Comscore Tracker

5 Kandidat Terkuat yang Bakal Juara Piala Eropa hingga Babak 16 Besar

Timnas Inggris hingga Prancis!

Pergelaran paling bergengsi antarnegara di Benua Biru, Piala Eropa 2020, sudah memasuki babak 16 besar. Dalam babak gugur itu, semakin jelas tim mana saja yang bakal masuk dalam daftar kandidat juara di Piala Eropa 2020.

Performa apik di babak fase grup menjadi salah satu faktor yang membuat tim dijagokan untuk memenangi gelar juara. Berikut ini lima klub yang dinilai terkuat dan berpeluang meraih gelar juara Piala Eropa hingga babak 16 besar.

1. Inggris 

5 Kandidat Terkuat yang Bakal Juara Piala Eropa hingga Babak 16 BesarTimnas Inggris. (eurosport.com)

Tim nasional Inggris berhasil lolos dari babak penyisihan grup sebagai pemuncak klasemen grup D. Jika mampu tampil apik di babak 16 besar hingga pertandingan final, Inggris tentu sangat diuntungkan. Pasalnya, pertandingan semifinal dan final akan dilaksanakan di Stadion Wembley. Inggris tentu saja diuntungkan karena bisa didukung langsung oleh para penggemarnya.

Selain itu, Inggris dijagokan menjadi juara karena memiliki lini pertahanan yang sangat solid. Tim asuhan Gareth Southgate itu berhasil mencatatkan 3 clean sheet  dari 3 pertandingan yang dilalui. Jika mampu mempertahankan performa itu, tidak menutup kemungkinan The Three Lions bakal meraih gelar Piala Eropa untuk pertama kalinya sepanjang sejarah.

2. Portugal 

5 Kandidat Terkuat yang Bakal Juara Piala Eropa hingga Babak 16 BesarTimnas Portugal. (eurosport.com)

Meski tergabung dalam grup neraka, tim nasional Portugal berhasil membuktikan bahwa mereka memiliki skuad yang sangat baik dengan berhasil lolos ke babak 16 besar. Cristiano Ronaldo masih menjadi andalan Fernando Santos untuk menciptakan banyak gol bagi Portugal. Kini pemain berusia 36 tahun itu bahkan berhasil menjadi top skor untuk sementara dengan catatan 5 gol.

Jika CR7 mampu meneruskan performa tersebut, tidak menutup kemungkinan Portugal akan kembali meraih gelar juara Piala Eropa untuk kedua kalinya. Akan tetapi, Portugal harus melawan tim kuat pada babak 16 besar, yaitu Belgia.

Baca Juga: 5 Makanan Khas Portugal Berbahan Daging yang Lezatnya Menggoda!

3. Belgia 

5 Kandidat Terkuat yang Bakal Juara Piala Eropa hingga Babak 16 BesarTimnas Belgia. (eurosport.com)

Tim nasional Belgia mampu tampil sangat apik di babak penyisihan dengan mengumpulkan poin sempurna, yaitu 9 poin. Dari 3 pertandingan yang sudah dilalui itu, Romelu Lukaku dan kolega berhasil membukukan 7 gol. Tidak hanya itu, lini pertahanan Belgia juga sangat solid dengan hanya kebobolan 1 gol ketika melawan Denmark.

Jika mampu mempertahankan penampilannya itu, Belgia tentu sangat berpeluang untuk meraih gelar juara pertama kalinya sepanjang sejarah. Skuad tim asuhan Roberto Martinez sendiri saat ini bisa dibilang sebagai generasi emas karena memiliki pemain berkualitas di setiap lininya.

4. Italia 

5 Kandidat Terkuat yang Bakal Juara Piala Eropa hingga Babak 16 BesarTimnas Italia. (eurosport.com)

Tim nasional Italia berhasil menunjukkan kualitasnya lagi di ajang Piala Eropa edisi tahun ini. Tim asuhan Roberto Mancini itu secara tidak terduga tampil sangat impresif dengan menciptakan cukup banyak gol. Lebih hebatnya lagi, Italia belum kebobolan satu gol pun di babak fase grup alias selalu mencatatkan clean sheet pada setiap pertandingan.

Di babak 16 besar, Manuel Locatelli dan kolega akan melawan Austria. Di atas kertas, Gli Azzurri memang sangat diunggulkan dalam pertandingan tersebut. Jika lini pertahanan mampu terus tampil solid dan lini depan sangat tajam, bukan tidak mungkin Italia bakal meraih gelar juara Piala Eropa 2020.

5. Prancis 

5 Kandidat Terkuat yang Bakal Juara Piala Eropa hingga Babak 16 BesarTimnas Prancis. (eurosport.com)

Tim nasional Prancis tergabung dalam grup F di Piala Eropa 2020. Dalam grup neraka itu, tim asuhan Didier Deschamps berhasil lolos ke babak 16 besar sebagai pemuncak klasemen dengan mengumpulkan 5 poin. Meski belum tampil memuaskan sejauh ini, tidak menutup kemungkinan Prancis bakal menemukan performa terbaiknya ketika babak gugur.

Prancis bakal melawan Swiss dalam babak 16 besar. Jika mampu menang dalam laga itu, Les Bleus akan menghadapi salah satu tim dari Kroasia atau Spanyol. Setelah itu, Prancis akan mencapai babak semifinal dan kemudian pertandingan final. Jika berkaca dalam performa Prancis di Piala Eropa 2016 dan Piala Dunia 2018, besar kemungkinan Prancis bisa menjadi juara dalam Piala Eropa 2020.

 

Tentu bukan hal yang mudah bagi para tim elite itu untuk bisa meraih gelar juara di Piala Eropa 2020. Walau begitu, mereka sudah memiliki modal awal yang sangat penting, yaitu komposisi skuad yang cukup merata di setiap lininya.

Baca Juga: 5 Ragam Seafood yang Bisa Kamu Nikmati Saat Jalan-jalan ke Prancis 

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya