Comscore Tracker

5 Kiper dengan Clean Sheet Terbanyak Liga Champions Musim Ini

Edouard Mendy salah satunya! 

Liga Champions musim ini telah memasuki babak 16 besar. Para klub yang lolos ke babak tersebut telah memastikan diri setelah mampu finis di posisi pertama dan kedua fase grup. Tentu saja klub-klub yang lolos ke fase gugur itu merupakan klub terbaik dan memiliki kualitas yang mumpuni.

Dalam 6 pertandingan di fase grup itu, ada sejumlah pemain yang berhasil mencatatkan banyak gol. Di samping itu, ada juga beberapa kiper yang mampu menciptakan banyak clean sheet. Kiper mana sajakah yang berhasil membuat clean sheet terbanyak di fase grup Liga Champions musim ini? Berikut ulasannya!

Baca Juga: 5 Pemain Ternama yang Pernah Berseragam Atletico Madrid dan Chelsea 

1. Edouard Mendy – Chelsea (4 Clean Sheet)

5 Kiper dengan Clean Sheet Terbanyak Liga Champions Musim Inigoal.com

Edouard Mendy baru saja bergabung bersama Chelsea pada musim panas kemarin. Ia digaet dari Stade Rennais dengan biaya 24 juta euro. Kiper asal Senegal itu didatangkan karena performa Kepa Arrizabalaga yang menurun drastis. Kepercayaan yang diberikan oleh Frank Lampard pun akhirnya berhasil dibayar tuntas oleh Mendy dengan penampilan menjanjikan di bawah mistar gawang.

Di ajang Liga Champions, ia hanya kebobolan 1 gol dan mencatatkan 4 clean sheet dari 5 pertandingan. Tak hanya itu, sang kiper juga tampil baik di Premier League. Sejauh ini, kiper berusia 28 tahun itu baru kebobolan 3 gol dan membukukan 5 clean sheet dari 8 laga. Performa Mendy yang cemerlang itu semakin membuat masa depan Kepa di ujung tanduk bersama Chelsea.

2. Ederson – Manchester City (4 Clean Sheet)

5 Kiper dengan Clean Sheet Terbanyak Liga Champions Musim Inifourfourtwo.com

Ederson juga tampil apik bersama Manchester City di Liga Champions sejauh ini. Kiper asal Brasil itu mampu mencatatkan 4 clean sheet dari 5 pertandingan. Ia hanya kebobolan 1 gol saat laga pertama fase grup melawan FC Porto. Setelah itu, sang kiper berhasil menjaga gawangnya dari kebobolan selama 4 pertandingan berturut-turut.

Ederson bisa saja mencatatkan 1 clean sheet lagi pada pertandingan terakhir fase grup. Sayangnya, ia tak dimainkan pada laga melawan Olympique Marseille. Pada pertandingan yang berakhir dengan skor 3-0 untuk kemenangan The Citizens itu, Pep Guardiola lebih memberikan menit bermain kepada penjaga gawang pelapis asal Amerika Serikat, Zack Steffen.

3. Agustin Marchesin – FC Porto (4 Clean Sheet)

5 Kiper dengan Clean Sheet Terbanyak Liga Champions Musim Inifcporto.pt

Performa menjanjikan FC Porto di Liga Champions musim ini tidak terlepas dari peran penjaga gawangnya, Agustin Marchesin. Kiper asal Argentina itu berhasil menciptakan 4 clean sheet dari 5 pertandingan. Ia hanya kebobolan saat timnya melawan raksasa Premier League, Manchester City. Tak tanggung-tanggung, 3 gol langsung mengoyak jala gawangnya.

FC Porto sendiri lolos ke babak 16 besar Liga Champions setelah berhasil menduduki peringkat kedua di fase grup. Tim asal Portugal itu mampu mengumpulkan 13 poin dari 6 pertandingan. Namun, di fase gugur yang akan dilaksanakan pada Februari dan Maret mendatang, Porto harus melawan tim besar lainnya, Real Madrid.

4. Roman Burki – Borussia Dortmund (3 Clean Sheet)

5 Kiper dengan Clean Sheet Terbanyak Liga Champions Musim Inigoal.com

Jika di Bundesliga Borussia Dortmund kebobolan banyak gol, berbeda halnya dengan di ajang Liga Champions. Tim asal Jerman itu tampil apik dan hanya kebobolan 5 gol di fase grup. Pencapaian apik itu tentu tidak terlepas dari sosok penjaga gawang berpengalaman, Roman Burki. Sepanjang laga di fase grup, ia hanya kebobolan 1 gol dan menciptakan 3 clean sheet dari 4 pertandingan

Sementara pada 2 laga yang lain, kiper asal Swiss itu dibangkucadangkan. Dortmund sendiri lolos ke fase gugur Liga Champions setelah finis di posisi pertama Grup F. Tim yang identik dengan warna kuning hitam itu mampu mengumpulkan 13 poin dari 6 laga. Di babak 16 besar, Dortmund akan berjumpa runner-up Grup E, yaitu Sevilla.

5. Anatoliy Trubin – Shakhtar Donetsk (3 Clean Sheet)

5 Kiper dengan Clean Sheet Terbanyak Liga Champions Musim IniTwitter/fcshakhtar_eng

Namanya mungkin tak setenar pemain lain di daftar ini. Namun, kualitas Anatoliy Trubin tak perlu diragukan lagi di ajang Liga Champions musim ini. Bersama Shakhtar Donetsk, kiper berusia 19 tahun ini mampu tampil apik sepanjang fase grup. Ia berhasil mencatatkan 3 clean sheet dari 5 pertandingan.

Bahkan, ia mampu mengantarkan timnya menang 2 kali melawan Real Madrid di pertandingan pertama dan kelima fase grup. Performa apiknya itu langsung membuat nama kiper muda itu semakin melambung. Sayangnya, penampilan apik kiper asal Ukraina itu belum mampu mengantarkan timnya lolos ke babak 16 besar. Shakhtar Donetsk memiliki poin yang sama dengan Borussia Monchengladbach di posisi kedua. Namun, Shakhtar harus mengubur impiannya melangkah lebih jauh di Liga Champions karena kalah head to head.

Kegagalan Anatoliy Trubin mengantarkan timnya lolos ke fase gugur Liga Champions membuat catatan dirinya terhenti sampai di fase grup.  Dari keempat kiper yang lolos, akankah ada yang mampu mengantarkan klubnya menjadi juara Liga Champions musim ini?

Baca Juga: Rekor Buruk Real Madrid Saat Kalah dari Shakhtar Donetsk

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya