Comscore Tracker

5 Pemain Terbaik Brasil yang Merumput di Premier League

Brasil tak pernah kehabisan talenta sepak bola hebat 

Brasil merupakan salah satu negara penghasil pemain sepak bola terbaik di dunia. Sudah banyak sekali pemain bintang yang lahir dari negara tersebut, mulai dari Pele, Ronaldo Nazario, Ronaldinho, hingga Neymar Jr. Pemain asal Brasil selalu dikenal memiliki bakat alami yang mengesankan. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika para pemain Brasil tersebar di semua kompetisi elite Eropa, termasuk Premier League.

Sejak era Premier League, sudah banyak sekali pemain asal Brasil yang bermain di kasta tertinggi Inggris. Beberapa di antaranya bahkan dianggap sebagai yang terbaik karena dedikasi serta performanya yang luar biasa.

Berikut ini lima pemain Brasil tersukses dalam sejarah Premier League.

1. Fernandinho (Manchester City) 

5 Pemain Terbaik Brasil yang Merumput di Premier Leaguepotret Fernandinho (dailymail.co.uk)

Fernandinho bisa dibilang sebagai salah satu gelandang bertahan terbaik di era modern. Selain mempunyai jangkauan umpan yang sangat baik, ia juga memiliki kemampuan membaca permainan yang apik. Musim ini menjadi tahun kedelapan Fernandinho membela Manchester City.

Selama waktunya itu, sang gelandang sukses memenangi tiga gelar Premier League, lima Piala Liga Inggris, dan satu Piala FA. Musim lalu Fernandinho bahkan berhasil mengantarkan timnya itu mencapai final Liga Champions. Sayangnya, Manchester City harus mengakui keunggulan Chelsea dengan skor 0-1.

2. Alisson Becker (Liverpool) 

5 Pemain Terbaik Brasil yang Merumput di Premier Leaguepotret Alisson Becker (skysports.com)

Alisson Becker merupakan salah satu penjaga gawang terbaik di kompetisi Inggris saat ini. Tidak hanya handal dalam menghalau tendangan-tendangan lawan, kiper berusia 28 tahun itu juga sangat lihai dalam mendistribusikan bola. Alisson sendiri didatangkan oleh Liverpool dari AS Roma pada tahun 2018.

Walau baru tiga musim membela The Reds, ia sudah meraih 4 gelar juara, yakni Premier League, Liga Champions, Piala Dunia Antar Klub, dan Piala Super Eropa. Torehan itu sangat mungkin bertambah mengingat Liverpool masih berada di performa terbaiknya pada musim ini.

Baca Juga: 7 Pemain Liga Inggris yang Pernah Bermain untuk Tujuh Klub atau Lebih

3. Ederson Moraes (Manchester City) 

5 Pemain Terbaik Brasil yang Merumput di Premier Leaguepotret Ederson Moraes (90min.com)

Ederson Moraes menjadi penjaga gawang Brasil berikutnya yang bermain di ajang Premier League. Kiper yang saat ini berusia 28 tahun itu digaet oleh Manchester City dari Benfica pada 2017. Kehadirannya langsung membuat lini pertahanan The Citizens sangat sulit dibobol.

Bahkan, Ederson sukses meraih penghargaan sarung tangan emas Premier League pada musim 2019/2020 karena kebobolan paling sedikit daripada kiper lain. Sejauh ini, sang pemain telah memenangi tiga gelar Premier League, empat Piala Liga Inggris, dan satu Piala FA bersama Manchester City.

4. Gilberto Silva (Arsenal) 

5 Pemain Terbaik Brasil yang Merumput di Premier Leaguepotret Gilberto Silva (90min.com)

Premier League menjadi satu-satunya kompetisi elit Eropa yang pernah dirasakan oleh Gilberto Silva. Pemain yang berposisi sebagai gelandang ini membela Arsenal selama enam musim dari tahun 2002 hingga 2008. Perannya yang sangat penting di lini tengah membuat The Gunners sukses meraih 'Invincibles' pada musim 2003/2004.

Di musim itu, Silva sukses menciptakan 4 gol serta 3 assist. Sedangkan secara keseluruhan, ia mampu membukukan 24 gol dan 13 assist dari 243 pertandingan di semua kompetisi bersama Arsenal. Selain satu gelar Premier League, Silva juga berhasil memenangi dua Piala FA dan dua Community Shield.

5. Roberto Firmino (Liverpool) 

5 Pemain Terbaik Brasil yang Merumput di Premier Leaguepotret Roberto Firmino (90min.com)

Keberhasilan Liverpool dalam meraih sejumlah gelar bergengsi di beberapa musim terakhir tentu tidak lepas dari pengaruh besar Roberto Firmino. Gaya bermain yang inovatif membuat ia berbeda dari para penyerang lain. Walau performanya cukup mengkhawatirkan dalam satu musim terakhir, Firmino tetap menjadi salah satu sosok terpenting di Anfield.

Sejauh ini penyerang berusia 29 tahun itu telah mengoleksi 88 gol dan 69 assist dari 295 pertandingan di semua kompetisi. Kontrak Firmino bersama Liverpool akan berakhir pada tahun 2023 mendatang. Jika mampu memberikan kontribusi besar di musim ini, tidak menutup kemungkinan ia bakal diberi perpanjangan kontrak oleh manajemen.

Itulah lima pemain Brasil tersukses yang pernah berkarier di kompetisi Premier League. Dari lima pemain tersebut, adakah pemain idolamu?

Baca Juga: 5 Pemain Senegal dengan Gol Terbanyak di Premier League

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya