Comscore Tracker

Sebelum Haaland, 5 Pemain Ini Juga Pernah Memakai Nomor 9 di Dortmund

Paco Alcacer hingga Ciro Immobile, siapa yang terbaik?

Erling Haaland bergabung dengan Borussia Dortmund pada Januari 2020. Penyerang muda asal Norwegia ini saat itu didatangkan dari RB Salzburg dengan harga senilai 20 juta euro atau setara dengan Rp350 miliar. Sejauh ini ia tampil sangat menjanjikan dengan mengoleksi 53 gol serta 14 assist dalam 56 pertandingan di semua kompetisi.

Di musim debutnya berseragam Dortmund, Haaland menggunakan nomor punggung 17. Musim ini pemain kelahiran Leeds, Inggris, tersebut dipercayai menggunakan nomor punggung 9. Sebelum dirinya, ada juga beberapa pemain ternama yang memakai nomor tersebut di Dortmund. Lantas, siapa saja pemain itu? Check this out!

1. Paco Alcacer 

Sebelum Haaland, 5 Pemain Ini Juga Pernah Memakai Nomor 9 di Dortmundgoal.com

Paco Alcacer awalnya dipinjam oleh Borussia Dortmund dari Barcelona selama satu tahun pada bursa transfer musim panas 2018. Performanya yang impresif bersama Die Borussen di musim debutnya membuat sang pemain dipermanenkan dengan harga 21 juta euro atau setara dengan Rp367 miliar.

Penyerang asal Spanyol ini tercatat membela Dortmund selama 1,5 musim dan dibeli oleh Villarreal pada musim dingin 2020. Selama memperkuat Dortmund, Alcacer mampu mencetak 26 gol dan 4 assist dari 47 pertandingan di semua kompetisi. Ia juga selalu dipercayai menggunakan nomor punggung 9 di Dortmund.

2. Andriy Yarmolenko 

Sebelum Haaland, 5 Pemain Ini Juga Pernah Memakai Nomor 9 di Dortmundgoal.com

Jika Paco Alcacer hanya membela Dortmund 1,5 musim, Andriy Yarmolenko justru lebih singkat. Pemain asal Ukraina ini berseragam Dortmund hanya selama 1 tahun pada musim 2017/2018. Ia didatangkan dari Dynamo Kyiv pada musim panas 2017 dengan harga senilai 25 juta euro atau setara dengan Rp438 miliar.

Dari 26 pertandingan di semua kompetisi, sang pemain hanya menciptakan 6 gol dan 6 assist bagi Dortmund. Pemain yang saat ini berusia 31 tahun itu kemudian diboyong oleh West Ham United. Meski hanya satu musim, Yarmolenko tetap dipercayai untuk memakai nomor spesial, yakni 9.

Baca Juga: 6 Rekrutan Terakhir Jurgen Klopp di Dortmund, Bagaimana Nasibnya?

3. Emre Mor 

Sebelum Haaland, 5 Pemain Ini Juga Pernah Memakai Nomor 9 di Dortmundgoal.com

Tak jauh berbeda dari Andriy Yarmolenko, Emre Mor juga hanya membela Borussia Dortmund selama satu tahun. Pemain asal Turki ini berseragam Die Borussen pada musim 2016/2017. Ia didatangkan dari klub Denmark, Nordsjaelland, dengan harga senilai 9,75 juta euro atau setara dengan Rp170 miliar.

Selama memperkuat Dortmund, sang pemain bisa dibilang sangat minim kontribusi dengan hanya menciptakan 1 gol serta 2 assist dari 19 pertandingan. Pada musim panas 2017, Emre dibeli oleh Celta de Vigo dengan harga 13 juta euro atau setara dengan Rp227 miliar. Emre sendiri memakai nomor punggung 9 di jersey-nya selama satu tahun.

4. Adnan Januzaj 

Sebelum Haaland, 5 Pemain Ini Juga Pernah Memakai Nomor 9 di Dortmundexpress.co.uk

Nama Adnan Januzaj pertama kali mencuat ketika berseragam Manchester United. Pada musim panas 2015, pemain asal Belgia tersebut dipinjamkan ke Borussia Dortmund selama 6 bulan. Sayangnya, Januzaj gagal memberikan kontribusi terbaiknya karena hanya menciptakan 3 assist dalam 12 pertandingan bersama klub Jerman tersebut.

Setelah itu, Januzaj kembali dipinjamkan oleh Manchester United ke Sunderland. Meski hanya bermain selama 6 bulan di Signal Iduna Park, sang pemain tetap dipercayai untuk memakai nomor punggung 9 di jersey-nya. Kini, Januzaj menjadi salah satu pemain penting dalam skuad Real Sociedad.

5. Ciro Immobile 

Sebelum Haaland, 5 Pemain Ini Juga Pernah Memakai Nomor 9 di Dortmundbleacherreport.com

Borussia Dortmund mendatangkan Ciro Immobile dari Torino pada bursa transfer musim panas 2014. Ketika itu penyerang asal Italia ini diboyong dengan harga sebesar 18,5 juta euro atau setara dengan Rp342 miliar. Akan tetapi, ia hanya bertahan selama satu tahun di Signal Iduna Park lantaran dibeli oleh Sevilla di musim panas berikutnya

Selama berseragam Die Borussen, Immobile hanya menciptakan 10 gol dan 3 assist dalam 34 pertandingan di semua ajang. Meski hanya semusim, Immobile berhasil memenangi 1 gelar juara, yakni Piala Super Jerman. Pada musim 2014/2015 tersebut, sang pemain juga dipercayai memakai nomor punggung 9 di Dortmund.

 

Itulah lima pemain yang menggunakan nomor punggung 9 di Dortmund sebelum Erling Haaland. Kelima pemain tersebut rata-rata hanya membela Borussia Dortmund selama satu musim dan gagal menunjukkan performa terbaiknya.

Baca Juga: 10 Pencetak Gol Terbanyak Sepanjang Sejarah Lazio, Ada Ciro Immobile!

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya