Comscore Tracker

5 Alasan Tim Nasional Portugal Bakal Menjadi Juara Piala Eropa 2020

Portugal diisi oleh banyak sekali pemain bintang

Tim nasional Portugal adalah salah satu kandidat terkuat dalam meraih gelar juara Piala Eropa 2020. Pasalnya, tim yang memiliki julukan Selecao das Quinas itu merupakan juara bertahan di turnamen tersebut. Selain itu, skuad Portugal juga diisi oleh banyak sekali pemain hebat dengan kualitas mumpuni, seperti Bruno Fernandes, Ruben Dias, hingga Cristiano Ronaldo.

Walau tergabung di grup neraka bersama Jerman dan Prancis, harapan Portugal untuk lolos sampai partai final cukup terbuka. Berikut ini lima alasan tim nasional Portugal akan juara di ajang antarnegara Eropa tersebut.

1. Portugal tampil konsisten dalam beberapa tahun terakhir

5 Alasan Tim Nasional Portugal Bakal Menjadi Juara Piala Eropa 2020Tim nasional Portugal juara Piala Eropa 2016. (skysports.com)

Portugal telah menjadi salah satu negara yang sangat dominan di ajang internasional dalam lima tahun terakhir. Pada Piala Eropa 2016, Portugal berhasil mengalahkan negara-negara hebat seperti Kroasia, Wales, dan Prancis untuk menjadi juara.

Walau di Piala Dunia 2018 hanya bertahan sampai babak 16 besar, setidaknya Cristiano Ronaldo dan kolega tetap memberikan perlawanan hebat terhadap lawan-lawannya. Berstatus sebagai juara bertahan, Portugal tentu memiliki tekad untuk bisa mempertahankan trofi Piala Eropa tahun ini.

2. Kualitas skuad yang merata

5 Alasan Tim Nasional Portugal Bakal Menjadi Juara Piala Eropa 2020Para pemain tim nasional Portugal. (as.com)

Saat ini tim nasional Portugal memiliki skuad dengan kualitas yang merata di setiap posisi. Misal di posisi winger, Portugal mempunyai sejumlah nama hebat, seperti Bernardo Silva, Diogo Jota, Pedro Goncalves, dan Goncalo Guedes. Belum lagi Cristiano Ronaldo yang bisa bermain di berbagai posisi lini depan.

Selain itu, tim asuhan Fernando Santos juga mempunyai skuad yang hebat di lini tengah. Bruno Fernandes, Joao Moutinho, Renato Sanches, hingga Danilo Pereira bisa digunakan bergantian. Sementara di lini pertahanan, Portugal memiliki banyak sekali bintang, seperti Joao Cancelo, Pepe, Ruben Dias, hingga Raphael Guerreiro.

Baca Juga: 5 Pemain Top Portugal yang Tak Dipanggil Timnas di Euro 2020

3. Kombinasi pemain senior dan muda 

5 Alasan Tim Nasional Portugal Bakal Menjadi Juara Piala Eropa 2020Joao Felix dan Cristiano Ronaldo saat membela tim nasional Portugal. (goal.com)

Pada ajang Piala Eropa 2020, tim nasional Portugal mengombinasikan pemain senior dan muda. Di lini pertahanan, misalnya, Ruben Dias (24) dapat bekerja sama dengan Pepe (38) atau Jose Fonte (37). Sementara di lini tengah, Joao Moutinho (34) bisa berkolaborasi dengan Renato Sanches (23).

Terakhir, di lini depan, Cristiano Ronaldo (36) dapat dipasangkan dengan pemain muda milik Atletico Madrid, Joao Felix (21). Selain itu, CR7 juga bisa dimainkan bersama Pedro Goncalves (22).

4. Banyak pemain bintang di lini tengah 

5 Alasan Tim Nasional Portugal Bakal Menjadi Juara Piala Eropa 2020Bruno Fernandes. (as.com)

Walau kompetisi Portugal bukan salah satu yang terbaik di Eropa, setidaknya pemain-pemain Portugal berhasil tampil cemerlang di sejumlah tim elite Eropa. Pada ajang Piala Eropa 2020, posisi lini tengah Portugal memang menjadi sorotan. Pasalnya, banyak sekali pemain-pemain bintang yang dipanggil oleh Fernando Santos.

Selain para pemain berpengalaman, Santos juga memanggil beberapa gelandang muda potensial. Hal tersebut dijamin bakal membuat pusing sang pelatih untuk memilih pemain inti di lini tengah.

5. Menduetkan Andre Silva dan Cristiano Ronaldo di lini depan 

5 Alasan Tim Nasional Portugal Bakal Menjadi Juara Piala Eropa 2020Andre Silva dan Cristiano Ronaldo. (Twitter/thecristianofan)

Kolaborasi Andre Silva dan Cristiano Ronaldo mungkin bisa menjadi andalan tim nasional Portugal dalam ajang Piala Eropa 2020. Pasalnya, kedua pemain itu sama-sama tampil cemerlang bersama klubnya di musim ini. Ronaldo berhasil keluar sebagai top skor Serie A dengan membukukan 29 gol.

Di sisi lain, Andre Silva mampu menjadi top skor Eintracht Frankfurt dengan koleksi 28 gol. Torehan itu membuat namanya berada di urutan kedua dalam daftar top skor Bundesliga di bawah Robert Lewandowski.

 

Dengan skuad yang hebat itu, mampukah Fernando Santos membawa Portugal kembali menjadi juara Piala Eropa?

Baca Juga: Menakar Kekuatan Timnas Portugal untuk Piala Eropa 2020

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya