5 Pemain Inggris yang Pernah Mencetak Gol di El Clasico

Mereka unjuk gigi dalam laga terpanas di Spanyol

Tidak banyak pemain Inggris yang pernah tampil di El Clasico, baik untuk Real Madrid maupun Barcelona. Pasalnya, hanya sedikit dari mereka yang pernah membela salah satu dari dua klub tersebut. Namun, bukan berarti pemain asal Inggris yang sempat bermain di Real Madrid dan Barcelona tidak mampu unjuk gigi ketika turun di salah satu pertandingan terpanas di dunia itu.

Tercatat, ada lima pemain asal Inggris yang pernah mencatatkan namanya di papan skor di El Clasico. Empat di antaranya merupakan pemain Real Madrid dan hanya satu yang membela Barcelona. Gol mereka turut berkontribusi dalam raihan kemenangan klubnya di El Clasico.

1. Laurie Cunningham menjadi pencetak gol asal Inggris pertama dalam sejarah El Clasico

5 Pemain Inggris yang Pernah Mencetak Gol di El ClasicoLaurie Cunningham (realmadrid.com)

Laurie Cunningham menorehkan sejarah di El Clasico. Ia menjadi pencetak gol asal Inggris pertama di laga terpanas itu pada 1979. Cunningham juga menjadi pemain Inggris pertama yang bermain di LaLiga Spanyol bersama Real Madrid.

Cunningham merobek gawang Barcelona di El Clasico di LaLiga 1979. Ia menjadi salah satu pencetak gol dalam kemenangan Real Madrid atas Barcelona dengan skor 3-2. Namun, itu menjadi satu-satunya gol Cunningham di El Clasico. Ia gagal membuat gol dalam 4 pertandingan El Clasico lainnya, tetapi menorehkan 1 kemenangan, 1 seri, dan 2 kekalahan.

2. Gary Lineker mengukir rekor yang belum terpecahkan sampai 2023

https://www.youtube.com/embed/ZoPZBUwb4MI

Gary Lineker juga sukses membuat sejarah di El Clasico. Ia menjadi satu-satunya pemain asal Inggris yang berhasil mencetak hattrick untuk Barcelona saat menang 3-2 atas Real Madrid di El Clasico 1987. Torehan tersebut belum ada yang memecahkannya sampai 2023/2024 ini.

Lineker mengakui momen tersebut merupakan salah satu kenangan paling spesial dalam kariernya. Ia sendiri bermain untuk Barcelona selama 3 tahun pada 1986--1989. Lineker total mencetak 5 gol dari 8 penampilannya di El Clasico.

Baca Juga: 5 Pemain Real Madrid yang Menggunakan Nomor 5 sebelum Jude Bellingham

3. Steve McManaman bikin gol penting bagi Real Madrid di Liga Champions

5 Pemain Inggris yang Pernah Mencetak Gol di El ClasicoSteve McManaman (kanan) (realmadrid.com)

Steve McManaman bertemu Barcelona sebanyak tujuh kali selama membela Real Madrid pada 1999—2003. Gelandang serang asal Inggris itu memang gagal mencetak satu pun gol di El Clasico di kompetisi domestik, baik LaLiga maupun Copa del Rey. Namun, McManaman berhasil mencetak satu gol ke gawang Barcelona di Liga Champions Eropa.

Real Madrid bertemu Barcelona dalam laga semifinal Liga Champions 2001/2002. McManaman yang turun dalam laga tersebut berhasil menggandakan keunggulan untuk Real Madrid dengan skor 2-0. El Real akhirnya keluar sebagai juara UCL setelah mengalahkan Bayer Leverkusen di final karena unggul 2-1.

4. Michael Owen sempat menorehkan gol saat melawan Barcelona

5 Pemain Inggris yang Pernah Mencetak Gol di El ClasicoMichael Owen (realmadrid.com)

Michael Owen gagal menampilkan performa terbaiknya selama membela Real Madrid. Ia hanya tampil dalam 45 laga dan mencetak 16 gol. Namun, salah satu golnya akan selalu diingat fans Real Madrid. Sebab, gol tersebut ia ciptakan pada menit-menit akhir di El Clasico 2004/2005.

Owen turut menyumbangkan satu gol saat Real Madrid menang 4-2 melawan Barcelona pada 2005. Ia mampu memaksimalkan umpan matang dari rekan setimnya yang sama-sama dari Inggris, David Beckham. Sayangnya, Owen tidak pernah lagi bermain di laga El Clasico setelah memutuskan hengkang ke Newcastle United pada musim panas 2005.

5. Jude Bellingham mencetak gol spektakuler

5 Pemain Inggris yang Pernah Mencetak Gol di El ClasicoJude Bellingham (realmadrid.com)

Terbaru, Jude Bellingham sukses mencetak dua gol kemenangan Real Madrid atas Barcelona dengan skor 2-1 di El Clasico di LaLiga pekan ke-11 pada 28 Oktober 2023. Barcelona unggul terlebih dahulu melalui gol Ilkay Guendongan pada babak pertama menit ke-6. Namun, Real Madrid berhasil bangkit dengan mencetak dua gol pada babak kedua.

Bellingham mencetak gol spektakuler saat tendangannya dari luar kotak penalti mampu merobek gawang yang dijaga Marc Andre ter Stegen. Jebolan akademi Birmingham City itu kemudian menggandakan keunggulan Real Madrid saat memanfaatkan bola pantul dari Luka Modric pada injury time. Bellingham kini memuncaki daftar top skor LaLiga dengan torehan 10 gol dari 11 pertandingan hingga pekan ke-11.

Lima pemain asal Inggris di atas membuktikan bahwa mereka mampu menghadapi tekanan saat bermain di El Clasico. Semua gol yang dicetak oleh pemain asal Inggris di El Clasico berkontribusi besar dalam raihan kemenangan klub yang mereka bela. Jude Bellingham menjadi satu-satunya pemain asal Inggris yang saat ini aktif bermain di LaLiga dan tengah dalam performa terbaiknya.

Baca Juga: Jude Bellingham Sudah Dapat Posisi Ideal dari Ancelotti

Audi Rahmantio Photo Verified Writer Audi Rahmantio

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya