Comscore Tracker

5 Alasan Mengapa Barcelona Sebaiknya Tidak Memecat Ronald Koeman

Koeman kabarnya akan dipecat oleh manajemen Barcelona

Beberapa media baru-baru ini menyebutkan bahwa Ronald Koeman bakal didepak dari kursi pelatih Barcelona. Walau begitu, kans pelatih asal Belanda ini untuk tetap bertahan di Camp Nou masih ada. Asalkan manajemen Blaugrana tidak mendapatkan sosok pelatih jempolan untuk menggantikan dirinya.

Namun, memilih jalan untuk memecat pelatih berusia 58 tahun ini juga bukan sebuah solusi. Oleh karena itu, ada baiknya Barcelona tetap memilih mempertahankan Koeman sebagai pelatih pada musim depan. Berikut ini lima alasan Barcelona sebaiknya tak memecat Koeman.

1. Memecat Ronald Koeman akan menyebabkan lebih banyak ketidakstabilan

5 Alasan Mengapa Barcelona Sebaiknya Tidak Memecat Ronald KoemanRonald Koeman. (dailytimes.com)

Jika Blaugrana memilih memecat mantan legendanya tersebut, itu artinya tim sudah melakukan pergantian pelatih sebanyak 3 kali hanya dalam 1,5 musim. Tentu saja hal tersebut akan semakin membuat Barcelona kurang stabil, baik secara tim maupun manajemen.

Oleh karena itu, tidak ada salahnya jika memilih mempertahankan sang pelatih selama satu musim lagi. Terlebih lagi, pria berusia 58 tahun ini terbilang cukup lumayan sukses dengan mempersembahkan gelar juara Copa del Rey pada musim ini.

2. Para pemain muda mengalami peningkatan 

5 Alasan Mengapa Barcelona Sebaiknya Tidak Memecat Ronald KoemanPedri dan Ansu Fati. (football-espana.net)

Di bawah asuhan pelatih asal Belanda itu, banyak sekali pemain muda yang berhasil unjuk gigi di tim utama. Hal tersebut tentu saja sangat positif bagi Barcelona. Salah satu pemain muda yang sangat moncer penampilannya adalah Pedri. Meski baru didatangkan pada awal musim ini, pemain berusia 18 tahun itu sudah berhasil menunjukkan performa impresifnya.

Bahkan, tidak sedikit yang menyebut Pedri sebagai The Next Iniesta. Musim ini Pedri sudah mengoleksi 4 gol dan 6 assist dari 52 pertandingan. Selain itu, Ansu Fati juga sempat tampil apik sebelum akhirnya mengalami cedera. Pemain asli akademi Barcelona itu sukses menciptakan 5 gol dan 4 assist dari 10 pertandingan.

Baca Juga: 10 Pemain Spanyol dengan Nilai Transfer Termahal Saat Ini, Ansu Fati?

3. Ronald Koeman hanya meneruskan komposisi pemain yang sudah ada 

5 Alasan Mengapa Barcelona Sebaiknya Tidak Memecat Ronald KoemanRonald Koeman. (eurosport.com)

Ketika datang ke Camp Nou, Ronald Koeman hanya meneruskan komposisi pemain yang sudah ada. Bahkan, keadaan tim manajemen pun sangatlah buruk hingga akhirnya sang presiden, Josep Maria Bartomeu, mengundurkan diri.

Kondisi tim juga tidak terlalu baik ketika awal ditangani pelatih asal Belanda itu. Pasalnya, Lionel Messi dan kolega sempat mengalami mental yang turun karena dibantai Bayern Munchen dengan skor 8-2 di Liga Champions.

4. Ronald Koeman menunjukkan kepeduliannya kepada Barcelona 

5 Alasan Mengapa Barcelona Sebaiknya Tidak Memecat Ronald KoemanRonald Koeman. (football-espana.net)

Sebagai mantan pemain sekaligus legenda Barcelona, Ronald Koeman tentu ingin membuat mantan klubnya itu menjadi lebih baik. Itulah sebabnya saat kesempatan tersebut tiba, ia rela meninggalkan jabatannya sebagai pelatih utama tim nasional Belanda. Bahkan, Koeman kabarnya rela membayar klausul pelepasannya dengan menggunakan uangnya sendiri.

Jika melihat hal tersebut, sudah jelas bahwa hati Koeman memang hanya untuk Barcelona. Kontrak Koeman sendiri masih tersisa di Camp Nou hingga tahun 2022. Tentunya terlalu cepat untuk memutuskan kualitas Koeman hanya dilihat dari waktu yang sangat singkat.

5. Ronald Koeman memiliki hubungan yang baik dengan Lionel Messi 

5 Alasan Mengapa Barcelona Sebaiknya Tidak Memecat Ronald KoemanRonald Koeman dan Lionel Messi. (goal.com)

Ronald Koeman kabarnya memiliki hubungan yang sangat baik dengan bintang Barcelona, Lionel Messi. Bahkan, menurut media Spanyol, Messi bukan salah satu pemain Barcelona yang ingin Koeman digantikan oleh Xavi Hernandez. Oleh karena itu, tidak ada alasan lagi bagi manajemen Barcelona untuk memecat Koeman.

Di sisi yang lain, Messi juga masih belum jelas masa depannya di Barcelona. Beberapa kabar menyebutkan bahwa pemain asal Argentina itu memang masih ingin melanjutkan kariernya di Camp Nou. Namun, jika Barcelona tidak sesuai keinginannya, ia bisa saja hengkang ke klub lain.

 

Setelah membaca lima poin tersebut, apakah kamu setuju Ronald Koeman bertahan di Barcelona pada musim depan?

Baca Juga: Cari Pengganti Koeman, Barcelona Ternyata Juga Kejar Klopp

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya