Comscore Tracker

5 Pemain Tertua yang Masuk Nominasi Ballon d'Or 2021

Cristiano Ronaldo salah satunya 

France Football mengumumkan 30 pemain yang masuk dalam nominasi penghargaan Ballon d’Or 2021. Dalam daftar itu, sebenarnya tak banyak kejutan yang terjadi. Dua pesepak bola terbaik saat ini, Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo, juga masuk.

Di samping itu, terdapat beberapa kandidat muda dalam nominasi Ballon d’Or 2021, seperti Phil Foden, Kylian Mbappe, dan Pedri. Namun, ada juga sejumlah pesepak bola yang berusia lebih dari 34 tahun. Siapa saja para pemain veteran itu? Check this out!

1. Giorgio Chiellini (37 tahun 2 bulan)

5 Pemain Tertua yang Masuk Nominasi Ballon d'Or 2021Giorgio Chiellini (twitter.com/brfootball)

Giorgio Chiellini secara umur memang sudah tidak lagi muda, yakni 37 tahun 2 bulan. Namun, performa bek milik Juventus itu masih cukup baik sejauh ini. Ia bahkan memainkan peran penting saat membawa Tim Nasional Italia juara Piala Eropa 2020.

Chiellini juga tetap menjadi bagian terpenting Juventus musim ini. Buktinya, sang bek mendapatkan tawaran kontrak baru dari pihak manajemen hingga tahun 2023. Karena sukses mengantarkan negaranya juara Piala Eropa, tak mengherankan jika namanya masuk dalam daftar nominasi Ballon d’Or 2021.

2. Cristiano Ronaldo (36 tahun 8 bulan)

5 Pemain Tertua yang Masuk Nominasi Ballon d'Or 2021Cristiano Ronaldo (manutd.com)

Cristiano Ronaldo adalah pesepak bola yang sangat menyukai tantangan. Hal itu dibuktikan sang pemain dengan bermain di tiga kompetisi elite berbeda, yakni Premier League, La Liga, dan Serie A. Walau usianya saat ini tak lagi muda, tetapi kualitas permainan CR7 masih berada di level teratas.

Hal itulah yang membuat pemain asal Portugal tersebut tetap masuk dalam daftar nominasi Ballon d’Or tahun ini. Sejak 2007, Ronaldo tercatat hanya sekali gagal meraih podium tiga besar Ballon d’Or, yakni pada 2010. Jika berhasil meraih penghargaan Ballon d’Or tahun ini, itu artinya CR7 akan menyamai catatan Lionel Messi yang memperoleh enam trofi.

Baca Juga: 5 Pemain Paling Dijagokan di Nominasi Ballon d’Or 2021, Siapa Saja?

3. Luka Modric (36 tahun 1 bulan)

5 Pemain Tertua yang Masuk Nominasi Ballon d'Or 2021Luka Modric (twitter.com/realmadriden)

Luka Modric merupakan pemain yang berhasil meruntuhkan dominasi Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi di panggung Ballon d’Or. Pemain asal Kroasia ini meraih penghargaan Ballon d’Or pada 2018 lalu. Kini pemain berusia 36 tahun 1 bulan itu kembali masuk nominasi pada pergelaran tahun 2021.

Namun, kesempatannya untuk meraih kembali penghargaan itu sepertinya cukup berat. Pasalnya, ia gagal mempersembahkan gelar juara untuk klub dan negaranya musim lalu.

4. Luis Suarez (34 tahun 8 bulan)

5 Pemain Tertua yang Masuk Nominasi Ballon d'Or 2021Luis Suarez (twitter.com/atletienglish)

Setelah dibuang Barcelona, Luis Suarez ternyata masih tampil menjanjikan. Buktinya, ia berhasil membawa Atletico Madrid menjadi juara di kompetisi La Liga musim lalu. Catatan itu tentu saja sangat istimewa bagi Atletico Madrid karena memutus puasa trofi La Liga selama 7 musim.

Suarez sendiri mampu menciptakan 21 gol dan 3 assist musim lalu. Karena kontribusinya yang luar biasa itu, tak mengejutkan jika namanya berada dalam daftar nominasi Ballon d’Or 2021.

5. Leonardo Bonucci (34 tahun 5 bulan)

5 Pemain Tertua yang Masuk Nominasi Ballon d'Or 2021Leonardo Bonucci (twitter.com/juventusfc)

Sama seperti Giorgio Chiellini, Leonardo Bonucci juga menjadi sosok penting di balik kesuksesan Timnas Italia dalam memenangi Piala Eropa 2020. Ia bahkan sukses mencetak satu gol di pertandingan final melawan Inggris. Golnya itu sekaligus membuat laga dilanjutkan ke babak perpanjangan waktu dan tendangan adu penalti.

Jika tak ada Bonucci, barangkali gelar juara saat itu bakal dimenangkan oleh Timnas Inggris. Karena jasanya itu, Bonucci dinilai sangat pantas masuk dalam daftar 30 calon peraih Ballon d'Or 2021.

Itulah lima pemain tertua yang masuk dalam nominasi penghargaan Ballon d’Or tahun ini. Apakah salah satu dari mereka dapat meraihnya?

Baca Juga: 5 Pemain Termuda yang Masuk Nominasi Ballon d’Or 2021, Siapa Saja?

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya