Comscore Tracker

5 Gelandang Terbaik Chelsea Sepanjang Sejarah, Fabregas hingga Lampard

Mereka sukses mempersembahkan banyak gelar untuk Chelsea

Chelsea merupakan salah satu klub terbaik dan terbesar di Premier League. Sejak diakuisisi oleh taipan asal Rusia, Roman Abramovich, tim berjuluk The Blues itu mulai sering mendatangkan para pemain bintang.

Dari sekian posisi, gelandang menjadi salah satu posisi yang cukup sering direkrut oleh Chelsea. Sejumlah nama bahkan sukses mempersembahkan banyak gelar bagi klub asal London itu. Berikut ini lima gelandang terbaik The Blues sepanjang sejarah.

1. Cesc Fabregas 

5 Gelandang Terbaik Chelsea Sepanjang Sejarah, Fabregas hingga LampardCesc Fabregas (bleacherreport.com)

Nama Cesc Fabregas pertama kali mencuat ketika bermain bersama Arsenal. Sempat hengkang ke Barcelona, gelandang asal Spanyol itu kemudian melanjutkan kariernya di Stamford Bridge pada musim panas 2014.

Ia bermain untuk The Blues selama lima musim hingga tahun 2019. Selama waktunya itu, sang pemain berhasil menciptakan 22 gol dan 57 assists dari 198 pertandingan. Capaian terbaik Fabregas tercipta pada musim 2014/2015, di mana ia sukses membukukan 18 assist di kompetisi Premier League.

Total lima gelar berhasil diraih sang pemain selama berseragam Chelsea, termasuk dua trofi Premier League. Kini, pemain yang berusia 34 tahun itu bermain untuk klub Prancis, AS Monaco.

2. Claude Makelele 

5 Gelandang Terbaik Chelsea Sepanjang Sejarah, Fabregas hingga LampardClaude Makelele (givemesport.com)

Claude Makelele bisa dibilang sebagai salah satu gelandang bertahan terbaik di Premier League era modern. Pemain asal Prancis ini bergabung dengan The Blues pada musim panas 2003, setelah didatangkan dari Real Madrid.

Di bawah asuhan Jose Mourinho saat itu, ia menjelma menjadi gelandang paling konsisten penampilannya. Selama lima musim membela Chelsea, Makelele berhasil bermain sebanyak 217 pertandingan dan menciptakan 2 gol serta 6 assists.

Enam gelar juara berhasil dipersembahkan oleh sang pemain selama berseragam The Blues. Setelah meraih semuanya bersama Chelsea, Makelele melanjutkan kariernya bersama Paris Saint-Germain pada musim panas 2008.

Baca Juga: 5 Pemain Jebolan Akademi Chelsea yang Bersinar Bersama Frank Lampard

3. N'Golo Kante 

5 Gelandang Terbaik Chelsea Sepanjang Sejarah, Fabregas hingga LampardN'Golo Kante (90min.com)

Performa impresif yang ditunjukkan N'Golo Kante bersama Leicester City membuat The Blues jatuh hati dan merekrutnya pada musim panas 2016. Ketika itu, gelandang asal Prancis ini diboyong dengan harga sebesar 35,8 juta euro atau setara dengan Rp615 miliar.

Tak butuh waktu lama bagi sang pemain untuk menjadi pemain reguler di Stamford Bridge. Sebab, ia langsung bisa menyatu dengan permainan Chelsea. Meski dikenal sebagai sosok yang murah senyum, tapi Kante adalah individu yang tidak kenal kompromi di atas lapangan.

Sejauh ini, pemain berusia 30 tahun tersebut sudah tampil sebanyak 216 pertandingan dan membukukan 11 gol serta 10 assists. Kante juga sempat meraih penghargaan pemain terbaik Chelsea pada tahun 2018.

4. Michael Essien 

5 Gelandang Terbaik Chelsea Sepanjang Sejarah, Fabregas hingga LampardMichael Essien (goal.com)

Michael Essien adalah gelandang box-to-box yang dikenal gesit, kuat, dan memiliki tendangan yang kencang. Pemain internasional Ghana ini bergabung dengan The Blues pada musim panas 2005.

Total hampir satu dekade Essien berseragam Chelsea hingga tahun 2014. Selama bermain di Stamford Bridge, ia mampu bermain sebanyak 256 pertandingan di berbagai ajang.

Dari seluruh pertandingan itu, Essien berhasil mencetak 25 gol dan 18 assists. Salah satu gol terbaik sang pemain tercipta ketika melawan Arsenal pada musim 2006/2007. Saat itu, gol Essien berhasil menyelamatkan Chelsea terhindar dari kekalahan dengan skor akhir 1-1.

Gol tersebut juga sempat membuat dirinya dinobatkan sebagai gol terbaik di musim itu. Delapan gelar juara berhasil dipersembahkan Essien untuk para pendukung Chelsea.

5. Frank Lampard 

5 Gelandang Terbaik Chelsea Sepanjang Sejarah, Fabregas hingga LampardFrank Lampard (espn.com)

Frank Lampard tak perlu diragukan lagi sebagai salah satu pemain terbaik dalam sejarah Chelsea. Sang gelandang bergabung dengan The Blues dari West Ham United pada musim panas 2001.

Walau beroperasi sebagai gelandang, Lampard sukses menciptakan banyak gol selama waktunya di Stamford Bridge. Dari 648 pertandingan, Lampard berhasil membukukan 211 gol dan 150 assists.

Selama 13 musim berseragam Chelsea, ia mampu memenangi total 13 gelar juara, termasuk trofi Liga Champions musim 2011/2012. Lampard kemudian meninggalkan The Blues pada musim panas 2014 dengan bergabung bersama klub Amerika Serikat, New York City FC.

 

Itulah lima gelandang terbaik dalam sejarah Chelsea. Kini tinggal menyisakan N’Golo Kante yang masih aktif bermain untuk The Blues. Siapa gelandang idolamu?

Baca Juga: 7 Pemain yang Direkrut Frank Lampard Selama Melatih Chelsea, Boros?

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya