Comscore Tracker

Dari Son Heung Min Hingga Hiroki Sakai, 5 Pemain Asia Terbaik Saat Ini

Ada dua pemain Jepang!

Piala Dunia 2002 yang diadakan di Jepang dan Korea Selatan memang menjadi momentum bagi para pesepak bola Asia. Sejak itu, klub-klub di Eropa menyadari bahwa Asia memiliki sejumlah pemain berbakat yang bisa direkrut. Nama-nama seperti Shinji Kagawa, Park Chu-young, Keisuke Honda, hingga Shinji Okazaki menjadi beberapa pemain yang sukses berkarier di Eropa.

Namun, semua nama tersebut saat ini sudah tidak lagi sering kita dengar namanya. Kebanyakan dari mereka sudah pensiun atau pindah ke liga yang tidak berstatus liga top. Lalu, bagaimana kiprah para pemain Asia di Eropa saat ini? Berikut ulasannya!

Baca Juga: 10 Fakta dan Potret Aksi Son Heung Min, Pemain Kebanggaan Asia!

1. Son Heung Min (Tottenham Hotspur)

Dari Son Heung Min Hingga Hiroki Sakai, 5 Pemain Asia Terbaik Saat Inigoal.com

Son Heung Min bisa dibilang sebagai pesepak bola Asia terbaik saat ini. Pasalnya, pemain berusia 28 tahun itu tampil konsisten sepanjang musim ini bersama Tottenham Hotspur. Ia sukses membukukan 16 gol dan 10 assist di semua ajang. Untuk sementara, sang pemain berada di urutan kedua daftar top skor Premier League dengan catatan 12 gol.

Son juga berhasil memenangi medali emas di ajang Asian Games pada tahun 2018 lalu di Jakarta. Hal tersebut membuatnya bebas dari wajib militer di Korea Selatan. Sayangnya, Son belum berhasil membawa negaranya memenangi Piala Asia.

2. Takumi Minamino (Liverpool)

Dari Son Heung Min Hingga Hiroki Sakai, 5 Pemain Asia Terbaik Saat Inithisisanfield.com

Sejak bergabung dengan Liverpool, Takumi Minamino kesulitan untuk mendapatkan menit bermain yang lebih. Ia baru membukukan 4 gol dan 2 assist dari 31 pertandingan sejauh ini. Karena itu, ia memilih untuk dipinjamkan pada transfer musim dingin ini.

Pemain asal Jepang itu dipinjamkan oleh Liverpool ke Southampton hingga akhir musim. Meski demikian, Minamino masih memiliki kesempatan untuk menjadi pemain penting di Liverpool dalam beberapa tahun mendatang. Usia sang pemain juga masih cukup muda dan bisa berkembang menjadi lebih baik lagi.

3. Sardar Azmoun (Zenit Saint Petersburg)

Dari Son Heung Min Hingga Hiroki Sakai, 5 Pemain Asia Terbaik Saat Inigoal.com

Karena kehebatannya, Sardar Azmoun dijuluki sebagai Lionel Messi dari Iran. Ia sudah bermain di Eropa sejak tahun 2013 dan bergabung dengan klub Rusia, Rubin Kazan. Sejak saat itu, pemain berusia 26 tahun ini menjadi salah satu penyerang terbaik di liga teratas Rusia.

Setelah cukup lama membela Rubin Kazan, Azmoun memilih untuk melanjutkan karier dengan Zenit St. Petersburg pada Februari 2019 lalu. Di musim ini, ia sudah menciptakan 11 gol dan 5 assist dari 15 pertandingan di Russian Premier League.

4. Hwang Hee Chan (RB Leibzig)

Dari Son Heung Min Hingga Hiroki Sakai, 5 Pemain Asia Terbaik Saat Inisportbuzzer.de

Nama Hwang Hee Chan pertama kali meledak saat bermain untuk RB Salzburg di Liga Austria. Performa apiknya bersama Salzburg itu membuat ia direkrut oleh klub Jerman, RB Leipzig pada awal musim ini. Sayangnya, ia gagal menunjukkan kualitas terbaiknya sejauh ini.

Dari 9 pertandingan di semua ajang, Hee Chan baru menciptakan 1 gol dan 1 assist. Meski demikian, ia masih memiliki karier yang panjang karena usianya masih cukup muda.

5. Hiroki Sakai (Olympique de Marseille)

Dari Son Heung Min Hingga Hiroki Sakai, 5 Pemain Asia Terbaik Saat Inile10sport.com

Hiroki Sakai memulai perjalanannya di Eropa dengan bergabung bersama klub Jerman, Hannover 96. Pemain asal Jepang itu kemudian direkrut oleh Marseille dengan bebas transfer pada musim panas 2016. Meski usianya sudah 30 tahun, ia tetap menjadi andalan Marseille di posisi bek kanan hingga saat ini.

Musim ini, Sakai sudah menciptakan 1 gol dari 26 pertandingan di semua ajang. Ia juga ikut mengantarkan timnya bersaing di Liga Champions musim ini.

 

Walau masih tertinggal jauh dari Eropa dalam urusan sepak bola, secara kualitas para pemain Asia tidak kalah dari Eropa. Siapa pemain Asia favoritmu saat ini?

Baca Juga: 10 Pemain Olympique Marseille dengan Bayaran Termahal Musim 2020/2021

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya