5 Gol Mateo Kovacic di Kompetisi UEFA Champions League

Kovacic cetak 5 gol di bawah 5 pelatih berbeda 

Mateo Kovacic merupakan salah satu pemain yang underrated di kompetisi top Eropa. Kendati demikian, gelandang asal Kroasia tersebut selalu memiliki peran yang penting bagi tim yang dibelanya. Ia memiliki tugas menjaga keseimbangan permainan secara menyeluruh.

Tidak hanya mengatur ritme permainan di lini tengah, Kovacic terkadang juga berhasil membukukan gol bagi timnya. Beberapa gol bahkan tercipta di kompetisi sekelas UEFA Champions League (UCL). Berikut lima gol Mateo Kovacic di kompetisi tertinggi di Benua Biru tersebut.

1. Mateo Kovacic cetak gol perdana di UCL bersama Dinamo Zagreb 

5 Gol Mateo Kovacic di Kompetisi UEFA Champions LeagueMateo Kovacic (tengah) ketika membela Dinamo Zagreb. (gnkdinamo.hr)

Mateo Kovacic merupakan produk jebolan akademi Dinamo Zagreb. Ia berhasil naik kasta ke tim utama pada 2010, ketika usianya baru menginjak 16 tahun. Pada umur 17 tahun 211 hari, Kovacic menorehkan prestasi yang luar biasa.

Ia menjadi salah satu pencetak gol termuda dalam sejarah UCL. Sayangnya, Dinamo Zagreb saat itu kalah telak dari Olympique Lyon dengan skor 1-7 pada 7 Desember 2011.

2. Mateo Kovacic turut sumbang gol dalam kemenangan besar Real Madrid atas Malmo 

5 Gol Mateo Kovacic di Kompetisi UEFA Champions LeagueMateo Kovacic ketika diperkenalkan sebagai pemain baru Real Madrid. (twitter.com/realmadrid)

Sempat hengkang ke Inter Milan, Mateo Kovacic kemudian melanjutkan kariernya bersama Real Madrid pada musim panas 2015. Kovacic menjalani musim debut yang cukup bagus di Santiago Bernabeu. Ia tercatat memainkan 34 pertandingan dan mencetak 1 gol serta 2 assists di semua kompetisi.

Gol tunggalnya itu tercipta di kompetisi UCL saat Real Madrid melawan Malmo pada 8 Desember 2015. Dalam kemenangan besar 8-0 itu, Kovacic mencetak gol pada menit ke-76.

Baca Juga: 6 Pemain Terbaik Chelsea yang Didatangkan dari LaLiga, Ada Kovacic!

3. Gol Mateo Kovacic menghindarkan Real Madrid dari kekalahan 

5 Gol Mateo Kovacic di Kompetisi UEFA Champions LeagueMateo Kovacic ketika membela Real Madrid. (skysports.com)

Pada musim keduanya berseragam Real Madrid, Mateo Kovacic makin sering dimainkan Zinedine Zidane. Secara keseluruhan, gelandang asal Kroasia itu tampil sebanyak 39 kali di berbagai kompetisi. Ia sukses menyumbangkan 2 gol serta 3 assists dari semua penampilannya tersebut.

Salah satu gol Kovacic terjadi di ajang UCL dan sekaligus menghindarkan Real Madrid dari kekalahan. Ketika menghadapi Legia Warszawa pada 2 November 2016, Kovacic tampil apik dengan mengemas gol penyama kedudukan pada menit ke-85. Pertandingan antara Legia Warszawa melawan Real Madrid pun berakhir dengan skor 3-3.

4. Mateo Kovacic cetak gol ke gawang Valencia dari luar kotak penalti 

5 Gol Mateo Kovacic di Kompetisi UEFA Champions LeagueMateo Kovacic ketika membela Chelsea. (chelseafc.com)

Sempat dipinjam selama semusim, Mateo Kovacic kemudian dipermanenkan oleh Chelsea pada musim panas 2019. Biaya sebesar 45 juta euro atau Rp701 miliar dikeluarkan The Blues untuk mendapatkan tanda tangan sang pemain dari Real Madrid. Di bawah asuhan Frank Lampard, Kovacic tumbuh menjadi gelandang yang lebih solid.

Kontribusi golnya juga cukup baik pada musim 2019/2020 dengan mencetak 2 gol dan 3 assists dalam 47 penampilan. Salah satu gol Kovacic tercipta saat Chelsea ditahan imbang 2-2 oleh Valencia di UCL pada 27 November 2019. Kovacic ketika itu mencetak gol dari luar kotak penalti melalui tendangan keras.

5. Mateo Kovacic cetak gol di tanah kelahiran 

5 Gol Mateo Kovacic di Kompetisi UEFA Champions LeagueMateo Kovacic ketika membela Chelsea. (skysports.com)

Mateo Kovacic ikut mencetak gol ketika Chelsea mengalahkan RB Salzburg 2-1 pada 26 Oktober 2022 dini hari WIB. Itu merupakan gol pertama Kovacic di tempat kelahirannya. Kovacic sendiri merupakan pemain Kroasia yang lahir di Linz, Austria.

Oleh karena itu, tidak mengherankan jika sang pemain sangat senang bisa membukukan gol tersebut.

"Menyenangkan bisa mencetak gol di tempat saya dilahirkan. Orang tua saya ada di sini dan teman-teman saya,” ujar pemain berusia 28 tahun itu kepada Mirror.

 

Menariknya, lima gol Kovacic itu tercipta di bawah lima pelatih berbeda, yakni Krunoslav Jurcic, Rafael Benitez, Zinedine Zidane, Frank Lampard, dan Graham Potter. Catatan unik Kovacic itu menyamai rekor Luka Modric. Dari gol-gol Kovacic di atas, momen mana yang paling kamu ingat?

Baca Juga: 5 Pemain Chelsea yang Pakai Nomor Punggung 8 Sebelum Mateo Kovacic

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya