5 Pelatih dengan Bayaran Termahal di Piala Dunia 2022

Mulai dari Hansi Flick hingga Louis van Gaal 

Piala Dunia 2022 akan berlangsung kurang dari satu bulan lagi. Selain menjadi ajang berkumpulnya pemain bintang, Piala Dunia juga menjadi ajang adu taktik bagi para pelatih yang menangani timnas.

Pada edisi kali ini, ada sejumlah pelatih kelas kakap yang menahkodai tim-tim negara kuat. Beberapa di antaranya bahkan memiliki gaji yang sangat mahal. Berikut lima pelatih dengan bayaran tertinggi di Piala Dunia 2022.

1. Hansi Flick (Jerman) 

5 Pelatih dengan Bayaran Termahal di Piala Dunia 2022Hansi Flick (twitter.com/dfb_team_en)

Pelatih dengan bayaran tertinggi di Piala Dunia 2022 adalah Hansi Flick. Pria yang berhasil membawa Bayern Munich merengkuh treble winner pada musim 2020/2021 itu mendapatkan gaji sebesar 5,5 juta poundsterling atau Rp96 miliar per tahun.

Sayangnya, Flick belum mampu membuat Die Mannschaft tampil konsisten sejauh ini. Di Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa, Jerman pernah mengalami kekalahan dari Makedonia Utara dengan skor 1-2. Timnas Jerman sendiri tergabung dalam Grup E di Piala Dunia 2022 bersama Jepang, Kosta Rika, dan Spanyol.

2. Gareth Southgate (Inggris) 

5 Pelatih dengan Bayaran Termahal di Piala Dunia 2022Gareth Southgate (twitter.com/England)

Gareth Southgate mendapatkan gaji sebesar 4,9 juta poundsterling atau senilai Rp85 miliar per tahun. Ia mendapatkan bayaran setinggi itu karena dinilai mampu meningkatkan level Timnas Inggris secara perlahan.

Pada Piala Dunia 2018, Southgate sukses mengantarkan The Three Lions mencapai babak semifinal. Tidak hanya itu, ia juga berhasil membawa tim menembus partai final Piala Eropa 2020. Di turnamen Piala Dunia 2022 nanti, Timnas Inggris tergabung dalam Grup B bersama Amerika Serikat, Iran, dan Wales.

Baca Juga: 3 Calon Pengganti Paul Pogba di Piala Dunia 2022

3. Didier Deschamps (Prancis) 

5 Pelatih dengan Bayaran Termahal di Piala Dunia 2022Didier Deschamps (twitter.com/equipedefrance)

Didier Deschamps berhasil mengantarkan Timnas Prancis juara di Piala Dunia 2018. Kini, pelatih berusia 54 tahun itu kembali dipercayai menangani Les Bleus pada edisi 2022 di Qatar. Namun, ia sedang dipusingkan beberapa pemain andalannya yang mengalami cedera jelang turnamen bergulir.

Oleh karena itu, tugas berat menanti Deschamps pada Piala Dunia 2022. Deschamps saat ini mendapatkan gaji senilai 3,2 juta poundsterling atau setara Rp55 miliar setiap tahunnya.

4. Tite (Brasil) 

5 Pelatih dengan Bayaran Termahal di Piala Dunia 2022Tite (twitter.com/CBF_Futebol)

Tite memimpin tim paling kuat berdasarkan peringkat FIFA. Pelatih berusia 61 tahun itu sudah menangani Timnas Brasil sejak 2016. Pencapaian terbaiknya adalah sukses membawa tim menjuarai Copa America pada 2019 silam.

Berdasarkan urutan gaji, Tite menjadi pelatih keempat dengan bayaran termahal di Piala Dunia 2022. Ia tercatat menerima upah sebesar 3 juta poundsterling atau Rp52 miliar per tahunnya.

5. Louis van Gaal (Belanda) 

5 Pelatih dengan Bayaran Termahal di Piala Dunia 2022Louis van Gaal (twitter.com/onsoranje)

Louis van Gaal menjadi pelatih Timnas Belanda setelah menggantikan Frank de Boer pada 2021. Kini, di bawah tangan dinginnya, Belanda perlahan mulai mengembalikan performa terbaik. Namun, setelah pergelaran Piala Dunia 2022 berakhir, masa baktinya bersama Der Oranje bakal berakhir karena alasan kesehatan.

Oleh karena itu, van Gaal diprediksi bakal membuat Timnas Belanda tampil gila-gilaan di Piala Dunia 2022. Pelatih berusia 71 tahun itu mendapatkan bayaran senilai 2,5 juta poundsterling atau Rp43 miliar per tahun.

Besaran gaji yang didapatkan kelima pelatih tersebut tentu sepadan dengan tekanan yang dihadapi. Dalam daftar tersebut, kira-kira siapa yang bakal mengantarkan timnya meraih gelar Piala Dunia 2022? Atau, nama pelatih selain dari daftar ini yang sukses memenanginya?

Baca Juga: 5 Debutan Termuda dalam Sejarah Gelaran Piala Dunia. Ada Pele!

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya