5 Pelatih yang Paling Sering Memainkan Lionel Messi di Level Klub

La Pulga harus berterima kasih dengan para pelatih ini 

Lionel Messi telah dianggap banyak orang sebagai salah satu pemain sepak bola terbaik sepanjang masa. Pria asal Argentina ini sudah meraih banyak sekali gelar juara, baik di level individu maupun di level klub.

Keberhasilan yang diraih La Pulga itu tentu saja tidak terlepas dari peran para pelatih yang menanganinya. Berikut lima pelatih yang paling sering memainkan Lionel Messi.

1. Pep Guardiola 

5 Pelatih yang Paling Sering Memainkan Lionel Messi di Level KlubPep Guardiola (skysports.com)

Pep Guardiola adalah salah satu pelatih terbaik dalam sejarah Barcelona. Selama menangani klub asal Catalunya tersebut, pria asal Spanyol itu sukses mempersembahkan banyak sekali trofi. Kesuksesan tersebut juga tidak terlepas dari andil Lionel Messi.

Di bawah asuhan Guardiola, La Pulga tampil sangat impresif dengan mencatatkan 211 gol dan 94 assists dalam 219 pertandingan. Kolaborasi keduanya juga sukses mempersembahkan treble winners pada musim 2008/2009.

2. Luis Enrique 

5 Pelatih yang Paling Sering Memainkan Lionel Messi di Level KlubLuis Enrique (fcbarcelona.com)

Luis Enrique melatih Barcelona dari 2014 hingga 2017. Selama waktunya itu, ia berhasil mengantarkan Barcelona meraih sembilan gelar juara. Hebatnya lagi, ia langsung sukses membawa tim memenangi treble winners pada musim debutnya.

Ketika dilatih Enrique, Lionel Messi juga tampil sangat produktif di Camp Nou. Dari 158 pertandingan di semua kompetisi, ia mampu menciptakan 153 gol dan 76 assists.

Baca Juga: 5 Penyerang Ligue 1 yang Lebih Impresif daripada Lionel Messi

3. Ernesto Valverde 

5 Pelatih yang Paling Sering Memainkan Lionel Messi di Level KlubErnesto Valverde (fcbarcelona.com)

Setelah Luis Enrique mengundurkan diri dari kursi pelatih Barcelona, manajemen langsung menunjuk Ernesto Valverde sebagai penggantinya.

Pria asal Spanyol ini bertahan selama dua setengah tahun di Camp Nou. Meski cukup singkat, tetapi ia berhasil mempersembahkan beberapa gelar untuk Barcelona, termasuk dua trofi LaLiga.

Lionel Messi sendiri selalu menjadi andalan Valverde selama melatih Barcelona. Messi mencatatkan total 124 pertandingan dan membukukan 112 gol serta 51 assists di semua kompetisi.

4. Frank Rijkaard 

5 Pelatih yang Paling Sering Memainkan Lionel Messi di Level KlubFrank Rijkaard (skysports.com)

Frank Rijkaard bisa dibilang sebagai sosok yang sangat berjasa dalam karier Lionel Messi. Pasalnya, pria asal Belanda itu yang memberikan kesempatan kepada La Pulga untuk debut di tim senior. Di bawah asuhan Rijkaard, Messi mencatatkan 110 penampilan di berbagai ajang.

Mega bintang asal Argentina ini berhasil membukukan 42 gol serta 26 assists dari seluruh laga tersebut. Di samping itu, Messi juga sukses memenangi sejumlah trofi, termasuk 2 gelar LaLiga dan 1 trofi Liga Champions.

5. Ronald Koeman  

5 Pelatih yang Paling Sering Memainkan Lionel Messi di Level KlubRonald Koeman (teamtalk.com)

Ronald Koeman tercatat hanya bekerja sama dengan Lionel Messi di Camp Nou selama satu tahun. Momen itu tercipta pada musim 2020/2021. Kebetulan juga musim tersebut menjadi tahun terakhir La Pulga berseragam Barcelona, sebelum akhirnya hengkang ke Paris Saint-Germain.

Ketika dilatih Koeman, Messi bermain sebanyak 47 kali di semua ajang. Dari seluruh laga itu, ia tampil bagus dengan mengoleksi 38 gol serta 16 assists. Kolaborasi keduanya hanya mampu menghasilkan satu gelar juara, yakni trofi Copa del Rey.

 

Lionel Messi tentu harus berterima kasih kepada sederet pelatih di atas. Jika tanpa jasa mereka, mungkin karier La Pulga tidak akan sehebat seperti saat ini.

Baca Juga: 5 Rekan Setim Lionel Messi yang Kini Sudah Jadi Pelatih

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya