Didapatkan Murah, 5 Pemain Ini Dijual Mahal oleh Borussia Dortmund

Erling Haaland selanjutnya?

Borussia Dortmund merupakan salah satu klub elite di kompetisi Jerman. Klub ini dikenal selalu melahirkan pemain-pemain berkualitas.

Awalnya, Dortmund hanya mendatangkan pemain dengan harga yang sangat murah. Setelah dipoles dengan baik, harga para pemain tersebut langsung melambung tinggi. Beberapa nama bahkan dijual ke klub lain dengan harga berkali-kali lipat. Berikut ini 5 pemain Dortmund yang didapatkan murah, namun dijual sangat mahal.

1. Ousmane Dembele 

Didapatkan Murah, 5 Pemain Ini Dijual Mahal oleh Borussia Dortmundgoal.com

Borussia Dortmund memboyong Ousmane Dembele dari klub Prancis, Stade Rennais, pada musim panas 2016. Ketika itu usia sang pemain masih cukup muda, yakni 19 tahun. Pemain yang beroperasi sebagai winger ini digaet dengan biaya senilai 15 juta euro atau setara dengan Rp263 miliar.

Dembele sendiri tercatat hanya berseragam Dortmund selama satu musim. Pasalnya, ia langsung dibeli oleh Barcelona pada musim panas berikutnya dengan harga yang fantastis, yakni 135 juta euro atau setara dengan Rp2,3 triliun. Selama memperkuat Dortmund, Dembele sukses menciptakan 10 gol dan 22 assist dalam 50 pertandingan di berbagai kompetisi.

2. Christian Pulisic 

Didapatkan Murah, 5 Pemain Ini Dijual Mahal oleh Borussia Dortmundgoal.com

Christian Pulisic didapatkan gratis oleh Borussia Dortmund dari tim lokal Amerika Serikat, Pennsylvania Classics. Ia didatangkan ke Signal Iduna Park pada tahun 2015. Awalnya, sang pemain dimasukkan terlebih dulu ke tim U-17. Baru pada tahun 2016, ia dipercayai untuk debut di tim senior oleh Jurgen Klopp.

Bersama tim utama Dortmund, Pulisic sebenarnya tampil tak terlalu istimewa. Ia hanya menciptakan 19 gol dan 26 assist dalam 127 pertandingan di semua kompetisi. Namun, secara mengejutkan, Chelsea membeli pemain asal Amerika Serikat tersebut pada musim dingin 2019. Chelsea saat itu harus merogoh kocek sebanyak 64 juta euro atau setara dengan Rp1,1 triliun untuk mendapatkan jasa Pulisic.

Baca Juga: 9 Potret Memesona Christian Pulisic, Pemain Top Andalan Chelsea

3. Pierre-Emerick Aubameyang 

Didapatkan Murah, 5 Pemain Ini Dijual Mahal oleh Borussia Dortmundfootball365.com

Meski sempat membela AC Milan pada awal kariernya, Pierre-Emerick Aubameyang justru dikenal ketika merumput dengan Borussia Dortmund. Pemain asal Gabon itu didatangkan ke Signal Iduna Park pada bursa transfer musim panas 2013. Ia dibeli dari klub Prancis, Saint-Etienne, dengan biaya sebesar 13 juta euro atau setara dengan Rp228 miliar.

Selama berseragam Dortmund, Aubameyang tampil cukup menjanjikan dengan mengoleksi 141 gol dan 36 assist dalam 213 pertandingan di semua kompetisi. Performa impresifnya itu membuat Arsenal jatuh hati dan merekrutnya pada musim dingin 2018. Ketika itu Aubameyang digaet dengan harga sebesar 64 juta euro atau setara dengan Rp1,1 triliun.

4. Henrikh Mkhitaryan 

Didapatkan Murah, 5 Pemain Ini Dijual Mahal oleh Borussia Dortmundbleacherreport.com

Henrikh Mkhitaryan memulai kariernya pertama kali di liga top Eropa dengan bergabung bersama Borussia Dortmund. Pemain asal Armenia ini dibeli Die Borussen dari klub Ukraina, Shakhtar Donetsk, pada musim panas 2013. Saat itu ia direkrut dengan biaya senilai 27,5 juta euro atau setara dengan Rp482 miliar.

Bersama Dortmund, performa Mkhitaryan semakin meningkat dan mulai dikenal banyak penggemar sepak bola. Dari 140 pertandingan di semua ajang, ia berhasil menciptakan 41 gol dan 49 assist. Kagum terhadap penampilannya itu, Manchester United kemudian membelinya pada musim panas 2016. Ketika itu Mkhitaryan dijual oleh Dortmund sebesar 42 juta euro atau setara dengan Rp737 miliar.

5. Mario Gotze 

Didapatkan Murah, 5 Pemain Ini Dijual Mahal oleh Borussia Dortmundmetro.co.uk

Mario Gotze merupakan produk lulusan akademi Borussia Dortmund. Sempat bermain untuk tim U-17 dan U-19, sang pemain kemudian naik kasta ke tim senior pada tahun 2010. Gotze berhasil menciptakan 45 gol dan 61 assist dalam 219 pertandingan bersama Dortmund. Penampilannya itu membuat Bayern Munchen kepincut dan membelinya pada musim panas 2013.

Dortmund saat itu menjual sang pemain dengan biaya sebesar 37 juta euro atau setara dengan Rp649 miliar. Sempat bermain dengan Bayern Munchen selama 3 musim, Gotze kembali lagi ke Dortmund pada musim panas 2016. Kini, pria berusia 28 tahun tersebut bermain bersama klub Belanda, PSV Eindhoven.

 

Nama berikutnya yang berpeluang dijual mahal Dortmund adalah Erling Haaland. Beberapa laporan menyebutkan Dortmund akan melepas sang pemain dengan harga lebih dari 100 juta euro. Padahal, pemain asal Norwegia ini hanya dibeli seharga 20 juta euro atau setara dengan Rp351 miliar dari RB Salzburg.

Baca Juga: 10 Potret Mario Gotze, Pesepak Bola Jerman yang Gagah Menawan

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya