Comscore Tracker

5 Pemain yang Tampil Impresif di Babak 16 Besar Piala Eropa 2020

Granit Xhaka salah satunya!

Babak 16 besar pergelaran Piala Eropa 2020 telah berakhir. Sebanyak 8 tim telah memastikan diri lolos ke perempat final. Banyak sekali kejutan yang terjadi di babak 16 besar karena sebagian besar tim-tim unggulan, seperti Portugal, Prancis, Belanda, dan Jerman harus terhenti langkahnya lebih awal.

Keberhasilan sejumlah tim yang mampu lolos ke babak 8 besar tentu tidak terlepas dari peran para pemain andalannya. Beberapa nama bahkan tampil sangat mengesankan. Berikut ini lima pemain yang performanya paling impresif di babak 16 besar Piala Eropa 2020.

1. Kasper Dolberg (Denmark) 

5 Pemain yang Tampil Impresif di Babak 16 Besar Piala Eropa 2020Kasper Dolberg. (tsn.ca)

Absennya Christian Eriksen awalnya dianggap akan sangat berpengaruh ke dalam performa tim nasional Denmark. Akan tetapi, hal yang sebaliknya justru terjadi. Denmark tampil sangat mengesankan di babak 16 besar dengan berhasil mengalahkan Wales dengan skor 4-0.

Penyerang muda Denmark, Kasper Dolberg, menjadi bintang dalam pertandingan tersebut. Ia berhasil menciptakan 2 gol pada menit ke-27 dan 49. Dua gol dari sang pemain saat itu membuat mental para pemain Wales menurun. Denmark pun berhasil menambah dua gol lagi melalui Joakim Maehle dan Martin Braithwaite.

2. Thorgan Hazard (Belgia) 

5 Pemain yang Tampil Impresif di Babak 16 Besar Piala Eropa 2020Thorgan Hazard (kanan) setelah mencetak gol ke gawang Portugal. (skysports.com)

Belgia melawan salah satu tim terbaik di babak 16 besar, Portugal. Meski harus bersusah payah, tim asuhan Roberto Martinez berhasil lolos ke babak selanjutnya setelah menang dengan skor tipis 1-0. Satu-satunya gol Belgia diciptakan oleh Thorgan Hazard melalui tendangan keras kaki kanan.

Setelah tertinggal, Portugal sempat beberapa kali menyerang Belgia. Namun, lini pertahanan Belgia berhasil tampil solid dan menggagalkan semua usaha Cristiano Ronaldo dan kolega. Belgia akan melawan tim kuat lainnya di babak perempat final, Italia.

Baca Juga: Eden atau Thorgan Hazard: Siapa yang Lebih Baik?

3. Raheem Sterling (Inggris) 

5 Pemain yang Tampil Impresif di Babak 16 Besar Piala Eropa 2020Raheem Sterling. (90min.com)

Tim nasional Inggris memang tampil tak terlalu istimewa di fase grup. The Three Lions hanya mampu menciptakan 2 gol dari 3 pertandingan. Beruntungnya, tim asuhan Gareth Southgate itu memiliki lini pertahanan yang solid sehingga membuat Inggris lolos sebagai juara grup.

Pada fase 16 besar, Inggris ditantang oleh tim elite, Jerman. Sempat nihil gol di babak pertama, Inggris akhirnya berhasil membuka keunggulan melalui tendangan Raheem Sterling. Berkat gol  yang dicetak oleh pemain milik Manchester City itu, Inggris tampil jauh lebih tenang dan akhirnya berhasil menambah gol melalui sundulan Harry Kane.

4. Paul Pogba (Prancis) 

5 Pemain yang Tampil Impresif di Babak 16 Besar Piala Eropa 2020Paul Pogba. (90min.com)

Meski performanya di level klub kerap kali dikritik, Paul Pogba berhasil menunjukkan kelasnya ketika membela tim nasional Prancis. Di Piala Eropa 2020, sang gelandang selalu dipercayai tampil reguler oleh Didier Deschamps di lini tengah. Pada babak 16 besar melawan Swiss, Pogba bahkan berhasil menciptakan gol.

Gol tersebut terbilang sangat istimewa karena diciptakan dari luar kotak penalti. Gol Pogba itu sempat membuat Prancis unggul 3-1. Sayangnya, Swiss mampu menyamakan kedudukan menjadi 3-3 menjelang pertandingan berakhir. Langkah Pogba dan kolega akhirnya harus terhenti karena Prancis kalah tendangan adu penalti.

5. Granit Xhaka (Swiss) 

5 Pemain yang Tampil Impresif di Babak 16 Besar Piala Eropa 2020Granit Xhaka. (90min.com)

Swiss memang tidak tampil istimewa dalam fase grup. Tim asuhan Vladimir Petkovic itu berhasil lolos ke babak gugur karena mampu menjadi peringkat ketiga terbaik. Meski demikian, Swiss nyatanya berhasil mengejutkan banyak pihak dengan mampu mengalahkan Prancis di babak 16 besar.

Salah satu pemain kunci Swiss dalam pertandingan itu adalah Granit Xhaka. Pemain milik Arsenal itu tidak hanya tangguh dalam menjaga lini tengah, tapi ia juga berkontribusi  dengan menciptakan assist dalam gol yang diciptakan oleh Mario Gavranovic pada menit ke-90. Jika tak ada umpan apik Xhaka, barangkali langkah Swiss akan terhenti di babak 16 besar.

 

Dari kelima nama di atas, tercatat hanya Paul Pogba yang tidak bisa mengantarkan timnya lolos ke babak perempat final. Apakah ada salah satu pemain idolamu dalam daftar tersebut?

Baca Juga: 5 Calon Pengganti Granit Xhaka yang Harus Dipertimbangkan oleh Arsenal

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya