Bradley Barcola, Wonderkid Mahal PSG yang Siap Gantikan Kylian Mbappe

Pembelian top atau flop?

Paris Saint-Germain (PSG) mengubah kebijakan transfernya sejak musim panas 2023. Les Parisiens yang biasa membeli mahal para pemain bintang kini beralih merekrut pemain muda berbakat. Beberapa pemain muda yang PSG beli memiliki harga mahal, seperti Goncalo Ramos, Randal Kolo Muani, dan Bradley Barcola.

Di antara tiga pemain tersebut, nama Bradley Barcola masih terdengar asing bagi sebagian besar fans sepak bola. Pasalnya, ia belum pernah membuat gebrakan, baik di kompetisi domestik maupun antarklub Eropa. Akan tetapi, PSG berani membayar mahal untuk mendatangkan sang pemain dari Olympique Lyon pada musim panas 2023.

Lalu, siapa sosok Bradley Barcola ini? Inilah tiga hal seputar Barcola. Ia digadang-gadang akan menjadi suksesor Kylian Mbappe jika hengkang dari PSG.

1. Menimba ilmu di akademi Olympique Lyon sejak usia dini

Bradley Barcola, Wonderkid Mahal PSG yang Siap Gantikan Kylian MbappeBradley Barcola (instagram.com/bradley_dls)

Barcola lahir di Villeurbanne, Prancis, pada 2 September 2002. Ibunya merupakan orang Prancis asli, sedangkan ayahnya berasal dari Togo. Barcola masuk ke akademi Olympique Lyon saat usianya masih 8 tahun pada 2010.

Barcola biasa bermain sebagai pemain sayap kanan dalam skema formasi 4-2-3-1 atau 4-3-3. Ia memiliki keunggulan dari kecepatan larinya, skill olah bola, dan akurasi umpannya. Terbukti, ia telah menciptakan 5 gol dan 4 assist dari 22 laga bersama Olympique Lyon B.

2. Mencetak gol kemenangan Lyon ke gawang PSG di Ligue 1

Barcola menjalani debutnya di skuad utama Lyon saat menghadapi Sparta Praha dalam laga babak grup Liga Europa pada 4 November 2021. Ia turun sebagai pemain pengganti saat babak kedua menyisakan 8 menit. Meski begitu, Barcola langsung membuat dampak positif kepada permainan tim dengan mencetak satu assist dalam laga tersebut.

Barcola kemudian mencetak gol pertama dalam karier profesionalnya sebagai pesepak bola saat Lyon menang 2-1 atas FC Metz pada babak ketiga Coup de France pada Januari 2023. Ditambah lagi, ia sukses membungkam fans PSG ketika mencetak gol kemenangan untuk Lyon 1-0 di stadion Parc des Princes dalam laga Ligue 1 pekan ke-29 pada April 2023. Torehan tersebut menjadi awal ketertarikan PSG terhadap dirinya.

3. Memilih bergabung dengan PSG ketimbang Chelsea

Bradley Barcola, Wonderkid Mahal PSG yang Siap Gantikan Kylian MbappeBradley Barcola (psg.fr)

Tidak hanya PSG yang tertarik kepada Barcola, tetapi Chelsea juga mengincar pemain berusia 21 tahun itu. Namun, ia lebih tertarik bergabung dengan PSG daripada Chelsea pada musim panas 2023. PSG sampai menebusnya dari Olympique Lyon dengan harga 45 juta euro atau Rp759 miliar. Barcola mengungkapkan bahwa dirinya senang dan bangga menjadi bagian proyek ambisius PSG dalam jangka panjang.

Sejauh ini, ia telah tampil dalam 12 pertandingan dan mencetak 2 assist di semua kompetisi bersama PSG. Akan tetapi, Barcola belum pernah bermain penuh selama 90 menit. Dilansir Transfermarkt, ia masuk sebagai pemain pengganti sebanyak 8 kali sedangkan ia digantikan 4 kali.

Barcola masih memiliki banyak waktu untuk mengembangkan permainannya mengingat usianya masih 21 tahun. Akan tetapi, ia memiliki beban ekspektasi cukup tinggi ketika memutuskan menerima tawaran PSG. PSG berani berinvestasi kepadanya dengan harga mahal. Selain itu, Barcola digadang-gadang akan menggantikan posisi Kylian Mbappe jika hengkang dari klub pada musim panas 2024. Mampukah Barcola menjawab harapan tinggi terhadap dirinya dengan menampilkan permainan impresif dan konsisten?

Baca Juga: Newcastle Ngamuk Usai Jadi Korban Penalti Kontroversial PSG

Audi Rahmantio Photo Verified Writer Audi Rahmantio

Penggemar berat sepak bola terutama sepak bola Eropa dan sangat passionate dalam menulis konten artikel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya