4 Pemain dengan Gol Sundulan Terbanyak

Siapa yang bakal melampaui mereka?

Mencetak gol melalui sundulan sudah cukup populer sejak sepak bola pertama kali dimainkan pada 1888. Faktanya, tidak semua pemain, terutama yang berposisi sebagai striker, memiliki rekor mentereng dalam mencetak gol lewat kepala. Hanya sebagian pemain yang memiliki catatan apik dalam merobek gawang lawan dengan sundulan sepanjang kariernya.

Tercatat, ada empat pemain yang memiliki catatan gol sundulan terbanyak di dunia. Mereka merupakan legenda sepak bola yang telah dikenal di seluruh dunia dengan tinggal satu pemain yang kini masih aktif bermain. Siapa saja mereka?

1. Pele mampu menorehkan 124 gol dari sundulan

4 Pemain dengan Gol Sundulan TerbanyakPele (fifa.com)

Pele merupakan legenda sepak bola yang dikenal di seluruh dunia. Ia telah membuat banyak rekor sepanjang kariernya. Salah satunya menjadi salah satu pemain dengan catatan gol sundulan terbanyak di dunia.

Pele telah mencetak 1279 gol dari 1363 pertandingan sepanjang kariernya. Dari 1279 gol yang ia cetak, 124 di antaranya berasal dari tandukan kepala. Padahal, tingginya 170 cm, bukan termasuk pemain yang memiliki tubuh kekar dan tinggi. Namun, Pele membuktikan tinggi badan bukan masalah dalam urusan mencetak gol dari sundulan.

Baca Juga: 3 Rekor Pele yang Belum Dipecahkan Messi dan Ronaldo

2. Carlos Santilana mencetak 125 gol sundulan selama kariernya

4 Pemain dengan Gol Sundulan TerbanyakCarlos Santillana (realmadrid.com)

Carlos Alonso Gonzalez atau dikenal dengan nama Santilana merupakan striker tajam pada era 1970-an. Pemain asal Spanyol itu menghabiskan seluruh kariernya bersama Real Madrid sampai 1988. Santilana total mencetak 270 gol dalam 618 sepanjang kariernya.

Dari 270 gol tersebut, 125 di antaranya ia cetak lewat sundulan. Ternyata, Santillana memiliki tubuh yang tidak terlalu tinggi, yaitu 175cm. Akan tetapi, ia dikenal sebagai pemain yang punya kemampuan melompat dan berduel dengan bek lawan sehingga ia sering kali mencetak gol lewat kepalanya.

3. Gerd Muller berhasil membuat 144 gol sundulan

4 Pemain dengan Gol Sundulan TerbanyakGerd Muller (bundesliga.com)

Gerd Muller telah diakui sebagai salah satu striker terhebat dalam sejarah sepak bola. Ia merupakan contoh striker dengan kemampuan komplet. Ia bisa mencetak gol dalam segala situasi lewat tendangan dan sundulannya.

Muller total menorehkan 144 gol dari 568 gol yang ia cetak dalam 611 pertandingan sepanjang kariernya di level klub dan internasional. Pemain asal Jerman itu memiliki tinggi 176cm. Namun, ia selalu menempatkan dirinya di posisi terbaik untuk menerima umpan serta mampu dengan tenang menyelesaikan umpan-umpan lambung dengan kepalanya. Kemampuannya dalam menyundul bola menjadi salah satu alasan Muller dinobatkan sebagai striker terbaik di dunia.

4. Cristiano Ronaldo berhasil lampaui pencapaian Muller

4 Pemain dengan Gol Sundulan TerbanyakCristiano Ronaldo (uefa.com)

Cristiano Ronaldo sukses menjadi pemain dengan gol sundulan terbanyak di dunia. Ia total menorehkan 145 gol dari 726 gol yang ia buat selama 979 pertandingan dalam kariernya sejauh ini. Angka tersebut bisa saja bertambah mengingat Ronaldo masih aktif bermain hingga saat ini.

Cristiano Ronaldo mencetak gol sundulan ke-145 saat melawan US Monastir dalam pertandingan King Salman Club Cup pada 1 Agustus 2023. CR7 menerima umpan lambung dari Sultan Al Ghanam dan membawa Al Nassr unggul atas US Monastir pada menit ke-74. Gol tersebut sukses melewati capaian Gerd Muller yang mencetak 144 gol sepanjang kariernya.

Keempat pemain di atas telah diakui sebagai striker terbaik dunia pada masanya. Uniknya, pemain-pemain seperti Pele, Santillana, dan Muller mampu mencetak gol sundulan meski tingginya tidak mencapai 180cm.

Baca Juga: Absen di Ballon d'Or 2023, Rekor Cristiano Ronaldo Ternodai

Audi Rahmantio Photo Verified Writer Audi Rahmantio

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya