Comscore Tracker

5 Pemain Dibeli Mahal setelah Tampil Apik di Piala Dunia

Harga jual James Rodriguez bikin geleng kepala 

Piala Dunia adalah turnamen tempat berkumpulnya pemain sepak bola terbaik dari berbagai negara. Para pemain yang tampil di perhelatan tersebut jelas berusaha semaksimal mungkin untuk membawa negaranya berprestasi. Jika mampu menunjukkan performa terbaiknya, bukan tidak mungkin mereka akan menjadi rebutan klub-klub elite Eropa.

Dalam sejarahnya, ada cukup banyak pemain yang pindah klub dengan biaya transfer fantastis setelah bermain apik di pergelaran Piala Dunia. Masih ingat kisah James Rodriguez yang dibeli dengan harga tinggi pasca penampilannya di Piala Dunia 2014?

1. Aleksandr Golovin 

5 Pemain Dibeli Mahal setelah Tampil Apik di Piala DuniaAleksandr Golovin (twitter.com/AS_Monaco_EN)

Aleksandr Golovin merupakan salah satu pemain kunci Rusia di Piala Dunia 2018. Ketika itu, sang pemain tampil cukup baik dengan mencetak 1 gol dan 2 assist dari 4 pertandingan. Berkat kontribusinya itu, Rusia berhasil melaju hingga babak perempat final sebelum akhirnya dikalahkan Kroasia dengan skor 5-6 lewat adu penalti.

Setelah ajang Piala Dunia berakhir, Golovin sempat dikaitkan dengan beberapa tim top Eropa. AS Monaco pada akhirnya berhasil mendapatkan tanda tangan sang pemain dari CSKA Moscow. Biaya sebesar 30 juta euro atau Rp488 miliar dikeluarkan AS Monaco kala itu.

Pemain berusia 26 tahun tersebut masih membela AS Monaco sampai saat ini. Dari 153 pertandingan di semua ajang, Golovin mampu mencetak 20 gol dan 29 assist.

2. James Rodriguez 

5 Pemain Dibeli Mahal setelah Tampil Apik di Piala DuniaJames Rodriguez (twitter.com/jamesdrodriguez)

Piala Dunia 2014 merupakan panggung bagi James Rodriguez. Gelandang asal Kolombia ini tampil luar biasa saat itu dengan mengemas 6 gol dan 2 assist hanya dalam 5 pertandingan. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika sang pemain berhasil meraih penghargaan Golden Boot.

Penampilan impresif Rodriguez itu membuatnya hengkang ke Real Madrid. Untuk mendapatkan jasa sang pemain, Los Blancos ketika itu harus membayar uang sebesar 75 juta euro atau Rp1,2 triliun.

Di Santiago Bernabeu, Rodriguez mampu mencatatkan 37 gol dan 42 assist dari 125 laga. Ia juga merasakan sejumlah gelar bergengsi bersama Real Madrid, seperti LaLiga, Liga Champions, hingga Piala Dunia Antarklub.

Baca Juga: Stres Berat Bayangi Para Bintang Dunia Usai Piala Dunia 2022

3. Ramires 

5 Pemain Dibeli Mahal setelah Tampil Apik di Piala DuniaRamires (twitter.com/ChelseaFC)

Ramires adalah salah satu gelandang penting Brasil di Piala Dunia 2010. Meski gagal membawa negaranya melangkah jauh penampilan sang pemain tetap menyedot perhatian sejumlah tim elite Eropa.

Chelsea akhirnya berhasil merekrut Ramires dari Benfica seharga 22 juta euro atau Rp358 miliar. Padahal, banderol sang gelandang kala itu hanya bernilai 14 juta euro atau Rp227 miliar.

Ramires menjadi bagian dari Chelsea selama 5,5 tahun. Dalam prosesnya, ia sukses mencetak 34 gol dan 25 assist dari 251 pertandingan di semua kompetisi. Ramires juga ikut merasakan gelar Premier League, Liga Europa, dan Liga Champions selama main di Stamford Bridge.

4. Marcos Rojo 

5 Pemain Dibeli Mahal setelah Tampil Apik di Piala DuniaMarcos Rojo (twitter.com/ManUtd)

Manchester United merekrut Marcos Rojo usai bersinar bersama Argentina di Piala Dunia 2014. Setan Merah saat itu menebus harga sang pemain senilai 20 juta euro atau Rp325 miliar dari Sporting Lisbon.

Sayangnya, Rojo gagal menunjukkan performa terbaiknya selama berseragam Manchester United. Cedera menjadi salah satu penyebab Rojo gagal berkembang.

Selama 7,5 tahun di Old Trafford, ia hanya mencatatkan 122 penampilan di berbagai ajang. Kendati begitu, Rojo turut merasakan gelar-gelar bergengsi, macam Liga Europa, Piala FA, dan Piala Liga Inggris.

5. Benjamin Pavard 

5 Pemain Dibeli Mahal setelah Tampil Apik di Piala DuniaBenjamin Pavard (twitter.com/FCBayern)

Piala Dunia 2018 merupakan turnamen internasional pertama bagi Benjamin Pavard. Siapa sangka, ia tampil ciamik dalam ajang tersebut dan berhasil membawa Prancis keluar sebagai juara.

Pavard kemudian mendapatkan banyak tawaran usai Piala Dunia 2018 berakhir. Namun, ia lebih memilih bergabung dengan raksasa Bundesliga, Bayern Munich.

Saat itu, Die Roten mengeluarkan dana sebesar 35 juta euro atau Rp569 miliar untuk mendapatkan jasa Pavard dari Stuttgart. Sampai saat ini, Pavard masih konsisten menjadi pilihan utama Bayern Munich di posisi bek kanan.

Kisah-kisah seperti itu sangat mungkin terulang lagi di pergelaran Piala Dunia 2022 Qatar ini. Apakah kamu sudah punya prediksi pemain yang namanya bakal melambung setelah Piala Dunia 2022 berakhir?

Baca Juga: 10 Alumnus Piala Dunia yang Jadi Pelatih di Piala Dunia 2022

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya