Comscore Tracker

5 Momen Sepak Bola yang Paling Diingat dalam Satu Dekade Ini

Ada kekalahan Prancis dari Portugal di ajang Euro 2016

Sepak bola tidak hanya hiburan semata, kadang juga memberikan rasa suka cita dan duka. Saat satu klub meraih kemenangan atau juara, banyak sekali yang bersuka cita untuk merayakannya.

Sebaliknya, jika ada tim yang kalah, maka mereka akan meratapi kegagalan tersebut. Begitu juga dengan momen-momen yang terjadi di setiap pertandingan sepak bola. Selalu ada hal-hal yang dirasa unik dan patut untuk dibahas. Berikut ini 5 momen yang paling diingat dalam sepak bola pada dekade ini.

1. Kejutan Yunani di turnamen Euro (2004) 

5 Momen Sepak Bola yang Paling Diingat dalam Satu Dekade IniTwitter/Football__Tweet

Kejutan terjadi pada Euro 2004 yang diadakan di Portugal. Yunani yang tak pernah dijagokan berhasil memenangi gelar Euro 2004 setelah mengalahkan tuan rumah, Portugal di partai final dengan skor 1-0. Saat itu, gol kemenangan Yunani dicetak oleh Angelos Charisteas pada menit ke-57.

Sebetulnya, tanda-tanda kehebatan Yunani sudah bisa dilihat pada fase grup. Mereka berhasil mengalahkan sejumlah tim unggulan, seperti Portugal, Prancis, Spanyol, hingga Denmark.

Lini pertahanan yang solid menjadi salah satu faktor keberhasilan Yunani saat itu. Gelar tersebut juga menjadi satu-satunya yang diraih oleh tim nasional Yunani sampai saat ini.

2. Gol telat Andres Iniesta berhasil kalahkan Chelsea di Liga Champions (2009) 

5 Momen Sepak Bola yang Paling Diingat dalam Satu Dekade Inigoal.com

Pada pertandingan semifinal Liga Champions musim 2008/2009, Chelsea berhadapan dengan Barcelona di Stamford Bridge. Agar bisa lolos ke babak selanjutnya, Chelsea hanya perlu menang dengan selisih 1 gol dari Barcelona. Pasalnya, pada leg pertama di Camp Nou, pertandingan berakhir dengan skor 0-0.

Asa Chelsea untuk lolos ke babak final sempat terbuka setelah Michael Essien mencetak gol spektakuler dari luar kotak penalti. Setelah gol itu, Chelsea berada di atas angin dan berpeluang untuk lolos ke babak selanjutnya. Namun pada menit ke-90, harapan Chelsea untuk lolos ke babak selanjutnya musnah.

Sebab, Andres Iniesta berhasil mencetak gol penyama kedudukan melalui tendangan melengkung setelah menerima umpan dari Lionel Messi. Skor akhir 1-1 membuat Barcelona lolos ke partai final pada Liga Champions musim itu.

Baca Juga: 7 Kota di Eropa yang Punya Klub Sepak Bola Paling Banyak, Mana Saja?

3. Handball Thierry Henry gagalkan Irlandia menuju ke Piala Dunia (2010) 

5 Momen Sepak Bola yang Paling Diingat dalam Satu Dekade Iniextra.ie

Sebelas tahun yang lalu, pada 18 November, Prancis bisa saja melewatkan turnamen Piala Dunia 2010. Sebab, ada momen kontroversial yang dilakukan oleh Thierry Henry saat berjumpa dengan Irlandia di fase kualifikasi zona Eropa. Saat pertandingan imbang 1-1, Henry dengan sengaja menahan bola menggunakan tangan supaya tidak keluar dari lapangan.

Dalam waktu beberapa detik kemudian, umpan siang Henry berhasil dimanfaatkan oleh Gallas untuk mencetak gol ke gawang Shay Given. Momen itu tentu saja membuat para pemain Irlandia meradang.

Namun, gol pada akhirnya tetap disahkan oleh wasit saat itu. Jika gol tersebut tidak disahkan, mungkin kejadian bisa jadi berubah dan membuat Irlandia lolos ke Piala Dunia 2010.

4. Gol telat Aguero mengantarkan Manchester City juara Premier League (2012)

5 Momen Sepak Bola yang Paling Diingat dalam Satu Dekade Inidailymail.co.uk

Pada tanggal 13 Mei 2012, juara Premier League musim 2011/2012 harus ditentukan sampai pertandingan terakhir. Saat itu, ada dua tim yang memiliki poin yang sama, yakni Manchester United dan Manchester City. The Citizens sendiri berhak berada di urutan teratas karena menang selisih gol.

Manchester City juga berada di atas angin saat itu karena hanya perlu hasil yang sama seperti yang diraih oleh Manchester United pada laga terakhir. Tetapi City justru harus bersusah payah untuk menjuarai Premier League.

Pasalnya, mereka baru bisa menentukan kemenangan saat pertandingan sudah memasuki masa injury time. Gol menit terakhir dari Sergio Aguero saat itu berhasil mengantarkan tim menang dengan skor 3-2 atas QPR.

5. Prancis kalah di kandang pada turnamen Euro 2016 

5 Momen Sepak Bola yang Paling Diingat dalam Satu Dekade Inistraitstimes.com

Pada turnamen Euro 2016, Prancis yang menjadi tuan rumah, harus berhadapan dengan Portugal di partai final. Sebagai tim yang bermain di kandang sendiri, Prancis saat itu memang lebih diunggulkan untuk bisa menjadi juara pada pertandingan final tersebut.

Akan tetapi, Portugal secara mengejutkan berhasil mengalahkan Prancis dengan skor 1-0 lewat gol Eder pada babak tambahan waktu. Padahal, Portugal sejak menit ke-25 harus kehilangan Cristiano Ronaldo yang menderita cedera. Pemain yang saat ini membela Juventus itu mengalami cedera usai ditekel oleh Dimitri Payet.

Sayangnya, kesempatan itu tidak bisa dimanfaatkan oleh Prancis untuk menjadi juara. Trofi itu sekaligus menjadi yang pertama didapatkan oleh Portugal sepanjang keikutsertaannya di turnamen antarnegara.

 

Itulah lima momen yang paling sering diingat dalam sepak bola pada abad ini. Kejadian mana saja yang paling kamu ingat sampai hari ini?

Baca Juga: Kaleidoskop 2020: 10 Momen Paling Diingat di Sepak Bola Eropa

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya