Newcastle Habiskan Uang Rp1,6 Triliun pada Transfer Januari 2022

Bursa transfer pertama sejak diakuisisi PIF 

Newcastle United bergerak aktif pada bursa transfer musim dingin 2022. Hal itu tidak mengejutkan mengingat klub telah diakuisisi Mohammed bin Salman melalui Public Investment Fund (PIF).

Selama bursa transfer Januari 2022, Newcastle tercatat merekrut lima pemain baru. Beberapa nama di antaranya dibeli dengan nominal cukup besar.

1. Bruno Guimaraes 

Newcastle Habiskan Uang Rp1,6 Triliun pada Transfer Januari 2022Bruno Guimaraes diperkenalkan sebagai pemain baru Newcastle United di Liga Inggris. (twitter.com/NUFC)

Newcastle United meresmikan Bruno Guimaraes menjelang tutupnya bursa transfer Januari, tepatnya pada Minggu (30/1/2022) malam WIB. The Magpies mendatangkan sang gelandang dari Lyon dengan harga 42,1 juta euro atau setara Rp678 miliar. Ia diikat kontrak selama 4,5 tahun dan akan menggunakan nomor punggung unik, yaitu 39.

Sebelum bergabung dengan Newcastle, Guimaraes sempat dikaitkan dengan Arsenal. Namun, klub asuhan Mikel Arteta itu tak kunjung membuat tawaran resmi kepada Lyon. Alhasil, Newcastle mengambil kesempatan dan langsung membayar nominal sesuai dengan permintaan Lyon.

2. Chris Wood 

Newcastle Habiskan Uang Rp1,6 Triliun pada Transfer Januari 2022Chris Wood diperkenalkan sebagai pemain baru Newcastle United di Liga Inggris. (nufc.co.uk)

Newcastle United menggaet Chris Wood dari sesama klub Premier League, Burnley. Pemain yang berposisi sebagai penyerang itu datang dengan nominal 30 juta euro atau setara Rp483 miliar. Untuk pemain yang sudah berusia 30 tahun, harga tersebut tergolong cukup mahal.

Wood hanya diikat kontrak jangka pendek hingga musim panas 2024. Bersama klub barunya itu, ia akan menggunakan nomor punggung 20. Newcastle merekrut Wood karena sedang krisis penyerang. Sebab, penyerang andalan Newcastle, Callum Wilson, saat ini mengalami cedera betis.

Baca Juga: 10 Potret Bruno Guimaraes, Rekrutan Baru Newcastle United asal Brasil

3. Kieran Trippier 

Newcastle Habiskan Uang Rp1,6 Triliun pada Transfer Januari 2022Kieran Trippier diperkenalkan sebagai pemain baru Newcastle United di Liga Inggris. (nufc.co.uk)

Kieran Trippier merupakan rekrutan pertama Newcastle United pada bursa transfer musim dingin 2022. Pemain yang berposisi sebagai bek sayap kanan itu dibeli The Magpies dari Atletico Madrid dengan harga 15 juta euro atau senilai Rp241 miliar. Ia diikat kontrak selama 2,5 tahun di St James' Park.

Sayangnya, Trippier menjalani laga debut dengan tidak terlalu mengesankan bersama Newcastle. Sebab, klubnya itu harus kalah dari Cambridge United di Piala FA. Lebih menyakitkannya lagi, Cambridge United hanyalah klub League One atau kasta ketiga Inggris.

4. Dan Burn 

Newcastle Habiskan Uang Rp1,6 Triliun pada Transfer Januari 2022Dan Burn diperkenalkan sebagai pemain baru Newcastle United di Liga Inggris. (twitter.com/NUFC)

Biaya senilai 15 juta euro atau setara Rp241 miliar dikeluarkan Newcastle United untuk mendatangkan bek berpengalaman Brighton, Dan Burn, pada Januari 2022. Bek berusia 29 tahun tersebut akan berada di Stadion James' Park hingga 2024.

Ini merupakan kesempatan kedua Burn membela Newcastle United. Ia pernah menimba ilmu di akademi The Magpies sebelum memulai karier profesional bersama Darlington.

5. Matt Targett 

Newcastle Habiskan Uang Rp1,6 Triliun pada Transfer Januari 2022Matt Targett diperkenalkan sebagai pemain baru Newcastle United Liga Inggris. (twitter.com/NUFC)

Newcastle United mendatangkan Matt Targett dengan status pinjaman dari Aston Villa selama 6 bulan. Ia sebenarnya masih menjadi pemain andalan Aston Villa pada paruh pertama 2021/2022 ini. Akan tetapi, kehadiran Lucas Digne membuat posisi Targett tersingkir dari tim utama.

Pemain berusia 26 tahun tersebut akan menggunakan nomor punggung 13 di St James' Park. Kabarnya Aston Villa memberikan opsi pembelian secara permanen dalam transfer Targett ke Newcastle.

Secara keseluruhan, Newcastle United menghabiskan biaya senilai 102 juta euro atau setara Rp1,6 triliun untuk mendatangkan lima pemain di atas. Dengan tambahan beberapa amunisi baru, apakah The Magpies bisa keluar dari zona degradasi?

Baca Juga: 5 Pemain Terbaik yang Pernah Berseragam Leeds dan Newcastle United

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya