5 Fakta Menarik Kemenangan Napoli Atas Liverpool, Hujan Gol!

Giovanni Simeone hanya butuh 186 detik cetak gol perdana

Liverpool mengawali UEFA Champions League (UCL) 2022/2023 dengan performa yang buruk. Bertandang ke markas Napoli di Stadio Diego Armando Maradona, Kamis (8/9/2022) dini hari WIB, tim asuhan Jurgen Klopp itu menyerah dengan skor 1-4.

Piotr Zielinski menjadi bintang dalam pertandingan itu dengan memborong dua gol, sedangkan dua gol lain masing-masing dicetak oleh Andre-Frank Zambo Anguissa dan Giovanni Simeone. Gol tunggal The Reds dibukukan oleh Luis Diaz.

Tidak hanya menghasilkan hujan gol, pertandingan Liga Champions antara Napoli melawan Liverpool ini juga menghasilkan beberapa fakta menarik. Berikut ulasan selengkapnya.

1. Piotr Zielinski dinobatkan sebagai Man of the Match 

5 Fakta Menarik Kemenangan Napoli Atas Liverpool, Hujan Gol!Piotr Zielinski dinobatkan sebagai Man of the Match dalam pertandingan melawan Liverpool pada matchday pertama Liga Champions 2022/2023. (twitter.com/sscnapoli)

Piotr Zielinski memang layak dinobatkan sebagai Man of the Match dalam pertandingan dini hari tadi. Selain mencetak dua gol, pemain asal Polandia itu juga berhasil menorehkan satu assist dalam gol Andre-Frank Zambo Anguissa.

Menariknya, Zielinski telah mencetak dua dari tiga gol tercepat Napoli di UCL. Ia berhasil mencetak gol pada menit kelima saat melawan Liverpool. Sementara itu, sang pemain sukses membukukan gol pada menit kedua ketika menghadapi Feyenoord pada 6 Desember 2017.

2. Giovanni Simeone hanya butuh 186 detik untuk cetak gol perdana 

5 Fakta Menarik Kemenangan Napoli Atas Liverpool, Hujan Gol!Giovanni Simeone (twitter.com/ChampionsLeague)

Giovanni Simeone memulai pertandingan dari bangku cadangan saat berjumpa Liverpool. Ia baru dimasukkan oleh Luciano Spalletti pada menit ke-41 menggantikan Victor Osimhen yang mengalami cedera.

Hanya berselang 186 detik, Simeone langsung berhasil mencetak gol bagi Napoli. Itu merupakan gol perdana sang pemain di UCL. Simeone mencetak gol debut saat umurnya 25 tahun 361 hari.

Torehan itu menyamai catatan ayahnya, Diego Simeone, yang juga mencetak gol pada pertandingan debut UCL. Diego Simeone membukukan dua gol ketika menghadapi FC Steaua București pada tahun 1996.

Baca Juga: 5 Klub Italia Paling Sering Dihadapi Liverpool di UCL, Ada Napoli!

3. André Zambo Anguissa juga berhasil mencetak gol debut di UCL 

5 Fakta Menarik Kemenangan Napoli Atas Liverpool, Hujan Gol!Giovanni Simeone dan André Zambo Anguissa (twitter.com/sscnapoli)

Pertandingan melawan Liverpool sepertinya tidak akan mudah untuk dilupakan oleh André Zambo Anguissa. Sebab, pemain asal Kamerun itu berhasil mencetak gol perdananya dalam pertandingan debut di UCL. Ia membukukan gol tersebut pada menit ke-31.

Anguissa sendiri memang tampil solid sepanjang pertandingan melawan Liverpool. Selain mencetak gol, ia juga mampu mencatatkan 7 tekel bersih, 5 intersep, 2 peluang, dan 13 ball recovery.

4. Napoli menjadi mimpi buruk Liverpool 

5 Fakta Menarik Kemenangan Napoli Atas Liverpool, Hujan Gol!Kegembiraan para pemain Napoli setelah berhasil mengalahkan Liverpool pada matchday pertama Liga Champions 2022/2023 (twitter.com/sscnapoli)

Kekalahan dari Napoli dini hari tadi membuat Liverpool menorehkan hal negatif. The Reds tercatat sudah menderita 2 kekalahan dalam 13 pertandingan pembuka babak fase grup UCL.

Menariknya, dua kekalahan itu didapatkan Liverpool dari klub yang sama, Napoli. Kekalahan pertama juga terjadi di Stadio Diego Armando Maradona dengan skor 0-2 pada musim 2019/2020. Dejavu!

5. Napoli sejajar dengan AS Roma 

5 Fakta Menarik Kemenangan Napoli Atas Liverpool, Hujan Gol!Aksi Khvicha Kvaratskhelia (kanan) dalam pertandingan Napoli melawan Liverpool pada matchday pertama Liga Champions 2022/2023 (twitter.com/sscnapoli)

Napoli menjadi klub Italia kedua yang mampu membobol gawang Liverpool sebanyak empat kali dalam satu pertandingan UCL. Sebelumnya, AS Roma juga melakukan hal serupa pada Mei 2018.

Ketika itu, AS Roma menang atas wakil Inggris tersebut dengan skor 4-2 pada babak semifinal UCL 2017/2018. Meski kalah dari AS Roma, Liverpool ketika itu tetap berhak lolos ke partai final dengan keunggulan agregat 7-6.

 

Kemenangan atas Liverpool tentu menjadi modal yang sangat berharga bagi Napoli untuk menatap pertandingan berikutnya. Pada matchday kedua Grup A, Napoli akan berjumpa dengan Rangers, sedangkan Liverpool melawan Ajax.

Baca Juga: 5 Catatan Kemenangan Besar Napoli vs Liverpool di UCL 2022/2023

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya