5 Bintang yang Menolak Gabung ke Liga Arab Saudi

Uang ternyata bukan segalanya

Eksodus para pesepak bola top Eropa ke Saudi Pro League makin gencar pada musim panas 2023. Sejauh ini, nama-nama seperti Karim Benzema, N’Golo Kante, Ruben Neves, hingga Kalidou Koulibaly sudah dipastikan akan merumput di Saudi Pro League pada 2023/2024. Tawaran gaji tinggi menjadi penyebab utama mereka mau merantau ke Liga Arab Saudi.

Meski begitu, tidak semua pemain top terpincut dengan tawaran fantastis dari tim-tim Arab Saudi. Buktinya, ada sejumlah nama yang menolak bermain di sana. Lantas, siapa saja bintang yang menolak gabung ke Liga Arab Saudi?

1. Lionel Messi 

5 Bintang yang Menolak Gabung ke Liga Arab SaudiLionel Messi (instagram.com/leomessi)

Lionel Messi menjadi buah bibir setelah kompetisi 2022/2023 berakhir. Pasalnya, bintang asal Argentina itu memutuskan menolak perpanjangan kontrak dari Paris Saint-Germain. Kondisi itu membuat La Pulga didekati sejumlah tim, termasuk klub Arab Saudi, Al-Hilal.

Al-Hilal langsung memberikan tawaran yang menggiurkan kepada mantan pemain Barcelona tersebut. Mereka memberikan kontrak senilai 1 miliar pound sterling atau Rp19 triliun. Nominal itu akan membuat Messi menjadi pesepak bola dengan gaji termahal dalam sejarah sepak bola. Namun, sang pemain justru menolak tawaran tersebut dan memilih bergabung dengan Inter Miami di Major League Soccer (MLS). Menurut beberapa laporan, ia lebih memilih Inter Miami lantaran faktor keluarga dan ingin hidup nyaman.

2. Luka Modric 

5 Bintang yang Menolak Gabung ke Liga Arab SaudiLuka Modric (twitter.com/lukamodric10)

Luka Modric juga sempat mendapatkan tawaran dari Al-Hilal. Pemenang Ballon d’Or 2018 ini kabarnya ditawari kontrak senilai 171 juta pound sterling atau Rp3,2 triliun selama 3 musim, nominal yang sebenarnya menarik bagi pemain berusia 37 tahun itu. Namun, Modric pada akhirnya menolak tawaran tersebut.

Bintang asal Kroasia memilih untuk melanjutkan kariernya bersama Real Madrid. Ia telah meneken kontrak selama 1 tahun di Santiago Bernabeu. Modric mengambil keputusan itu karena terlanjur nyaman menetap di Madrid.

Baca Juga: Transfer Resmi Liga Arab 2023, Ada Bintang dari Liga Eropa

3. Sergio Busquets 

5 Bintang yang Menolak Gabung ke Liga Arab SaudiSergio Busquets (twitter.com/FCBarcelona)

Kisah manis Sergio Busquets dan Barcelona berakhir pada 2023. Gelandang asal Spanyol ini memutuskan tidak melanjutkan kariernya di Camp Nou setelah kontraknya berakhir. Bersama Barcelona, ia berhasil mencatatkan 722 pertandingan dan memenangi berbagai gelar bergengsi.

Busquets kabarnya sempat didekati sejumlah klub Liga Arab Saudi. Namun, ia tidak tertarik untuk melanjutkan perjalanannya ke Asia. Pria berusia 34 tahun itu lebih memilih bergabung dengan Inter Miami. Busquets akan reuni dengan Lionel Messi di sana.

4. Romelu Lukaku 

5 Bintang yang Menolak Gabung ke Liga Arab SaudiRomelu Lukaku (twitter.com/Inter)

Al-Hilal tidak menyerah mendatangkan bintang-bintang top Eropa pada bursa transfer kali ini. Setelah menggoda Lionel Messi dan Luka Modric, klub asal Riyadh tersebut juga mendekati Romelu Lukaku. Striker asal Belgia itu kabarnya ditawari kontrak senilai 21 juta pound sterling atau Rp400 miliar per tahunnya.

Lukaku menolak tawaran yang menggiurkan tersebut. Ia menegaskan masih ingin berkarier di kompetisi Eropa pada 2023/2024. Kabarnya, pemain berusia 30 tahun itu lebih memilih pindah permanen ke Inter Milan daripada melanjutkan karier bersama Chelsea.

5. Olivier Giroud 

5 Bintang yang Menolak Gabung ke Liga Arab SaudiOlivier Giroud (twitter.com/acmilan)

Menurut pakar transfer Nicolo Schira, Olivier Giroud juga didekati beberapa tim Saudi Pro League. Namun, Schira tidak menyebut klub mana saja yang berminat dengan jasa mantan pemain Arsenal tersebut. Meski begitu, Giroud telah menolak tawaran yang datang.

Ia masih ingin terus bermain di kasta tertinggi liga Eropa meski usianya sudah menginjak 36 tahun. Pada 2022/2023 lalu, striker asal Prancis ini sendiri tampil cukup tajam bersama AC Milan. Ia berhasil mencetak 18 gol dan 7 assist dari 47 pertandingan di semua kompetisi.

Bagi Lionel Messi hingga Olivier Giroud, uang bukan segalanya. Memilih bermain di tempat lain ternyata membuat mereka jauh lebih bahagia. Para pemain ini tentu memiliki banyak pertimbangan sampai menolak tawaran fantastis dari klub-klub Arab Saudi.

Baca Juga: Soal Eksodus Pemain ke Liga Arab Saudi, Lewandowski Tak Mau Latah

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya