5 Jebolan Piala Dunia 2006 yang Masih Aktif Bermain Saat Ini

Umur tidak lebih dari sebuah angka 

Piala Dunia 2006 menyisakan banyak cerita yang menarik. Sebut saja Zinedine Zidane yang menanduk Marco Materazzi pada partai final kala Prancis bertemu Italia. Ada pula cerita soal Wayne Rooney yang diusir dari lapangan karena memprovokasi rekan setimnya di Manchester United, Cristiano Ronaldo.

Namun, terlepas dari semua itu, menariknya masih ada sejumlah jebolan Piala Dunia 2006 yang masih eksis bermain hingga saat ini. Beberapa di antaranya bahkan bermain di liga top Eropa. Siapa saja mereka?

1. Gianluigi Buffon 

5 Jebolan Piala Dunia 2006 yang Masih Aktif Bermain Saat IniGianluigi Buffon (twitter.com/ParmaCalcio_en)

Gianluigi Buffon merupakan sosok penting di balik keberhasilan Timnas Italia menjuarai Piala Dunia 2006. Saat itu ia hanya kebobolan dua gol sepanjang turnamen. Kini, setelah 17 tahun berlalu, sang penjaga gawang masih aktif bermain. Ia sekarang membela klub masa kecilnya, AC Parma, di Serie B.

Pada 2022/2023 lalu, Buffon masih diberi kepercayaan bermain hingga 19 pertandingan di semua kompetisi. Untuk pemain yang sudah berusia 45 tahun, catatan tersebut jelas membanggakan. Belum ada tanda-tanda Buffon akan gantung sarung tangan dalam waktu dekat.

2. Theo Walcott 

5 Jebolan Piala Dunia 2006 yang Masih Aktif Bermain Saat IniTheo Walcott (twitter.com/SouthamptonFC)

Theo Walcott adalah pemain termuda Timnas Inggris di Piala Dunia 2006. Pemain kelahiran London ini saat itu masih berusia 17 tahun. Sayangnya, ia tidak mendapatkan banyak menit bermain di bawah asuhan Sven-Goran Eriksson. Pasalnya, Walcott kalah bersaing dari Michael Owen dan Wayne Rooney.

Walcott kini masih aktif bermain di kasta tertinggi Liga Inggris. Bersama Southampton, ia mencatatkan 5 gol dan 3 assist dari 25 pertandingan. Walcott telah memutuskan untuk tidak melanjutkan karier bersama Southampton pada 2023/2024. Belum diketahui pasti ke mana mantan pemain Arsenal itu akan berlabuh.

Baca Juga: 5 Alumni Italia Piala Dunia 2006 Kini Melatih di Serie B 2022/2023

3. Lukas Podolski 

5 Jebolan Piala Dunia 2006 yang Masih Aktif Bermain Saat IniLukas Podolski (twitter.com/GornikZabrzeSSA)

Lukas Podolski meraih penghargaan Pemain Muda Terbaik di Piala Dunia 2006. Ia memenangkan penghargaan individu tersebut lantaran mencetak tiga gol dan mengantarkan Timnas Jerman hingga semifinal. Setelah gagal pada 2006, Podolski akhirnya berhasil membawa negaranya menjadi kampiun di Piala Dunia 2014.

Sekarang, pria berusia 38 tahun ini bermain untuk klub Polandia, Górnik Zabrze. Podolski tampil cukup apik pada 2022/2023 lalu. Dari 31 pertandingan di berbagai ajang, ia mampu mencetak 8 gol dan 10 assist.

4. Roque Santa Cruz 

5 Jebolan Piala Dunia 2006 yang Masih Aktif Bermain Saat IniRoque Santa Cruz (twitter.com/Libertad_Guma)

Roque Santa Cruz debut untuk Timnas Paraguay pada 1999. Ia mulai turnamen internasionalnya di Copa America 1999, kemudian di Piala Dunia 2002 dan 2006. Santa Cruz sudah berusia 25 tahun di Piala Dunia 2006. Ia tampil sebanyak 3 kali dan mencetak 1 gol kala itu.

Santa Cruz saat ini bermain untuk klub kasta tertinggi Liga Paraguay, Libertad. Ia lebih sering menjadi penghangat bangku cadangan sepanjang 2022/2023. Pria berumur 41 tahun itu tercatat hanya dipercayai tampil sebanyak 15 kali di Primera División Apertura.

5. Ryan Babel 

5 Jebolan Piala Dunia 2006 yang Masih Aktif Bermain Saat IniRyan Babel (twitter.com/Ryanbabel)

Ryan Babel mulai dikenal banyak orang saat berseragam Ajax Amsterdam. Bersama klub Belanda itu, Babel berhasil tampil tajam yang membuatnya masuk ke Timnas Belanda. Piala Dunia 2006 menjadi turnamen internasional pertama bagi Babel. Namun, karena usianya masih 19 tahun kala itu, ia hanya dimainkan sekali pada fase grup.

Babel kini menjadi bagian dari klub Turki, Eyüpspor. Sepanjang 2022/2023, pria berumur 36 tahun itu mampu mencetak 5 gol dan 1 assist dari 24 laga di kasta kedua Liga Turki. Tidak hanya dipercaya menjadi striker utama, Babel juga ditunjuk sebagai kapten tim.

Sebenarnya masih ada nama-nama lain, seperti Cristiano Ronaldo, Lionel Messi, Luka Modric, Marcell Jansen, Andres Guardado, dan Dmytro Chyhrynskyi yang masih eksis bermain hingga hari ini. Bagi sejumlah nama di atas, umur tidak lebih dari sebuah angka.

Baca Juga: 5 Alumnus Piala Dunia 2006 yang Tampil di Piala Dunia 2022 Qatar

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya