5 Pemain Chelsea yang Pakai Nomor Punggung 4 sebelum Badiashile

Sebagian besar memiliki karier yang sukses di Chelsea 

Chelsea resmi mendatangkan bek muda bertalenta asal Prancis, Benoit Badiashile. Pemain berusia 21 tahun itu digaet Chelsea dari AS Monaco seharga 38 juta euro atau senilai Rp623 miliar.

Di Stamford Bridge, Badiashile akan mengenakan nomor punggung 4. Nomor itu tergolong cukup spesial di Chelsea. Sebab, sejumlah pemain top pernah menggunakan nomor itu dan mampu tampil impresif.

Berikut daftar pemain The Blues yang menggunakan nomor punggung 4 sebelum Benoit Badiashile.

1. Andreas Christensen 

5 Pemain Chelsea yang Pakai Nomor Punggung 4 sebelum BadiashileAndreas Christensen (twitter.com/ChelseaFC)

Andreas Christensen adalah pemain Chelsea terakhir yang memakai nomor punggung 4. Bek asal Denmark itu baru saja hengkang dari Stamford Bridge pada awal musim 2022/2023 ini.

Christensen bergabung dengan Chelsea dari klub Denmark, Brondby IF, pada transfer musim panas 2012. Awalnya, sang pemain dimasukkan terlebih dahulu ke tim kelompok umur. Baru pada tahun 2015 ia berhasil promosi ke tim utama.

Selama berseragam The Blues, Christensen mencatatkan 161 pertandingan di semua kompetisi. Pria berusia 26 tahun itu memutuskan pindah ke Barcelona pada musim panas 2022.

2. Cesc Fabregas 

5 Pemain Chelsea yang Pakai Nomor Punggung 4 sebelum BadiashileCesc Fabregas (twitter.com/ChelseaFC)

Setelah memenangkan segalanya di Barcelona, Cesc Fabregas memutuskan hengkang ke Chelsea. Gelandang berkebangsaan Spanyol itu datang ke Stamford Bridge pada musim panas 2014 dengan biaya senilai 33 juta euro atau Rp541 miliar.

Fabregas langsung menggunakan nomor punggung kesayangannya, yaitu angka 4. Ia memiliki karier yang cukup sukses di klub asal London Barat tersebut.

Selama 5 musim, Fabregas berhasil menorehkan 22 gol dan 58 assist dari 198 penampilan. Selain itu, ia juga sukses memenangi sejumlah trofi bergengsi, seperti Liga Europa, Premier League, hingga Piala FA. Fabregas kemudian meninggalkan Chelsea pada Januari 2019 untuk bergabung bersama AS Monaco.

Baca Juga: 10 Pesepak Bola yang Punya Saham di Tim Sepak Bola, Tak Hanya Fabregas

3. David Luiz 

5 Pemain Chelsea yang Pakai Nomor Punggung 4 sebelum BadiashileDavid Luiz (twitter.com/ChelseaFC)

Pada bursa transfer musim dingin 2011, Chelsea merekrut David Luiz dari Benfica. Biaya senilai 25 juta euro atau setara Rp410 miliar dikeluarkan The Blues kala itu.

Luiz tercatat bermain di Stamford Bridge dalam dua kesempatan berbeda. Pada periode pertama, ia memakai nomor punggung 4. Sementara itu, pada periode kedua, bek asal Brasil itu menggunakan nomor 30.

Selama di Chelsea, Luiz tampil sebanyak 248 laga dan menorehkan 18 gol serta 12 assist. Gelar Liga Champions, Premier League, hingga Liga Europa sudah pernah Luiz rengkuh bersama The Blues.

4. Claude Makelele 

5 Pemain Chelsea yang Pakai Nomor Punggung 4 sebelum BadiashileClaude Makelele (twitter.com/ChelseaFC)

Claude Makelele menunjukkan performa yang apik saat berseragam Real Madrid. Hal tersebut membuat Chelsea merekrutnya seharga 20 juta euro atau Rp328 miliar pada Agustus 2003.

Makelele tampil impresif selama waktunya di Stamford Bridge. Gelandang asal Prancis itu bermain sebanyak 217 kali dan turut menyumbang 2 gol serta 6 assist.

Selain itu, Makelele juga meraih total enam gelar domestik bersama The Blues. Setelah kontraknya habis, ia dilepas secara gratis ke Paris Saint-Germain pada musim panas 2008.

5. Juan Sebastian Veron 

5 Pemain Chelsea yang Pakai Nomor Punggung 4 sebelum BadiashileJuan Sebastian Veron (instagram.com/juansebastian.veron)

Juan Sebastian Veron bisa dibilang sebagai pengguna nomor 4 yang gagal di Chelsea. Pemain asal Argentina itu diboyong Chelsea dari Manchester United pada musim panas 2003.

Veron gagal tampil reguler di Stamford Bridge. Ia tercatat hanya tampil 14 kali di semua kompetisi. Karena penampilannya mengecewakan, Veron kemudian dilepas The Blues pada musim panas berikutnya.

Gagal di Chelsea, sang gelandang memilih melanjutkan kariernya di Inter Milan. Tidak bertahan lama, Veron lalu memilih pulang kampung ke klub masa kecilnya, Estudiantes.

Menarik dinantikan kiprah Benoit Badiashile bersama Chelsea pada musim 2022/2023 ini. Apakah ia bisa menjadi solusi atas rapuhnya lini pertahanan The Blues?

Baca Juga: 5 Pemain yang Terkena Imbas Kehadiran Joao Felix di Chelsea

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya