Comscore Tracker

5 Pemain dengan Penghargaan MOTM Terbanyak di Piala Dunia

Mereka jadi pemain yang konsisten

Man of the Match (MOTM) pertama kali muncul di Piala Dunia 2002 Korea Selatan/Jepang. Awalnya, penghargaan tersebut dipilih langsung oleh Komite Teknik FIFA. Namun, sejak Piala Dunia 2010, Man of the Match dipilih oleh penonton melalui voting secara online di situs FIFA.

Sampai saat ini, sudah banyak sekali pemain yang telah memenangi Man of the Match di Piala Dunia. Lantas, siapa saja pemain dengan penghargaan MOTM terbanyak di Piala Dunia?

1. Cristiano Ronaldo (7 kali) 

5 Pemain dengan Penghargaan MOTM Terbanyak di Piala DuniaCristiano Ronaldo (twitter.com/selecaoportugal)

Cristiano Ronaldo telah mengantongi tujuh Man of the Match di turnamen Piala Dunia. Ia meraihnya mulai edisi 2010, 2014, 2018, dan 2022.

Terbaru, CR7 mendapatkan penghargaan itu kala Timnas Portugal menang atas Timnas Ghana dengan skor 3-2, Kamis (24/11/2022). Dalam laga itu, mantan pemain Manchester United ini berhasil mencetak gol melalui penalti pada menit ke-65.

Ronaldo sendiri telah membukukan 8 gol serta 2 assist dari 18 pertandingan di Piala Dunia. Ia membutuhkan 2 gol lagi untuk bisa melewati catatan legenda Portugal, Eusebio da Silva Ferreira, yang mencetak 9 gol di turnamen tersebut.

2. Lionel Messi (7 kali) 

5 Pemain dengan Penghargaan MOTM Terbanyak di Piala DuniaLionel Messi (twitter.com/Argentina)

Lionel Messi juga tidak ingin kalah dari sang rival, Cristiano Ronaldo. Megabintang Argentina itu telah meraih tujuh Man of the Match di Piala Dunia. Menariknya, Messi juga meraihnya pada edisi yang sama dengan Ronaldo, yakni 2010, 2014, 2018, dan 2022.

Terbaru, La Pulga memperolehnya ketika Timnas Argentina menang 2-0 atas Timnas Meksiko, Minggu (27/11/2022). Messi tampil menawan di laga tersebut dengan mencetak 1 gol serta 1 assist.

Sejauh ini, legenda Barcelona itu telah memainkan 21 pertandingan di Piala Dunia. Ia berhasil mencetak 8 gol dan 6 assist dari seluruh penampilannya tersebut.

Baca Juga: 10 Alumnus Piala Dunia yang Jadi Pelatih di Piala Dunia 2022

3. Arjen Robben (6 kali) 

5 Pemain dengan Penghargaan MOTM Terbanyak di Piala DuniaArjen Robben (twitter.com/OnsOranje)

Arjen Robben merupakan salah satu winger terbaik Belanda pada generasinya. Ia memenangi penghargaan Man of the Match di Piala Dunia sebanyak enam kali. Seluruh torehan itu diraih sang pemain pada edisi 2006, 2010, dan 2014.

Robben tercatat memainkan 15 pertandingan di Piala Dunia. Ia berhasil mengemas 6 gol dan 6 assist dari seluruh penampilannya itu. Setelah meraih banyak kesuksesan, Robben memutuskan gantung sepatu pada 2021 lalu. Klub terakhir yang dibelanya adalah tim masa kecilnya, FC Groningen.

4. Luis Suarez (5 kali) 

5 Pemain dengan Penghargaan MOTM Terbanyak di Piala DuniaLuis Suarez (twitter.com/Uruguay)

Striker Uruguay, Luis Suarez, telah memenangi lima penghargaan Man of the Match di Piala Dunia. Pemain berusia 35 tahun itu meraihnya dalam tiga edisi berbeda, yakni pada 2010, 2014, dan 2018.

Suarez sendiri sudah mencetak 7 gol dan 4 assist dalam 14 pertandingan di Piala Dunia. Meski usianya tidak lagi muda, tenaganya masih dipakai Timnas Uruguay dalam menghadapi Piala Dunia 2022.

5. Eden Hazard (4 kali) 

5 Pemain dengan Penghargaan MOTM Terbanyak di Piala DuniaEden Hazard (twitter.com/BelRedDevils)

Kapten Timnas Belgia, Eden Hazard, pernah memenangi empat penghargaan Man of the Match di Piala Dunia. Catatan tersebut membuat Hazard sejajar dengan sejumlah nama top, seperti Thomas Mueller (Jerman), Park Ji Sung (Korea Selatan), Miroslav Klose (Jerman), James Rodriguez (Kolombia), dan Keisuke Honda (Jepang).

Hazard meraih seluruh MOTM itu pada edisi 2014 dan 2018. Itu menunjukkan bahwa ia menjadi pemain paling konsisten bagi Timnas Belgia di turnamen Piala Dunia. Pria berusia 31 tahun itu telah mengantongi 3 gol dan 4 assist dari 13 pertandingan di Piala Dunia.

Kecuali Arjen Robben, sederet nama di atas masih sangat mungkin menambah lagi penghargaan Man of the Match di Piala Dunia 2022. Sebab, mereka saat ini tengah membela negara masing-masing.

Baca Juga: 5 Alumnus Piala Dunia 2006 yang Tampil di Piala Dunia 2022 Qatar

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Gagah N. Putra
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya