Champions. Dari kepemimpinannya tersebut, Felix Brych telah mengeluarkan 244 kartu kuning dan 4 kartu merah langsung. 

2. Kim Milton Nielsen (Denmark) 

5 Wasit yang Paling Sering Memimpin Laga Liga Championsalchetron.com

Nama berikutnya menjadi salah satu wasit yang sudah tidak aktif memimpin laga Liga Champions, yakni Kim Milton Nielsen. Pria berkebangsaan Denmark ini menjadi salah satu wasit yang paling sering memimpin pertandingan Liga Champions. Pria berusia 60 tahun ini menjalani debut saat pertandingan Leeds United menghadapi Stuttgart.

Pada laga yang digelar 30 September 1992 tersebut, Atkinson mengeluarkan 4 kartu kuning. Saat masih aktif, ia telah memimpin 57 pertandingan Liga Champions dengan catatan mengeluarkan 151 kartu kuning dan 2 kartu merah langsung. Terakhir Nielsen memimpin laga Liga Champions yakni pada musim 2005/2006.

3. Wolfgang Stark (Jerman) 

5 Wasit yang Paling Sering Memimpin Laga Liga Championsuefa.com

Diurutan ketiga ada Wolfgang Stark yang kini juga sudah tidak aktif menjadi wasit khususnya Liga Champions. Pria asal Jerman ini menjalani debut di Premier League pada musim 2001/2002, tepatnya pada 24 Oktober 2001. Saat itu Stark memimpin pertandingan antara PSV Eindhoven melawan FC Nantes.

Dalam laga debutnya tersebut, wasit berusia 50 tahun tersebut mengeluarkan 5 kartu kuning. Stark telah memimpin 51 pertandingan Liga Champions selama karier sebagai wasit. Dari jumlah laga tersebut, ia telah mengeluarkan 192 kartu kuning dan 6 kartu merah langsung.

Baca Juga: 5 Wasit Paling Ternama di Sepak Bola, Masih Ingat Mereka?

4. Damir Skomina (Slovenia) 

5 Wasit yang Paling Sering Memimpin Laga Liga Championsgoal.com

Berikutnya ada Damir Skomina yang menjalani debut pada 22 Oktober 2008. Saat itu ia memimpin pertandingan Liga Champions antara PSV Eindhoven menghadapi Olympique Marseille. Skomina saat ini masih aktif sebagai wasit yang memimpin pertandingan Liga Champions.

Selama kariernya di hingga saat ini, wasit berusia 44 tahun ini telah memimpin pertandingan Premier League sebanyak 51 kali. Pria asal Slovenia ini mengeluarkan 199 kartu kuning dan 4 kartu merah langsung selama memimpin laga Liga Champions.

5. Lubos Michel (Slovakia) 

5 Wasit yang Paling Sering Memimpin Laga Liga Championseurosport.com

Sama seperti Kim Milton Nielsen dan Wolfgang Stark, wasit terakhir dalam daftar ini juga telah memutuskan pensiun sebagai pengadil lapangan. Lubos Michel terakhir kali memimpin pertandingan Liga Champions pada musim 2008/2009. Michel sendiri menjalani debut memimpin pertandingan Liga Champions pada 16 September 1998.

Dalam laga antara PSV Eindhoven melawan HJK Helsinki tersebut, ia mengeluarkan 5 kartu kuning tanpa kartu merah. Selama 11 musim, pria asal Slovakia ini telah memimpin 50 pertandingan Liga Champions. Lubos dikenal cukup tegas karena telah mengeluarkan 200 kartu kuning dan 7 kartu merah langsung. 

Wasit-wasit tersebut tentu saja sudah sangat berpengalaman karena mereka juga memimpin beberapa partai final. Pertandingan fase grup Liga Champions musim ini telah dimulai. Akankah para wasit tersebut memimpin laga-laga besar di 'grup neraka' musim ini?

Baca Juga: 5 Wasit Ini Paling Sering Memimpin Laga Premier League, Siapa Saja?

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya