5 Catatan Saat Villarreal Singkirkan Bayern Munich di Liga Champions

Semifinal Liga Champions pertama bagi Unai Emery 

Villarreal secara mengejutkan menyingkirkan Bayern Munich di Liga Champions Eropa 2021/2022. Itu terjadi setelah mereka menahan imbang lawan dengan skor 1-1 pada leg kedua babak perempat final di Allianz Arena, Rabu (13/4/2022) dini hari WIB. Dalam laga tersebut, gol masing-masing tercipta berkat Samuel Chukwueze dan Robert Lewandowski.

Secara agregat, The Yellow Submarine unggul dengan skor 2-1 atas Die Roten. Keberhasilan Villarreal lolos ke babak semifinal Liga Champions ini mampu menorehkan sejumlah catatan menarik.

1. Villarreal lolos ke semifinal Liga Champions untuk kedua kalinya 

5 Catatan Saat Villarreal Singkirkan Bayern Munich di Liga ChampionsKegembiraan para pemain Villarreal setelah berhasil menyingkirkan Bayern Munich di Liga Champions 2021/2022. (twitter.com/ChampionsLeague)

Villarreal berhasil lolos ke semifinal Liga Champions untuk kedua kalinya sepanjang sejarah. Klub asal Spanyol tersebut pertama kali lolos ke babak semifinal pada 2005/2006.

Villarreal saat itu masih diperkuat para pemain seperti Diego Forlan dan Juan Roman Riquelme. Sayangnya, mereka tidak mampu melaju ke babak final karena harus mengakui kekalahan dari Arsenal dengan agregat 0-1.

2. Semifinal Liga Champions pertama untuk Unai Emery 

5 Catatan Saat Villarreal Singkirkan Bayern Munich di Liga ChampionsUnai Emery (twitter.com/OptaJean)

Kepala Pelatih Villarreal, Unai Emery, juga menorehkan catatan impresif. Pria berusia 50 tahun itu berhasil membawa klub asuhannya lolos ke babak semifinal Liga Champions untuk pertama kali.

Emery membuat catatan itu saat melatih tim medioker. Sementara itu, ketika menangani Sevilla, Paris Saint-Germain, hingga Arsenal, timnya hanya mampu melaju hingga babak enam belas besar.

Baca Juga: 5 Rekrutan Awal Unai Emery saat Menangani Arsenal, Masih Bertahan?

3. Villarreal belum terkalahkan pada babak gugur bersama Unai Emery

5 Catatan Saat Villarreal Singkirkan Bayern Munich di Liga ChampionsUnai Emery (twitter.com/Squawka)

Sejak Unai Emery melatih Villarreal, mereka tampil solid. Klub berjuluk The Yellow Submarine tersebut bahkan tidak terkalahkan dalam tiga belas pertandingan terakhir pada fase gugur Liga Champions atau Liga Europa. Villarreal meraih 9 kemenangan dan 4 imbang.

Untuk klub papan tengah LaLiga, torehan tersebut sangat membanggakan. Para pendukung Villarreal tentu berharap magis Emery kembali berlanjut pada semifinal mendatang.

4. Robert Lewandowski gagal memecahkan rekor Cristiano Ronaldo 

5 Catatan Saat Villarreal Singkirkan Bayern Munich di Liga ChampionsRobert Lewandowski (twitter.com/ChampionsLeague)

Robert Lewandowski mencetak gol ke gawang Villarreal dini hari tadi pada menit ke-52. Tambahan satu gol itu membuatnya mengoleksi tiga belas gol di Liga Champions 2021/2022. Catatan tersebut membuat namanya masuk ke dalam jajaran gol terbanyak yang diciptakan seorang pemain dalam satu musim.

Sayangnya, penyerang asal Polandia itu tidak bisa memecahkan rekor gol Cristiano Ronaldo (tujuh belas gol). Pasalnya, langkah Bayern Munich harus terhenti pada babak perempat final musim ini.

5. Villarreal hanya membuat satu tembakan tepat sasaran 

5 Catatan Saat Villarreal Singkirkan Bayern Munich di Liga ChampionsAksi Leroy Sane dan Francis Coquelin saat pertandingan Bayern Munich melawan Villarreal di Liga Champions 2021/2022. (twitter.com/ChampionsLeague)

Bayern Munich tampil dominan saat menghadapi Villarreal di Allianz Arena. Bahkan, klub asal Jerman tersebut berhasil unggul 1-0 hingga menit ke-87. Sayangnya, petaka bagi Die Roten datang pada menit ke-88.

Lewat serangan balik cepat, Samuel Chukwueze yang menerima umpan dari Gerard Moreno berhasil membobol gawang Manuel Neuer. Selama 90 menit, gol Chukwueze ternyata menjadi satu-satunya tembakan tepat sasaran bagi Villarreal dalam empat percobaan.

Villarreal pun unggul agregat 2-1 karena menang 1-0 pada leg pertama. Dengan hasil tersebut, mereka berhak melaju ke babak semifinal untuk berjumpa dengan pemenang duel antara Benfica dan Liverpool.

Baca Juga: 5 Pemain Muslim Bayern Munich dan Borussia Dortmund, Nomor 3 Wonderkid

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya