5 Bek Sayap dengan Jumlah Assist Terbanyak di Kompetisi Top Eropa

Ada dua pemain yang sudah catatkan 11 assist

Pemain berposisi bek mungkin tidak terlalu mendapatkan banyak sorotan jika dibandingkan dengan pemain yang berposisi sebagai penyerang. Padahal, peran bek juga sama pentingnya dalam permainan sepak bola. Khusus bek sayap, mereka tidak hanya ditugaskan untuk menjaga pertahanan, tetapi para pemain yang beroperasi di lini tersebut juga dituntut untuk membantu serangan.

Karena tugas tersebut, tidak mengherankan jika banyak bek sayap yang menciptakan assist. Musim ini ada beberapa bek sayap yang sukses mencatatkan jumlah assist terbanyak di liga top Eropa. Lantas, siapa saja para bek sayap tersebut? Berikut ulasannya!

1. Raphael Guerreiro (Borussia Dortmund) – 11 assist 

5 Bek Sayap dengan Jumlah Assist Terbanyak di Kompetisi Top EropaRaphael Guerreiro. (bvbbuzz.com)

Raphael Guerreiro bisa dibilang sebagai salah satu bek yang paling diremehkan saat ini. Walau demikian, sang pemain diam-diam berhasil membuktikan kualitasnya bersama Borussia Dortmund. Pemain yang berposisi sebagai bek kiri ini sudah menciptakan 5 gol dan 11 assist dari 27 pertandingan di Bundesliga.

Catatan itu membuat Guerreiro menjadi bek dengan jumlah assist terbanyak di musim ini. Berkat performa yang impresif itu, pemain berusia 27 tahun ini dikaitkan dengan Real Madrid dan Barcelona. Selain bisa bermain di posisi bek kiri, ia juga dapat ditempatkan sebagai gelandang bertahan dan gelandang sayap.

2. Juan Cuadrado (Juventus) – 11 assist 

5 Bek Sayap dengan Jumlah Assist Terbanyak di Kompetisi Top EropaJuan Cuadrado. (football24.news)

Tahun ini mungkin menjadi musim paling buruk yang dialami oleh Juventus dalam satu dekade terakhir di Serie A. Pasalnya, Bianconeri untuk pertama kalinya gagal meraih Scudetto dalam 10 tahun terakhir. Semua itu tidak terlepas dari penampilan tim yang inkonsisten sepanjang musim ini.

Meski demikian, ada pemain yang selalu tampil apik sepanjang musim ini, yaitu Juan Cuadrado. Pemain asal Kolombia ini memang lebih sering dimainkan oleh Andrea Pirlo di posisi bek sayap kanan. Walau bukan posisi aslinya, ia mampu tampil mengesankan dengan menciptakan 2 gol dan 11 assist dari 29 pertandingan di Serie A.

Baca Juga: 6 Bek Sayap Terbaik Sepanjang Sejarah Sepak Bola, Ada Philipp Lahm!

3. Borna Sosa (Stuttgart) – 10 assist 

5 Bek Sayap dengan Jumlah Assist Terbanyak di Kompetisi Top EropaBorna Sosa. (bavarianfootballworks.com)

Nama Borna Sosa mungkin tidak terlalu familier bagi pencinta sepak bola Eropa. Maklum saja, sang pemain hanya membela klub papan tengah kompetisi Jerman, yaitu Stuttgart. Meski bermain dengan klub medioker, ia berhasil membuktikan kualitasnya sejauh ini.

Dari 25 pertandingan di Bundesliga, pemain yang beroperasi di posisi bek kiri ini sukses menciptakan 10 assist. Performa apik yang ditunjukkan oleh Sosa membuatnya diincar banyak klub elite Eropa. AS Roma dan Bayern Munchen kabarnya cukup tertarik dengan pemain berusia 23 tahun itu.

4. Christopher Trimmel (Union Berlin) – 9 assist 

5 Bek Sayap dengan Jumlah Assist Terbanyak di Kompetisi Top EropaChristopher Trimmel. (rbb24.de)

Christopher Trimmel adalah kapten dari klub Jerman, Union Berlin. Walau usianya sudah tidak lagi muda, 34 tahun, ia masih tampil cukup menjanjikan bersama klubnya di kompetisi Bundesliga. Buktinya, sang pemain berhasil mengoleksi 1 gol dan 9 assist dari 30 pertandingan.

Berkat dirinya, Union Berlin berhasil berada di posisi ketujuh saat ini dengan satu pertandingan sisa. Trimmel sendiri sudah bergabung dengan Union Berlin sejak musim panas 2014. Ketika itu ia didatangkan dengan gratis setelah kontraknya tidak diperpanjang oleh klub Austria, Rapid Vienna.

5. Lucas Digne (Everton) – 7 assist 

5 Bek Sayap dengan Jumlah Assist Terbanyak di Kompetisi Top EropaLucas Digne. (skysports.com)

Lucas Digne adalah salah satu pemain terpenting dalam skuad Everton pada musim ini. Pemain berusia 27 tahun itu selalu menjadi pilihan utama bagi Carlo Ancelotti di posisi bek kiri. Musim ini mantan pemain Barcelona itu sudah mengoleksi 7 assist dari 29 pertandingan di Premier League.

Bahkan, dalam beberapa kesempatan, Digne sudah dipercayai untuk menjadi kapten tim. Everton sendiri sempat tampil impresif pada awal musim. Akan tetapi, setelah tahun berganti, The Toffees sering kali kehilangan poin dan menderita kekalahan beberapa kali.

 

Untuk pemain yang beroperasi di lini belakang, catatan mereka tentu saja sangat membanggakan. Kira-kira, apakah mereka masih akan tetap tampil istimewa pada musim depan?

Baca Juga: 10 Potret Lucas Digne, Bek Kiri Andalan Everton yang Memesona

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya