5 Pemain Cadangan yang Diuntungkan dari Pergelaran Piala Afrika 2021

Mereka mendapatkan menit bermain lebih

Turnamen Piala Afrika 2021 sudah berada di depan mata. Ajang tersebut akan dilaksanakan pada 9 Januari hingga 6 Februari 2022 dan diikuti oleh 24 negara. Tim-tim Premier League tentu akan merasa dirugikan dengan adanya Piala Afrika. Pasalnya, mereka harus melepas para pemain andalannya untuk mengikuti turnamen itu.

Namun, di samping itu, ajang Piala Afrika justru menjadi berkah tersendiri untuk sejumlah pemain yang sering menghuni bangku cadangan. Sebab, mereka dapat menggantikan peran rekan setimnya yang mengikuti Piala Afrika. Berikut ini lima pemain Premier League yang sangat diuntungkan dari turnamen Piala Afrika 2021.

1. Ainsley Maitland-Niles (Arsenal) 

5 Pemain Cadangan yang Diuntungkan dari Pergelaran Piala Afrika 2021Ainsley Maitland-Niles (skysports.com)

Selama Piala Afrika 2021 bergulir, Arsenal akan kehilangan dua gelandangnya, yakni Thomas Partey (Ghana) dan Mohamed Elneny (Mesir). Meski begitu, hal tersebut sepertinya tidak terlalu menjadi masalah besar bagi Arsenal. Pasalnya, Mikel Arteta masih memiliki sejumlah gelandang mumpuni.

Salah satu nama yang diprediksi bisa mengisi kekosongan lini tengah Arsenal adalah Ainsley Maitland-Niles. Sejauh ini gelandang berusia 24 tahun itu lebih sering dimasukkan oleh Arteta sebagai pemain pengganti. Dari 11 pertandingan yang telah dilalui, ia baru menjadi starter sebanyak empat kali.

2. Divock Origi (Liverpool) 

5 Pemain Cadangan yang Diuntungkan dari Pergelaran Piala Afrika 2021Divock Origi (liverpoolfc.com)

Divock Origi sudah menjadi bagian dari Liverpool sejak tahun 2014. Sayangnya, selama waktunya itu, sang penyerang belum pernah menjadi pilihan utama di lini depan. The Reds sendiri akan kehilangan dua penyerang hebatnya pada ajang Piala Afrika 2021, yakni Mohamed Salah (Mesir) dan Sadio Mane (Senegal).

Kepergian kedua pemain itu hampir dipastikan bakal membuat Origi lebih sering bermain di atas lapangan. Musim ini Origi sebenarnya sudah tampil apik dengan sukses mengoleksi 5 gol dan 2 assist dari 10 pertandingan di semua kompetisi.

Baca Juga: 6 Pemain Paris Saint-Germain Saat Ini yang Pernah Membela Real Madrid

3. Kepa Arrizabalaga (Chelsea) 

5 Pemain Cadangan yang Diuntungkan dari Pergelaran Piala Afrika 2021Kepa Arrizabalaga (planetfootball.com)

Sejauh ini Edouard Mendy tampil sangat impresif di bawah mistar gawang Chelsea. Akan tetapi, sang penjaga gawang akan membela tim nasional Senegal di turnamen Piala Afrika 2021. Walau begitu, Thomas Tuchel sejatinya tak perlu khawatir dengan kepergian Mendy.

Pasalnya, klub masih memiliki kiper berkualitas lainnya dalam diri Kepa Arrizabalaga. Musim ini kiper asal Spanyol itu memang lebih sering duduk di bangku cadangan. Tapi, ketika diberi kepercayaan untuk tampil, ia mampu bermain cukup bagus sejauh ini.

4. Kiernan Dewsbury-Hall (Leicester) 

5 Pemain Cadangan yang Diuntungkan dari Pergelaran Piala Afrika 2021Kiernan Dewsbury-Hall (foxesofleicester.com)

Kiernan Dewsbury-Hall merupakan pemain lulusan akademi Leicester City. Sempat dipinjamkan ke beberapa klub, pemain berusia 23 tahun itu akhirnya bisa masuk skuad utama Leicester pada musim ini. Sayangnya, ia belum mendapatkan kesempatan bermain secara reguler di tim inti.

Dewsbury-Hall memang sudah tampil sebanyak tujuh kali di kompetisi Premier League musim ini, tapi ia lebih sering dimasukkan sebagai pemain pengganti. Pergelaran Piala Afrika 2021 mungkin mengubah nasib sang pemain. Sebab, Brendan Rodgers akan kehilangan Wilfred Ndidi (Nigeria) dan Nampalys Mendy (Senegal) di lini tengah.

5. Matej Vydra (Burnley) 

5 Pemain Cadangan yang Diuntungkan dari Pergelaran Piala Afrika 2021Matej Vydra (skysports.com)

Matej Vydra merupakan salah satu pemain senior di skuad Burnley musim ini. Pemain yang berposisi sebagai penyerang itu bukanlah pilihan utama Sean Dyche di lini depan. Walau begitu, ia tercatat sudah tampil sebanyak 13 kali di Premier League. Akan tetapi, Vydra sebagian besar hanya main dari bangku cadangan.

Dengan bergabungnya Maxwell Cornet ke tim nasional Pantai Gading dalam ajang Piala Afrika, Vydra jelas bakal diandalkan untuk menjadi juru gedor tim. Sejauh ini sang pemain baru mencetak 1 gol dan 1 assist di kasta tertinggi Inggris.

Itulah lima pemain Premier League yang diuntungkan dari adanya turnamen Piala Afrika 2021. Jika mampu tampil apik sepanjang pergelaran Piala Afrika, bukan tidak mungkin kelima pemain itu bakal terus diandalkan hingga akhir musim.

Baca Juga: 5 Perbedaan Mencolok dari Sepak Bola di Amerika Serikat dan di Eropa

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya