5 Pemain Paling Sering Gagal Mengeksekusi Penalti pada Abad 21

Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi paling banyak, lho! 

Mengeksekusi tendang penalti memang terlihat sangat mudah, tetapi kenyataannya tidak begitu. Untuk bisa mencetak gol di titik putih, pemain harus memiliki mental yang kuat dan teknik yang bagus.

Beberapa pemain bintang yang jago mengeksekusi penalti bahkan pernah gagal. Seperti deretan di bawah ini yang banyak gagal mencetak gol melalui tendangan penalti.

1. Lionel Messi (29 kali)

5 Pemain Paling Sering Gagal Mengeksekusi Penalti pada Abad 21Lionel Messi (skysports.com)

Pria asal Argentina itu merupakan salah satu pemain terbaik di dunia saat ini. Lionel Messi bahkan berhasil memenangi penghargaan Ballon d’Or ketujuh pada 2021 ini. Sepanjang kariernya, Messi sudah mencetak ratusan gol ke gawang lawannya.

Tidak sedikit  golnya itu datang dari tendangan penalti. Namun, seperti halnya pemain lain, pria berusia 34 tahun itu juga sempat beberapa kali gagal mengeksekusi penalti. Dari 132 kali percobaan penalti, Messi gagal mencetak gol sebanyak 29 kali.

2. Cristiano Ronaldo (28 kali)

5 Pemain Paling Sering Gagal Mengeksekusi Penalti pada Abad 21Cristiano Ronaldo (manutd.com)

Insting mencetak gol Cristiano Ronaldo tentu tak perlu diragukan lagi. Pria berusia 36 tahun itu saat ini dikenal sebagai eksekutor tendangan penalti terbaik. Bersama Manchester United pada 2021/2022 ini, ia telah mencetak 13 gol di semua kompetisi.

Dari torehan itu, dua gol tercipta dari tendangan penalti. Meski begitu, CR7 bukanlah sosok pemain yang sempurna. Pasalnya, ia juga sempat 28 kali gagal mengeksekusi penalti.

Baca Juga: 5 Pemain yang Paling Banyak Gagal dalam Mengeksekusi Penalti Musim Ini

3. Francesco Totti (18 kali)

5 Pemain Paling Sering Gagal Mengeksekusi Penalti pada Abad 21Francesco Totti (beinsports.com)

Francesco Totti dikenal sebagai pemain sepak bola yang sangat setia. Bagaimana tidak, sepanjang kariernya ia hanya membela AS Roma. Selain dikenal sebagai sosok legendaris, ia juga dipuji karena memiliki kemampuan lebih dalam mengambil tendangan bola mati, termasuk penalti.

Walau begitu, ada kalanya Totti gagal mengeksekusi penalti. Pada abad 21, ia 18 kali gagal menjalankan tugasnya sebagai eksekutor penalti.

4. Zlatan Ibrahimovic (16 kali)

5 Pemain Paling Sering Gagal Mengeksekusi Penalti pada Abad 21Zlatan Ibrahimovic (skysports.com)

Zlatan Ibrahimovic secara umur memang sudah tidak lagi muda. Kendati begitu, pemain asal Swedia tersebut tetap tampil menjanjikan bersama AC Milan pada 2021/2022 ini. Dari 11 pertandingan di Serie A, ia berhasil menciptakan 7 gol dan 2 assist.

Walau dikenal sebagai sosok penyerang yang haus gol, tetapi Ibrahimovic sempat beberapa kali gagal dalam tendangan penalti. Dari 100 kesempatan tendangan penalti, ia tercatat gagal mengeksekusi sebanyak 16 kali.

5. Antonio Di Natale (14 kali)

5 Pemain Paling Sering Gagal Mengeksekusi Penalti pada Abad 21Antonio Di Natale (skysports.com)

Antonio Di Natale merupakan penyerang hebat asal Italia pada eranya. Pria kelahiran Napoli itu sebagian besar menghabiskan kariernya untuk Udinese. Bersama klub tersebut, sang penyerang berhasil menciptakan total 227 gol dan 66 assist dari 445 pertandingan di semua kompetisi.

Sejumlah golnya itu juga beberapa kali datang dari tendangan di titik putih. Pada abad 21, Di Natale mengeksekusi 55 kali tendangan penalti dan 14 di antaranya gagal menjadi gol.

Dari nama-nama di atas, tercatat hanya Messi, Ronaldo, dan Ibrahimovic yang berpotensi untuk menambah lagi torehan golnya dari titik penalti. Sebab, Totti dan Di Natale saat ini sudah gantung sepatu.

Baca Juga: 5 Pemain Top yang Pernah Gagal Adu Penalti di Final Turnamen Mayor

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya